Pengertian Advertisement, Aspek-aspek, Contoh & Jenisnya | Bahasa Inggris Kelas 9

Mengenal Advertisement

Yuk, kenalan dengan advertisement atau iklan dalam bahasa Inggris. Mulai dari pengertian, contoh, aspek-aspek, dan tujuannya berikut ini.

Lagi nonton video asik-asik di Youtube, eh tiba-tiba ada iklan muncul, pernah nggak kamu mengalami hal ini? Pasti pernah ‘kan?

Selain di Youtube, kamu pernah liat iklan dimana lagi sih? Hayo, coba sebutkan.

“Di televisi, di tembok, di tiang listrik juga kak.”

Okay okay. Iklan itu sebenarnya dibuat dan disebarkan untuk menarik perhatian orang terhadap suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan sangat penting agar sebuah usaha bisa dilihat, dikenal, dan dibeli oleh orang lain.

Tapi, pernah nggak sih kamu melihat iklan dalam bahasa Inggris atau yang disebut dengan advertisement? Nah, sekarang kita cari tahu yuk pengertian advertisement, jenis-jenis, tujuan, contoh, dan aspek-aspeknya berikut ini.

 

Definition of Advertisement (Pengertian Iklan)

Advertisement is a text, picture, audio, or video that promotes a product. Dalam bahasa Indonesia, iklan adalah sebuah teks, gambar, audio, atau video yang mempromosikan suatu produk. Produk yang diiklankan dapat berupa barang (goods) ataupun jasa (service).

tujuan Advertisement

 

Types of Advertisement (Jenis-jenis Iklan)

Berdasarkan definisinya tadi, advertisement bisa bermacam-macam bentuknya. Ada apa saja sih jenis-jenis iklan?

1. Text and Picture (tulisan dan gambar)

Iklan yang satu ini biasanya banyak kita temui di koran, brosur, atau baliho. Kamu juga bisa melihat banyak iklan berbentuk tulisan dan gambar ini di media sosial.

2. Audio (suara)

Jenis iklan berbentuk suara biasanya umum digunakan di radio atau di podcast. Pasti pernah ‘kan lagi dengerin podcast terus kepotong iklan?

3. Video

Last but not least, iklan juga bisa berupa video yang biasa kamu lihat di televisi atau di Youtube.

 

Example of Advertisement (Contoh Iklan)

Coba lihat contoh advertisement di bawah ini.

contoh Advertisement

Iklan ini adalah iklan tentang tas sekolah yang sedang memberikan diskon hingga 50% untuk menyambut tahun ajaran baru.

 

Aspects of Advertisement (Aspek-aspek Iklan)

Nah, kira-kira berdasarkan contoh iklan di atas, aspek-aspek apa saja sih yang terdapat di dalamnya? Ada 4 aspek yang biasanya terdapat dalam sebuah iklan. Berikut penjelasannya.

1. Name of the product (nama produk yang diiklankan)

Nama produk biasanya memiliki ukuran tulisan yang paling besar, sehingga pembaca bisa langsung mengenal apa produk yang diiklankan. Seperti pada iklan di atas, terlihat jelas bahwa produknya adalah RG Bag.

2. Description of the product (deskripsi produk yang diiklankan)

Bagian ini berisi informasi yang lebih detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan. Pembaca juga jadi tahu kenapa mereka harus membeli produk yang diiklankan tersebut. 

Contohnya pada iklan di atas dijelaskan bahwa “RG Bag is the most comfortable and stylish bag you can use” atau tas yang paling modis atau keren yang bisa kamu pakai. Selain itu, ada informasi juga bahwa RG Bag sedang memberikan diskon “up to 50% on selected items.

3. Contact details (informasi kontak yang bisa dihubungi)

Bagian ini berisi informasi tentang orang yang bisa dihubungi supaya bisa dapat informasi lebih tentang produknya. Info ini bisa berupa nomor telepon, email dan akun media sosial. Bisa juga berupa tempat di mana pembaca bisa membeli produk yang diiklankan seperti alamat web dan alamat toko.

Contohnya iklan di atas memberi tahu bahwa kamu bisa membeli RG Bag di tokonya yaitu di lantai 3 Ruang Mall. Apabila kamu mau mendapat informasi lebih lanjut, kamu juga bisa mengunjungi laman rgbag.com

4. Catchy language (bahasa yang menarik perhatian)

Salah satu ciri dari catchy language adalah penggunaan adjective atau kata sifat yang menarik perhatian.

Nah, kata adjective yang bisa kamu lihat dari iklan di atas adalah kata “comfortable” atau nyaman dan “stylish” atau modis. Dengan dua kata adjective tersebut, iklan ini pun menjadi lebih menarik perhatian.

aspek-aspek Advertisement

 

Contoh Soal Advertisement

SUMMER PARADISE, ROCK HIGHLANDS, MALANG

Breakfast is provided free of charge.

We also have special discounts on food and drinks at our restaurant for all registered guests. On top of that, there’s a fifty percent discount for children below 12 at our restaurant.

We are located close to the apple garden and butterfly farm. You can also see the sunset and sunrise from your room. Children would also be entitled to free horse riding lesson every morning.

Rp 430,000 per night

Reservation: (0341) 7689980

E- mail: summerparadise@yahoo.com

Who is the fifty percent discount given to?

  1. All registered guests                                      
  2. 14 year old children                                        
  3. 11 year old children
  4. Adult people

 

Jawaban    : C

Pembahasan:

Berdasarkan informasi yang dapat ditemukan pada teks iklan di atas, “There’s a fifty percent discount for children below 12 at our restaurant.” bermakna bahwa diskon 50% hanya diberikan kepada anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah 11 year old children.

 —

Gimana, pastinya sudah lebih paham ‘kan dengan materi advertisement ini? Yuk, tetap semangat belajar dan latih terus kemampuan serta pemahaman bahasa Inggris kamu di ruangbelajar. Ada latihan soal, rangkuman, dan penjelasan seru yang bikin belajar lebih asyik. Go ty it now!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 25 Mei 2022.

Referensi:

Wachidah, Siti. 2018. Bahasa Inggris Kelas IX Think Globally Act Locally. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D