Mengenal Berbagai Jenis Segitiga Berdasarkan Sisi dan Sudut | Matematika Kelas 7

jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan sudut

Di artikel ini kita akan membahas mengenai salah satu bentuk bangun datar matematika, yakni segitiga. Yuk simak artikel ini hingga selesai ya, selamat belajar!

--

Ketika berjalan-jalan diluar rumah, apakah kamu sering memperhatikan rambu lalu lintas di jalan? Nah, kira-kira kamu sudah tahu berapa banyak nih tentang rambu lalu lintas? 

Dalam artikel ini kita akan memperhatikan salah satu rambu lalu lintas yang bentuknya menjadi contoh bidang datar dalam matematika. Hmm, seperti apa ya bentuknya?

Coba perhatikan, apa kamu pernah melihat rambu lalu lintas seperti ini?

 

jenis segitiga - rambu prioritas

Bentuk rambu lalu lintas yang seperti segitiga. (Sumber: commons.wikimedia.org)

 

Kamu tahu nggak itu rambu apa ini namanya? Dilarang berhenti? Bukan. Dilarang parkir? Juga bukan.

Begini, rambu tersebut dinamakan rambu prioritas. Rambu prioritas ini merupakan rambu perintah untuk memberikan kesempatan pada kendaraan yang berjalan pada jalur utama di persimpangan. 

Jadi, kalau kamu melihat rambu ini, berarti kamu akan masuk ke jalur utama dan harus memberikan prioritas dahulu untuk kendaraan yang melintas di jalur utama.

 

jenis segitiga - posisi rambu segitiga

Posisi rambu prioritas pada persimpangan jalan (Sumber: wikipedia)

 

Coba perhatikan deh, rambu tersebut berbentuk apa? Salah satu bidang datar yang memiliki tiga sisi disebut dengan ....

Iya benar, segitiga. Nah, kebetulan banget, sekarang kita akan belajar mengenal bangun datar khususnya macam-macam segitiga ya. Setelah sebelumnya kita pernah membahas Rumus luas dan keliling segitiga,  Menurutmu segitiga itu bentuknya bisa seperti apa saja sih? 

Ternyata,  ada dua poin utama yang menjadi aspek utama dalam mengelompokkan jenis-jenis segitiga. Hal itu ialah segitiga berdasarkan panjang sisi, dan juga besaran sudutnya. 

Sekarang, yuk langsung aja kita bahas satu persatu jenis dan nama-nama segitiga, mulai dari aspek panjang sisinya, ya!

Baca juga: Pengertian dan Contoh Bilangan Bulat

 

Pembagian Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi

 

1. Segitiga Sembarang 

 

Segitiga sembarang

 

Coba kamu lihat deh dari gambar gambar segitiga sama sembarang diatas. Panjang sisi-sisinya tidak sama. AB tidak sama dengan BC, BC tidak sama dengan AC, begitupula AB tidak sama dengan AC.

Maka dari itu segitiga ini disebut sebagai segitiga sembarang, karena panjang ketiga sisinya tidak ada yang sama panjang dan ukurannya dianggap sembarang saja. Bisa kita simpulkan bahwa segitiga sembarang adalah segitiga yang panjangnya tidak ada yang sama.

Sifat-sifat segitiga sembarang antara lain:

  • Memiliki tiga buah sisi dengan panjang berbeda
  • Memiliki satu simetri putar
  • Masing-masing sudut memiliki besaran yang berbeda
  • Tidak memiliki sumbu simetri
  • Seluruh sudutnya berjumlah 180°

 

2. Segitiga Sama Kaki 

 

Segitiga Sama Kaki

 

Oke, kita lanjut ke segitiga selanjutnya. Dari gambar segitiga sama kaki diatas, kalau kita lihat, panjang sisi PQ dan PR adalah sama. Oleh karena itu, segitiga tersebut disebut segitiga sama kaki. 

Karena 2 sisi dari segitiga sama kaki memiliki ukuran yang sama atau disebut sebagai kaki-nya segitiga. Sudut pada kaki segitiganya juga akan sama besar. Secara singkat, segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang, khususnya pada sisi yang saling berhadapan. 

Sifat-sifat segitiga sama kaki antara lain:

  • Memiliki satu buah sumbu yang simetris
  • Terdapat dua sudut dengan besaran yang sama yakni dua sudut yang saling berhadapan dengan sisi yang sama panjang
  • Dua buah sisinya memiliki panjang yang sama sebagai kaki dari segitiga.

Baca juga: Cara Menghitung Luas dan Keliling Bangun Segi Empat

 

3. Segitiga Sama Sisi

Selanjutnya, kita bahas tentang segitiga sama sisi. Dari namanya saja, sudah terbayang bukan segitiga ini seperti apa? Cek gambar segitiga sama sisi di bawah ini ya:

Segitiga sama sisi

 

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi yang sama panjang, yakni AB = BC = AC dan tiga buah sudut sama besar, yakni sudut A = sudut B = sudut C. Secara sederhananya, semua sisi pada segitiga sama sisi memiliki ukuran panjang yang sama. 

Bisa kita simpulkan bahwa segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki panjang yang sama pada setiap sisinya.

Sifat-sifat segitiga sama sisi antara lain:

  • Terdiri dari 3 buah sisi dengan panjang yang sama
  • Terdapat 3 buah simetri putar
  • Terdapat 3 buah simetri lipat
  • Setiap sudut memiliki besaran yang sama yakni sebesar 60°

---

Sampai sini, mulai paham kan tentang materi Kimia satu ini? Atau kamu jadi keinget punya PR yang kamu masih kurang pahamin? Gampang, kamu bisa banget langsung kirim foto soal PR kamu, dan penjelasannya di Roboguru! Cobain langsung dengan klik tombol roboguru dibawah ini ya!

New call-to-action

 

Pembagian Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudut

 

1.Segitiga Lancip

 

jenis segitiga berdasarkan besar sudut

 

Apa yang menurutmu berbeda setelah melihat gambar segitiga lancip di atas? Dari segi besaran sudutnya, segitiga pertama yang akan kita bahas yakni segitiga lancip. Kenapa ya kok disebut lancip?

Terus sudut lancip sendiri itu apa? Sudut lancip merupakan sudut yang besaran derajatnya lebih besar dari 0° tapi lebih rendah dari 90°. Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya merupakan sudut lancip.

 

2. Segitiga Tumpul 

Apa yang dimaksud dengan segitiga tumpul? Apakah segitiga ini kebalikan dari segitiga lancip? Untuk menemukan jawabannya, coba kamu gambar segitiga tumpul di atas dan perhatikan sudut B. 

Sudut ini ukurannya diatas 90°, sudut inilah yang menyebabkan segitiga tersebut disebut dengan segitiga tumpul. Sifat utama dari segitiga tumpul, adalah salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul. 

Nah dari gambar di atas, bisa kita lihat kalau sudut B merupakan sudut tumpul. Lalu, sudut tumpul sendiri itu apa? Sudut tumpul adalah sudut segitiga yang besarnya antara 90° sampai 180°.

Untuk itu, bisa kita simpulkan bahwa segitiga tumpul adalah segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul

Baca juga: Serba-Serbi Segitiga: Garis, Sudut, dan Bangun Istimewa

 

3. Segitiga Siku-Siku

Oke, segitiga terakhir yang akan kita bahas di artikel ini adalah segitiga siku-siku. Perhatikan gambar segitiga siku-siku dan tepatnya sudut A deh. Nah, itu dia yang dinamakan sudut siku-siku.

Sudut siku-siku terdiri dari sebuah sisi yang tegak lurus secara vertikal, dan horizontal. Sudut siku-siku ini memiliki sudut sebesar 90°. Secara sederhana, segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku atau memiliki besaran sudut sebesar 90°..

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa jenis-jenis segitiga itu dapat dilihat dari dua aspek, yakni berdasarkan panjang sisi dan besar sudut ya.

Baca juga: 4 Fakta Segitiga Bermuda yang Belum Kamu Ketahui

---

Gimana, sekarang sudah lebih paham, ‘kan tentang berbagai macam-macam jenis segitiga yang ada? Kalau kamu masih belum paham, jangan khawatir ya. Kamu bisa kok belajar matematika sambil nonton video belajar beranimasi yang keren.

Tentunya dengan kakak-kakak master teacher yang berpengalaman. Penasaran? Yuk, gabung di ruangbelajar sekarang juga!

ruangbelajar

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tedy Rizkha, diperbarui pada 24 Maret 2022 oleh Leo Bisma.

Sumber foto:

Simpang, [Daring] Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Simpang.JPG (Diakses 24 Maret 2022)

Rambu Prioritas [Daring] Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Rambu_prioritas (Diakses 24 Maret 2022)

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru