Apa Itu Fotosintesis? Yuk, Cari Tahu! | IPA Terpadu Kelas 4

pengertian fotosintesis

Made penasaran ketika Puti menjelaskan tentang kemampuan memasak makanan pada tumbuhan yang dinamakan fotosintesis. Gimana ya prosesnya? Yuk, kita simak artikel IPA Terpadu Kelas 4 di bawah ini!

--

Pada suatu siang, Puti dan Made sedang makan bersama di kebun Puti. Tiba-tiba perut Made berbunyi.

Kruk! Kruk!

Wajah Made merah menahan malu, sedangkan Puti tertawa terbahak-bahak.

“Oh, kamu udah laper! Kalau gitu, ayo kita makan sekarang!” ajak Puti.

“Asyik! Ayo!”

Made dan Puti langsung menyantap makanannya. Namun tidak lama kemudian, perhatian Made teralihkan dengan keberadaan seekor burung pelatuk di belakangnya. Burung pelatuk tersebut berulang kali mematuk pohon sampai berlubang.

“Puti, lihat! Burung pelatuk itu ngapain sih?” tanya Made penasaran.

Oh, burung pelatuknya lagi nyari makan. Semua makhluk hidup di dunia ini kan butuh makanan untuk bertahan hidup. Baik hewan atau manusia, kalau sedang lapar pasti langsung bergerak nyari makanan,” jawab Puti.

“Semua makhluk hidup? Berarti tumbuhan juga dong? Tapi gimana cara tumbuhan memenuhi kebutuhan makanannya?”

“Tumbuhan akan memenuhi kebutuhan makanannya dengan proses fotosintesis.”

Baca Juga: Yuk, Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Apaan tuh, Put? Aku jadi penasaran.”

Fotosintesis adalah proses tumbuhan menggunakan energi cahaya dari Matahari untuk memasak makanannya sendiri agar bisa tetap bertahan hidup.” tutur Puti.

Hah? Memasak? Berarti, ketika tumbuhan berfotosintesis, memerlukan bahan-bahan untuk membuat makanannya juga, ya?”

“Betul! Bahan fotosintesis yaitu cahaya Matahari, air, karbondioksida, dan klorofil.“

bahan dalam proses fotosintesis

 

Terus… proses fotosintesis itu gimana?”

Gini… Pertama, daun akan memulai proses fotosintesis dengan menyerap energi cahaya dari Matahari melalui klorofil. Setelah energi cahaya Matahari terserap, bahan selanjutnya yang dibutuhkan adalah air. Air didapatkan dari dalam tanah dengan cara diserap oleh akar dan disalurkan oleh batang ke daun. Setelah air diserap oleh daun, kemudian daun akan menyerap bahan fotosintesis yang terakhir, yaitu gas karbondioksida melalui mulut daun.”

Made semakin antusias menyimak sambil mengunyah makanannya.

“Setelah semua bahan diserap, daun akan melakukan proses memasak makanan atau fotosintesis di bagian daun yang tidak terlihat oleh mata kita, yaitu kloroplas,” sambung Puti.

Oh, gitu ya! Lalu hasil memasak makanan dari fotosintesis itu apa?”

“Dari fotosintesis, tumbuhan akan menghasilkan karbohidrat dan gas oksigen. Karbohidrat adalah makanan bagi tumbuhan. Nantinya karbohidrat ini akan disalurkan oleh batang tumbuhan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Sedangkan, gas oksigen akan dikeluarkan melalui stomata ke lingkungan,” tutur Puti menutup penjelasannya. 

proses fotosintesis

 

Makasih ya Put, udah ngasih tau aku tentang fotosintesis. Jadi nambah lagi deh pengetahuanku!” ucap Made dengan riang. 

“Sama-sama, Made!” balas Puti, “Nah, kalau tadi tumbuhan makan dengan proses fotosintesis, sekarang giliran kita habisin makanan ini, yuk!” 

Made tertawa mendengar perkataan Puti. Mereka pun lanjut menghabiskan makanannya bersama-sama.

Seru kan cerita Made dan Puti yang membahas tentang fotosintesis? Setelah ini, kalian juga bisa belajar sambil mengikuti petualangan Made, Puti, dan teman-teman lainnya. Caranya, kalian bisa menggunakan aplikasi Ruangguru dan langganan ruangbelajar. Yuk, buruan download aplikasinya sekarang!

ruangbelajar

Materi oleh: Mardiana Rachmasari

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Hani Maulia