Mengenal Kalimat Transitif & Intransitif | Bahasa Indonesia Kelas 4

 Perbedaan Kalimat Transitif dan Intransitif

Saat membaca buku, Puti tidak sengaja menemukan kalimat transitif dan intransitif. Kalimat apa ya, itu? Yuk, ikuti ceritanya di pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4!

--

Lulu dan Puti sedang bersantai di markas. Lulu bermain dengan bonekanya, sedangkan Puti membaca buku cerita dengan suara perlahan. 

“Aku berlibur ke peternakan bersama keluargaku. Paman sedang berkuda.”

Puti mengernyitkan alis, merasa ada yang janggal, “Paman sedang berkuda? Eh… Kok di kalimatnya nggak ada unsur objeknya?”

“Mana, coba aku lihat,” Lulu menyimak bacaan pada halaman yang disodorkan Puti.

Oooh… ini namanya kalimat intransitif, Put. Kamu pernah dengar kalimat transitif dan intransitif, nggak?”

“Belum pernah, Lu. Emangnya kalimat transitif dan intransitif itu apa?”

Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan unsur objek. Sementara, kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan unsur objek.”

“Aku belum ngerti. Gimana, tuh?”

“Kalau kalimat transitif, biasanya akan terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek (S-P-O). Sedangkan, pada kalimat intransitif hanya terdiri dari unsur subjek dan predikat (S-P).”

“Memangnya contoh kalimat transitif dan intransitif itu seperti apa?”

“Aku kasih kamu dua contoh ya… Kalimat pertama ada ‘Kakak sedang membaca buku’. Lalu, kalimat kedua ‘Adik sedang berenang’. Pada kalimat pertama terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek. Kata ‘Kakak’ sebagai subjek, ‘sedang membaca’ sebagai predikat, dan ‘buku’ sebagai objek. Kalau kita lihat, unsur predikat dalam kalimat ini perlu dijelaskan dengan objek.”

Baca Juga: Belajar Cara Memahami Teks Lisan, Yuk!

Eh, unsur predikat yang dijelaskan dengan objek itu, gimana?” Puti masih kebingungan.

“Begini… Predikat di kalimat pertama itu kan ‘sedang membaca’, jadi kita perlu tau objek apa yang sedang kakak baca. Apakah itu buku, koran, atau majalah? Nah, pada kalimat ini objeknya adalah buku. Jadi, kalimat ini adalah kalimat transitif.”

Ahh, iya! Aku udah ngerti kalimat transitif, lanjut ke kalimat intransitif dong, Lu!”

“Kalimat intransitif itu kebalikannya. Contohnya pada kalimat ‘Adik sedang berenang’. Kalimat ini hanya terdiri dari unsur subjek dan predikat. Kata ‘Adik’ sebagai subjek dan ‘sedang berenang’ sebagai predikat. Kalau dilihat lagi, kalimatnya tidak memerlukan objek untuk menjelaskan predikatnya. Karena kata ‘berenang’ tidak membutuhkan objek, jadi kalimatnya kita sebut sebagai kalimat intransitif,” Lulu menutup penjelasannya.

Pengertian Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif

 

Ahh, jadi begitu…Sekarang aku sudah paham apa itu kalimat transitif dan intransitif. Terima kasih, Lu!” 

Hihihi… Dengan senang hati, Puti!”

Kemudian, Lulu mengetes pemahaman Puti, “Jadi kalimat ‘Paman sedang berkuda’ itu, kalimat apa? Kamu sudah tahu belum jawabannya?”

“Aku mah udah tau jawabannya. Sekarang teman-teman pembaca yang jawab, yuk! Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!”

Latihan Soal Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif

 

Ingat-ingat perkataan Lulu agar tidak tertukar ya, teman-teman! Kalimat transitif itu memerlukan objek sedangkan kalimat intransitif tidak memerlukan objek.

Nah, selain kalimat transitif dan kalimat intransitif tadi, ternyata masih banyak jenis kalimat lainnya di pelajaran Bahasa Indonesia, loh! Kalau kalian mau tau lebih jauh, kita bisa belajar bareng lagi bersama Lulu dan teman-temannya di aplikasi Ruangguru. Buruan download dan berlangganan agar kita bisa bertemu lagi, ya!

New call-to-action

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!