Ayo Kita Mengenal Satelit dan Jenisnya! | IPA Terpadu Kelas 6

satelit dan jenisnya

Lulu memperkenalkan satelit dan macam-macam jenis satelit kepada Bona. Sebenarnya, apa sih satelit itu? Yuk, kita pelajari di artikel IPA Terpadu kelas 6 berikut!

 

Kali ini, murid kelas 6 SD Nusantara tengah mengadakan kegiatan perkemahan Pramuka. Saat malam tiba, terlihat semua anak sedang menghangatkan diri di dekat api unggun, begitu juga dengan Bona dan Lulu. 

Hari ini, langit malam terlihat begitu indah. Ada banyak bintang-bintang dan bulan yang bersinar terang. Hal ini membuat Lulu melihat ke arah bulan dengan pandangan kagum.

“Coba kamu lihat langit malam itu, Bon! Apa yang kamu lihat?”

Hm, ada bintang-bintang dan bulan,” jawab Bona. 

“Keren, ya! Kamu tau nggak, Bon, Bulan itu salah satu contoh satelit, loh.” 

“Satelit? Apa itu satelit?”

“Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet. Nah, bersama dengan planet, satelit juga akan ikut mengelilingi matahari,” balas Lulu.

Ah, aku jadi ingat! Dulu, aku pernah baca soal satelit di internet. Satelit terbagi menjadi dua jenis kan, Lu?” potong Bona.

“Benar sekali! Satelit dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alami dan satelit buatan.

“Coba jelaskan satu per satu!” sambut Bona.

“Aku jelaskan dari yang pertama, ya, yaitu satelit alami. Satelit ini terbentuk secara alami dalam tata surya. Fungsinya untuk memberikan penerangan pada malam hari melalui pantulan dari cahaya matahari. Selain itu, satelit alami juga berfungsi untuk melindungi planet dari hantaman benda langit lain seperti meteoroid.”

“Contohnya seperti Bulan, ya, Lu?”

“Betul, Bon. Bulan itu satelit alami pada Bumi. Kalo satelit alami pada planet yang lain beda lagi, jumlahnya pun berbeda-beda tiap planetnya.”

Baca Juga: Mengenal Planet dan Cirinya, Yuk!

satelit alami pada planet

Bona mendengarkan penjelasan Lulu dengan saksama.

“Selanjutnya, satelit buatan. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan dengan menggunakan roket. Manusia membuat satelit buatan untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti untuk mengamati tata surya dan alam semesta, memperlancar komunikasi, dan lain-lain.”

Kalo ini aku pernah dengar, salah satu contohnya itu Satelit Palapa D milik Indonesia, kan!

Lulu mengacungkan jempolnya kepada Bona.

satelit buatan

“Terima kasih, Lulu! Aku jadi lebih mengenal satelit dan jenisnya!” ucap Bona.

“Sama-sama, Bon!” balas Lulu sambil kembali mengagumi bulan yang bersinar terang.

Melihat langit malam bersama Lulu, membuat Bona mengenal satelit dan jenisnya. Bagaimana dengan kamu? Agar semakin paham, coba jawab pertanyaan di bawah ini, ya!

Baca Juga: Mengenal Matahari dan Lapisannya

latihan soal satelit dan jenisnya

Selain mengenal satelit dan jenisnya, kamu masih bisa belajar materi lain bersama Lulu, Bona, dan teman-temannya, loh! Ada banyak banget video pembelajaran disertai cerita menarik yang bisa kamu tonton dengan cara download aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, gabung sekarang!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

 

Materi oleh: Rosi Oktavia Purba

Disunting oleh: Usu Sri Malati

 

Rias Hada Firdausya