Mengenal Struktur & Jenis Paragraf | Bahasa Indonesia Kelas 5

mengenal paragraf

Kali ini, Bona dan Made akan mengenal kembali tentang paragraf, loh! Hmm, apa saja ya yang mereka bahas tentang paragraf? Yuk, simak pembahasannya!

Siang itu, Bona dan Made sedang membuat tulisan yang menceritakan aktivitas mereka semasa liburan sekolah. Made sangat bersemangat menuliskan ceritanya hingga akhirnya selesai lebih dulu daripada Bona.

“Selesai! Bon…! Bon…! Baca tulisanku, deh!” teriak Made sambil menyodorkan bukunya ke arah Bona.

Bona pun menerima buku tulis dari Made dengan ekspresi datar. Saat melihat tulisan Made, Bona langsung mengernyitkan dahinya.

“Waduh, Made, kok kamu tulisnya begini, sih?” tanya Bona heran.

“Sepertinya akan lebih baik kalau kamu tulis dalam bentuk paragraf.” saran Bona.

“Hmmm? Paragraf? Kayak pernah dengar, deh.” tanya Made agak ragu. 

Huft… Tentu saja kamu pernah dengar. Kita kan sudah belajar tentang paragraf di kelas sebelumnya.” jawab Bona sambil menutup buku Made.

Eh? Iya ya, Bon? Kayaknya aku lupa, deh. Coba jelasin sedikit tentang paragraf lagi dong, Bon.” pinta Made bingung.

“Oke, aku mulai dari pengertian paragraf, ya.” ucap Bona.

“Sebuah paragraf pasti terdiri dari gagasan-gagasan. Lalu, gagasan-gagasan ini akan dibentuk menjadi kalimat. Nah, kumpulan kalimat ini akan kita sebut sebagai paragraf. Jadi, paragraf adalah kumpulan kalimat, Made.” jelas Bona.

“Ahh iya! Paragraf itu kumpulan kalimat, ya.” ucap Made sambil menganggukkan kepala.

“Tapi ingat, Made! Karena paragraf adalah kumpulan kalimat, jadi paragraf itu pasti terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Ingat, kan? Kalimat utama adalah kalimat yang memuat gagasan pokok. Sementara kalimat penjelas adalah kalimat yang melengkapi informasi pada kalimat utama.” tutur Bona.

“Oh iya, kamu tahu jenis-jenis paragraf nggak?” tanya Bona yang kemudian hanya dibalas dengan gelengan kepala oleh Made.

Gini, Made…. Jenis paragraf itu ada dua, tergantung dari letak kalimat utamanya. Kedua jenis paragraf tersebut adalah paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.” jelas Bona.

struktur dan jenis paragraf

“Ahh iya iya…. Bona, terima kasih, ya. Sekarang aku jadi ingat lagi deh tentang pengertian, struktur, dan jenis paragraf!” ujar Made dengan semangat sambil mengacungkan jari telunjuknya.

“Sama-sama, Made. Oh iya, jangan lupa perbaiki tulisan kamu supaya lebih bagus!” ucap Bona sambil mengembalikan buku Made.

“Pasti dong, Bon!” jawab Made dengan penuh semangat.

Nah, itu tadi pembahasan Bona dan Made tentang struktur dan jenis paragraf. Apakah kamu juga sudah paham? Sekarang, perhatikan latihan soal di bawah ini. Menurut kamu, termasuk paragraf apa, ya? 

latihan soal mengenal paragraf

Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar, ya!

 

Gimana teman-teman, seru kan belajar bareng Made dan Bona? Kalau mau lebih banyak lagi mengasah pemahaman, kalian bisa download aplikasi ruangguru. Dijamin belajar semakin asyik karena banyak permainan menarik! Yuk, download aplikasi Ruangguru dan jangan lupa berlangganan!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022Materi oleh: Putri Margareth Siagian dan Afny Irfani

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

 

Yosephin Hamonangan Pasaribu