Mengenal Teks Eksemplum | Bahasa Indonesia Kelas 11

Bahasa Indonesia_9

Squad, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan teks eksemplum? Biasanya sangat berkaitan erat dengan pengalaman hidup seseorang, lho. Apa ya maksudnya? Teks eksemplum merupakan cerita yang tentang perilaku atau tokoh. Cerita akan diawali dengan pengenalan tokoh, setelah itu membahas peristiwa apa saja yang telah dilalui oleh tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.

Teks eksemplum termasuk ke dalam karya sastra yang isinya menjelaskan tentang pengalaman hidup tokoh. Berawal dari sebuh peristiwa yang dialami oleh tokoh dan kemudian dari peristiwa tersebut terdapat hikmah yang dapat diambil. Tujuannya adalah agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Struktur Teks Eksemplum

  1. Orientasi, merupakan bagian awal teks yang berisi tentang pengenalan tokoh
  2. Insiden, merupakan peristiwa atau bagian yang berisi tentang permasalahan yang dihadapi oleh tokoh
  3. Interpretasi, merupakan bagian yang berisi pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita.

teks eksemplum

Selanjutnya mari kita lihat struktur dalam contoh teks berikut yang berjudul “Putri Tangguk”

Orientasi

Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penangkap ikan, tetapi hasilnya melimpah ruah.  Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki tujuh orang anak.

Insiden

Pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat Putri Tangguk dan suaminya pergi ke sawah untuk menuai padi demi memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju huma yang mereka tuju sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir. Bahkan, anak-anaknya ada juga yang terjatuh. Perempuan setengah baya itu tampak kesal. “Jalan licin!” terdengar Putri Tangguk menyumpah. “Hari ini kita tidak perlu lama bekerja. Padi yang tertuai kita tumpahkan di jalan ini sebagai pengganti pasir. Besok kita masih dapat menuai padi,” kata Putri Tangguk sambil menggerutu. Padi yang sudah tertuai, mereka taburkan di sepanjang jalan yang mereka lalui. Mereka berharap jalan yang selalu mereka lalui tidak licin lagi.

Pada suatu malam anak Putri Tangguk terbangun dan menangis meminta nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil nasi. Ketika tutup periuk dibuka, Putri Tangguk terkejut karena tidak ada nasi di dalamnya. Kemudian, ia berjalan menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras dan padi. Ia sangat terkejut ketika melihat lumbung itu kosong. Dengan setengah berlari, Putri Tangguk menuju lumbungnya yang lain. Ia semakin terkejut karena di dalam ketujuh lumbung padi yang dimilikinya tidak sebutir beras atau padi pun yang ditemuinya.

Setelah menyampaikan apa yang ditemuinya itu, Putri Tangguk dan suaminya bergegas berangkat menuju huma mereka. Akan tetapi, mereka sangat terkejut karena tidak sebatang pun padi ada di huma mereka. Dalam keadaan sedih, Putri Tangguk pulang ke rumah. Kesedihannya semakin bertambah ketika mendengar tangisan anak-anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin akibat kesombongannya dengan membuang-buang padi semaunya di jalan yang dilewatinya.

Interpretasi

Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur-hamburkan kekayaannya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada mulanya sangat kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhannya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

unsur kebahasaan teks eksemplum

Contoh Soal

Perhatikan kutipan  teks berikut! 

Ia sadar bahwa kematian juga akan datang secara tiba-tiba. Ia juga sadar bahwa untuk mebahagiakan kedua orang tuanya bukan hanya dari nilai saja. Namun masih banyak cara yang lainnya. Jadi bagaimanapun keadaan kita, kita harus selalu berusaha untuk membahagiakan kedua orang tua kita.

Kutipan di atas termasuk dalam salah satu struktur teks eksemplum  yaitu….

  1. orientasi
  2. insiden
  3. interpretasi
  4. kesimpulan

Jawaban : C

Pembahasan : Kutipan di atas berisi pesan moral, evaluasi, dan akibat dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita yang ada dalam kutipan teks eksemplum di atas, maka kutipan di atas termasuk dalam interpretasi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan c.

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga kaidah yang terdapat dalam teks eksemplum. Jika masih ada yang belum paham, kamu dapat menonton video belajar beranimasi di ruangbelajar. Selain itu, ada pula latihan soal dan rangkuman berupa infografis untuk #BelajarJadiMudah.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi
Zabadi, Fairul dan Sutejo. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Artikel diperbarui 1 Desember 2020

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D