7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan untuk Menyambut Semester Baru!

hal yang perlu dilakukan untuk menyambut semester baru

Liburan telah usai, saatnya menyambut semester baru! Yuk, cari tahu apa saja hal penting yang harus kamu lakukan untuk menyambut semester baru.

--

Melewati libur yang panjang saat libur semester tentu merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, atau bahkan liburan ke tempat yang jauh untuk mencari energi baru. Kira-kira kamu libur semester kemana? Di rumah aja, ya? Sama, aku juga di rumah aja! ;(

Hmm, kesenangan liburan ternyata tidak lama. Setelah itu, kamu harus siap  untuk menyambut semester baru setelah libur panjang. Nah, untuk mengembalikan semangat tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri dan resolusi untuk menyambut semester baru! Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menyambut semester baru? Ini dia!

 

1. Evaluasi Semester Lalu

evaluasi semester lalu

Memberikan ruang bagi diri sendiri untuk evaluasi! (sumber: idntimes.com)

Ya, evaluasi. Barangkali selama semester lalu kamu sering membolos, atau tidur waktu kelas? Yuk mulai memasuki semester baru diubah kebiasaan buruk untuk menuju best version dari dirimu sendiri. Misalnya, mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen atau gurumu sedang mengajar, atau menghargai beliau ketika sedang belajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online

 

2. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

disiplin pada jadwal dan waktu

Yuk, hargai waktu dan targetmu! (sumber: freepik.com)

Disiplin dan menghargai waktu adalah hal yang tidak mudah. Tapi, tidak ada salahnya mencoba demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru. Perhatikan jadwal kelas dan targetmu. Rencana studi selama satu semester ke depan harus terorganisir dengan baik. Benar bukan? Yuk buat target dan goals selama satu semester nanti. Kamu bisa buat di kertas bergambar dan beri warna sesuka hati, lalu tempelkan di dinding kamarmu! 

 

3. Buat Mind Map Belajarmu 

cara membuat mind mapping

Mind map membuat belajar jadi menyenangkan dan mudah! (sumber: mindmeister.com)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan mind map. Mencari ide dan topik materi dapat memudahkan kita untuk memahami esensi materi yang akan diajarkan. Kamu bisa buat mind map sekreatif mungkin dengan ditambah warna-warni krayon atau spidol. Dijamin deh, selama pembelajaran nanti, kamu akan lebih mudah jika sudah mempersiapkan mind map materi buatanmu sendiri! 

Baca juga: Cara Cermat Agar Cepat Memahami Pelajaran

 

4. Mencari Motivasi dan Semangat Baru

mencari motivasi dan semangat baru

Teman dekatmu bisa menjadi sumber motivasi dan semangat, lho! (sumber: duakelinci.com)

Mengawali semester baru, yuk tingkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Temukanlah support system yang selalu memberikan kamu dukungan positif. Sahabat, keluarga, dan orang tua, kamu bisa menjadikan mereka motivasi kamu untuk semangat memasuki semester baru. So, jangan kasih kendor semangatmu ya!

 

5. Siapkan “Alat Tempur” Kamu

siapkan perlengkapan sekolah

Siapkan perlengkapan sekolah yang mungkin sudah bercecer di semester lalu. (sumber: unsplash.com)

Setelah lelah menghadapi ujian semester, biasanya “alat tempur” a.k.a. perlengkapan sekolah mulai bercecer bahkan hilang. Nah, setelah liburan usai dan masuk semester baru, persiapkan kembali perlengkapan belajar kamu, ya. Misalnya beli buku dan alat tulis baru. Hal ini bisa membantu meningkatkan semangat kamu untuk belajar di semester baru.

 

6. Merapikan Ruang Belajar di Rumah

menata ulang ruang belajar

Merapikan ruang belajar di rumah. (sumber: unsplash.com)

Menyambut semester baru nggak melulu tentang persiapan yang harus dilakukan di sekolah, lho. Tempat belajar di rumah juga nggak kalah penting. Untuk menambah semangat belajar, kamu bisa merapikan atau menata ulang ruang belajar kamu. Misalnya mulai memisahkan buku-buku yang sudah tidak terpakai dan menempelkan jadwal pelajaran yang baru. Kamu juga bisa loh menyusun time table supaya lebih disiplin. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan suasana dan energi baru untuk mulai giat belajar lagi, deh.

 

7. Siapkan Aplikasi Belajar Terbaik

aplikasi ruangguru super app

Aplikasi belajar Ruangguru

Semester baru ini beberapa di antara kita masih dilanda ketidakpastian. Bingung apakah di semester baru ini bisa ngikutin pelajaran atau enggak.  Well, daripada kita sibuk memikirkan hal yang nggak bisa kita kontrol, hal paling bijak adalah melakukan persiapan sendiri.

Kini Ruangguru punya banyak perubahan. Aplikasi belajar yang sudah membantu lebih dari 22 juta murid ini punya tiga keunggulan, yaitu super mudah, super paham, dan super irit.

Ruangguru bisa membantumu memahami konsep pelajaran, dan menyadarkan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Buat kamu yang belum terbentuk kebiasaan belajarnya, Ruangguru mengatur materi-materi sekolah supaya kamu belajar dengan terstruktur, rapi, dan jelas tujuannya. Sehingga, tanpa sadar, akan membuat kamu terbiasa belajar kayak main aja gitu!

Bagian menariknya, saat ini Ruangguru juga punya offline mode. Sehingga, kamu yang kesulitan akses internet tidak lagi punya batasan untuk mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Kamu bisa men-download semua materi (video belajar, rangkuman, kuis), atau materi yang kamu mau saja. Lokasi penyimpanannya pun fleksibel. Bisa di memori internal maupun SD Card.

--

So, kamu sudah siap belum untuk menyambut semester baru? Jangan lupa persiapkan lima hal di atas ya. Oh iya, boleh banget tulis di kolom komentar cara mempersiapkan diri menyambut semester baru ala kamu! Persiapkan juga semester barumu untuk mendapatkan akademik yang lebih baik dari semester kemarin bersama Ruangguru! Gabung sekarang, yuk!

ruangbelajar

Referensi: 

Ihsan, Dian. (2020). Kuliah Bisa Tatap Muka dan Online Mulai Januari 2021, Ini Ketentuannya. [daring], Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/03/142515571/kuliah-bisa-tatap-muka-dan-online-mulai-januari-2021-ini-ketentuannya?page=all, (diakses pada 4 Januari 2021)

Kemdikbud RI. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. [daring], Tautan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021, (diakses pada 4 Januari 2021)

Sabrina, Ruhil. (2019). 5 Tips Menyambut Semester Baru untuk Mahasiswa Agar Lebih Bersemangat. [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/ruhil-anadiah-sabrina-1/5-tips-menyambut-semester-baru-untuk-mahasiswa-agar-lebih-bersemangat-c1c2/5, (diakses pada 4 Januari 2021)

Sumber Foto: 

Foto ‘Memberikan ruang bagi diri sendiri untuk evaluasi!’ [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/ruhil-anadiah-sabrina-1/5-tips-menyambut-semester-baru-untuk-mahasiswa-agar-lebih-bersemangat-c1c2/5, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Yuk, hargai waktu dan targetmu!‘ [daring], Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/happy-girl-pointing-with-finger-alarm-clock-isolated_6780819.htm, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Mind map membuat belajar jadi menyenangkan dan mudah!’ [daring], Tautan: https://www.mindmeister.com/blog/why-mind-mapping/, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Teman dekatmu bia menjadi sumber motivasi dan semangat, lho!’ [daring], Tautan: https://duakelinci.com/artikel/20/tips-hangout-asyik-dengan-teman, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto 'Siapkan perlengkapan sekolah' [daring], Tautan: https://unsplash.com/photos/iV24JKvs9P0 (diakses 5 Januari 2023)

Foto 'merapikan ruang belajar di rumah' [daring], Tautan: https://unsplash.com/photos/ZG4Y6lLPARw (diakses 5 Januari 2023)

Artikel ini telah diperbarui oleh Adya Rosyada Yonas pada 5 Januari 2023.

Profile

Adelia Septiani