7 Rekomendasi Musik Ini Bisa Tingkatkan Konsentrasi Belajarmu!

Rekomendasi lagu untuk belajar

Yuk, coba dengarkan lagu ini bagi kamu yang sering susah konsentrasi saat belajar!

Hayo.. Siapa di antara kamu yang sering banget susah konsentrasi saat belajar? Memang, ketika mengerjakan sesuatu, kita membutuhkan situasi yang tenang untuk menyelesaikannya. Apalagi saat belajar, konsentrasi bisa mudah buyar dan pikiran malah melancong kemana-mana. Bagi kamu yang mengalaminya, bisa lho pakai rekomendasi musik berikut ini untuk bantu lebih konsentrasi saat belajar!

Sudah terbukti bahwa musik atau nada tertentu memiliki efek positif pada kondisi psikologi dan mental seseorang. Nggak hanya itu, musik juga punya andil dalam perkembangan kinerja otak untuk meningkatkan daya konsentrasi sebagaimana diteliti dalam studi The Mozart Effect. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik Mozart bisa kinerja mental otak yang dikenal sebagai penalaran spasial-temporal. Lebih lanjut, penelitian ini juga membuktikan adanya peningkatan konsentrasi pada seseorang saat mengerjakan sesuatu.

Baca Juga: Manfaat Musik pada Anak: Nilai di Sekolah Meningkat Lebih dari 20%

For your information, mendengarkan musik saat belajar juga memiliki sisi positif lainnya lho! Yuk, simak berikut ini.

  • Musik yang menenangkan dan rileks dapat meredakan stres atau rasa cemas saat belajar.
  • Musik yang didengarkan saat belajar dapat membantumu untuk fokus pada tugas dan meningkatkan motivasi dan suasana hati.
  • Mendengarkan musik juga dapat membantu meningkatkan daya tahan jika harus belajar dalam sesi yang panjang.
  • Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa musik dapat membantu kamu menghafal dan menciptakan suasana hati yang positif, yang secara tidak langsung akan meningkatkan pembentukan memori.

 

Rekomendasi Musik untuk Belajar

Untuk membantumu belajar, ada beberapa musik dari berbagai genre yang bisa kamu dengarkan berikut ini.

 

1. Wolfgang Amadeus Mozart: ‘Symphony No. 40 in G Minor’

Musik klasik Mozart tentu tidak boleh dilewatkan. Apalagi, musik ini kerap digunakan sebagai terapi psikologi. Symphony No. 40 in G Minor dapat membantu proses kerja pada auditori dan fungsi motorik untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam aktivitas apapun, termasuk belajar.

 

2. Ludwig van Beethoven: Emperor Concerto for Piano, No. 5

Ludwig van Beethoven merupakan musisi dunia dengan karya musik yang luar biasa. Salah satu karyanya yang berjudul Emperor Concerto for Piano, No. 5 dapat kamu dengarkan saat belajar untuk menambah konsentrasi.

Baca Juga: Ini Lho Sejarah Musik Dunia dan Perkembangannya dari Masa ke Masa!

 

3. Sebastian Bach: Brandenburg Concertos

Sebastian Bach merupakan komponis sekaligus musisi asal Jerman dengan nama lengkap Johann Sebastian Bach. Ia sangat terpandang di dunia musik lantaran karyanya yang selalu menakjubkan.

Semua karya musiknya, termasuk Brandenburg Concertos diketahui dapat menciptakan perubahan frekuensi elektromagnetik pada otak dalam hitungan 7.5 putaran setiap detiknya. Hal ini menunjukkan proses yang disebut dengan Alpha Mode, yang mengindikasikan adanya peningkatan daya konsentrasi saat belajar. Oleh karena itu lah, belajar sambil mendengarkan musik ini bisa jadi cara untuk tingkatkan konsentrasi kamu.

 

4. Soundtrack film Harry Potter

Kamu yang suka dengan film fantasi Harry Potter, bisa dengarkan soundtrack filmnya saat belajar. Melodinya yang unik dan nadanya yang naik turun bakal bikin kamu lebih fokus belajar. Apalagi, soundtrack film Harry Potter tidak memiliki lirik dan hanya alunan musik saja.

 

5. Album ‘Folklore’ – Taylor Swift

Berbeda dengan lagu di album-album sebelumnya, lagu-lagu di album ‘Folklore’ milik Taylor Swift sangat lembut dan menenangkan. Dengarkan secara acak untuk tingkatkan suasana hatimu saat belajar. Kamu pun akan tambah fokus saat mengerjakan tugas.

 

6. Lo-Fi Hiphop Chill Beats

Pernah kah kamu mendengarkan musik Lo-Fi? Musik ini merupakan musik instrumental yang dipadukan dengan suara-suara nyata seperti kicauan burung, denting sendok, hingga rintik hujan. Ada banyak musik Lo-Fi yang bisa kamu dengarkan melalui platform YouTube saat belajar

Sudah terbukti bahwa musik Lo-Fi bisa meningkatkan konsentrasi kamu saat belajar. Saat mendengarkannya, kita akan seolah-olah berada di situasi tertentu. Tak hanya terdiri dari nada musik, Lo-Fi juga memiliki sentuhan suara nyata seperti rintik hujan, bunyi cangkir diaduk, hingga kicauan burung. Melalui YouTube, kamu bisa mencari playlist Lo-Fi musik yang sesuai dengan tema kegiatan, seperti belajar, bekerja, dan-lain-lain.

 

7. Soundtrack Animasi Studio Ghibli

Jika kamu penyuka animasi Jepang, kamu pasti tidak asing dengan karya dari Studio Ghibli. Animasi berjudul Spirited Away, Totoro no Tonari, dan Princess Mononoke memiliki soundtrack  menenangkan yang cocok dipilih sebagai teman saat belajar.

Itu dia beberapa rekomendasi musik yang dapat kamu dengarkan saat belajar. Semoga berhasil meningkatkan konsentrasi kamu, ya! Jangan lupa bangun suasana yang tenang dan nyaman, sehingga tidak mudah terdistraksi saat belajar. Jika ada materi yang belum dimengerti, kamu bisa buka fitur ruangguru privat by Ruangguru!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

7 Rekomendasi Lagu untuk Playlist-mu Supaya Konsentrasi Saat Belajar [daring]. Tautan: 7 Rekomendasi Lagu untuk Playlist-mu Supaya Konsentrasi Saat Belajar | GoFix (gojek.com) diakses pada 11 Maret 2022.

7 Musik Klasik yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar [daring]. Tautan: 7 Musik Klasik untuk Tingkatkan Konsentrasi Anak | Popmama.com diakses pada 11 Maret 2022.

Is it Good to Listen to Music While Studying? [daring]. Tautan: Is it Good to Listen to Music While Studying? | Study.com diakses pada 11 Maret 2022.

Dinda Silviana Dewi