Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat & Bilangan Desimal | Matematika Kelas 5

Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat dan Bilangan Desimal

Dafa dan Made belajar cara menentukan nilai tempat bilangan bulat dan desimal saat menonton video kedalaman menyelam dengan atau tanpa kapal selam. Yuk, ikuti kisah lengkapnya di artikel Matematika kelas 5 berikut ini!

--

Pada hari Minggu ini, hujan turun dengan deras. Dafa dan Made bersantai sejenak di markas sambil menonton video tentang kapal selam. Di video itu tertulis angka 1,124 m dan 1.124 m.

“Daf, kok itu beda sih?” tanya Made sambil menunjuk angka di video tersebut.  “Walau angkanya sama aja, sama-sama 1, 1, 2 dan 4, tapi yang tanpa kapal selam angkanya kok pakai koma, sedangkan yang dengan kapal selam angkanya pakai titik?”

Jenis bilangannya yang berbeda, Made. Coba kamu lihat, yang pakai titik itu adalah bilangan bulat, sementara yang pakai koma itu adalah bilangan desimal. Sehingga, nilai tempatnya juga berbeda,” jelas Dafa.

Nilai tempat? Apa itu?” tanya Made bingung.

Nilai tempat adalah nilai yang dimiliki oleh angka-angka penyusun bilangan berdasarkan letak atau tempat angkanya.”

Made berpikir sejenak. “Berarti kita juga harus tau cara menentukan nilai tempat bilangan bulat dan bilangan desimal, dong?”

Iyap, coba kita lihat nilai tempat kedua bilangan tadi ya! Ada dua caranya. Cara pertama adalah dengan menguraikan bilangan menjadi bentuk perkalian sesuai nilainya,” jelas Dafa.

Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat dan Bilangan Desimal

 

“Lalu cara kedua, menempatkan angka pada tabel nilai tempat berdasarkan posisinya,” lanjut Dafa.

Baca Juga: Penjumlahan Pecahan Biasa Berpenyebut Beda dengan Metode KPK

 

Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat dan Bilangan Desimal

 

“Jadi, nilai tempat bilangan bulat 1.124 adalah 1 ribuan, 1 ratusan, 2 puluhan,  dan 4 satuan. Sedangkan nilai tempat bilangan desimal 1,124 adalah 1 satuan, 1 persepuluhan, 2  perseratusan, dan 4 perseribuan,” jelas Dafa.

Made mengangguk-angguk paham. “Oh… Ternyata nilai tempat untuk bilangan bulat dan bilangan desimal berbeda ya, meskipun angka penyusunnya sama.”

“Iya! Sekarang udah tau kan, cara menentukan nilai tempat bilangan bulat dan bilangan desimal?” tanya Dafa.

Udah, dong! Hehehe!” jawab Made. “Oiya! Abis ini cari video dino dong!”

Dafa tersenyum melihat tingkah Made. “Oke!” balasnya.

Baca Juga: Cara Menjumlahkan Bilangan Bulat dengan Pecahan

Gimana nih kisah Dafa dan Made? Selagi Made menonton video dino, kamu bisa kerjakan soal latihan di bawah ini ya! Jangan lupa tulis jawabanmu di kolom komentar!

Latihan Soal Menentukan Nilai Tempat

 

Selain materi nilai tempat bilangan bulat dan bilangan desimal, masih banyak loh materi lainnya yang bisa kamu pelajari bareng Dafa, Made dan teman-teman di aplikasi ruangguru! Ayo, download aplikasinya sekarang dan belajar bersama Dafa, Made dan teman-teman lainnya!

New call-to-action

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Erin Dharma Damayanti

Hai, Erin di sini! Selain senang jalan-jalan dan membaca komik, aku juga senang menulis. Baca tulisanku yang lain ya!