7 Orang Hebat yang Mengubah Pandangan terhadap Kaum Difabel!

Ruangguru Des 4, 2020 • 7 min read


Header_-_Fakta_Seru_-_Hari_Difabel-01

Selamat Hari Difabel! Kata siapa difabel tidak bisa berprestasi? Beberapa orang difabel di bawah ini punya beragam prestasi, lho. Yuk, kita lihat.

---

Setiap orang di dunia ini selalu diberikan keistimewaan yang berbeda-beda. Kamu pasti setuju, 'kan? Walau memiliki keterbatasan, namun itu bukan penghalang untuk menunjukkan kelebihan. Bahkan, batasan tersebut bisa jadi pemicu agar semakin bersemangat lagi untuk berkarya. Tentunya, ini membuktikan bahwa siapa saja mampu berprestasi. Termasuk juga bagi kaum different ability (difabel) yang sering dianggap memiliki kekurangan dibandingkan orang-orang pada umumnya. Padahal banyak kiprah karya mereka yang di atas rata-rata, lho! Kamu penasaran apa saja prestasi membanggakan yang berhasil mereka raih? Simak terus ya!

1. Putri Ariani

 

Ariani Risma Putri atau yang biasa dikenal dengan Putri Ariani adalah penyanyi cilik berbakat indonesia asal Yogyakarta. Bakat Putri di dunia tarik suara sudah terlihat sejak umur 2 tahun. Walau sejak umur 3 bulan Putri sudah tidak dapat melihat dunia karena mengidap ROP (Retina Of Premature), Putri dapat menunjukkan bakatnya dalam bernyanyi dan bermain piano.

Hal ini dibuktikan dengan prestasi-prestasi Putri. Pada tahun 2014, tepatnya ketika berusia 8 tahun, ia sudah membawa pulang piala juara pertama pada ajang Indonesia Got Talent. Wow, keren, ya! Tidak hanya menjadi pemenang di ajang Indonesia Got Talent, Putri juga menjadi peserta The Voice Kids Indonesia pada tahun 2017, lho.

Putri pun sangat peduli dengan pendidikan. Ia kini menjadi Brand Ambassador dari Ruangguru yang selalu menginspirasi para pelajar dengan keterbatasan seperti dirinya untuk terus semangat mengejar impian.

2. Angkie Yudistira

yungkie_ratio-16x9Angkie Yudistira (Sumber: tirto.id)

Angkie merupakan wanita muda salah satu penyandang disabilitas yang sukses di Indonesia. Ia menderita tunarungu sejak usia 10 tahun yang diawali dengan demam tinggi yang tak kunjung sembuh. Namun, hal tersebut tidak menghambatnya. Angkie berhasil melewati tantangan demi tantangan hingga memiliki gelar magister (S2). Ia pun mendirikan enterprise khusus untuk penyandang disabilitas bernama Thisable Enterprise. Angkie pun sekarang menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI, lho.

3. Panji Surya Sahetapy

8c97c754-0194-4aa9-9620-242c7899926d_43 Foto Surya Sahetapy (Sumber: detik.com) 
 

Ini dia salah satu anak muda istimewa asal Indonesia yang kerap aktif menyuarakan hak-hak bagi para penyandang tuli. Bahkan, putra ketiga aktor Ray Sahetapy ini serius mendalami berbagai kebijakan pemerintah yang berhubungan bagi kaum difabel. Bukan hanya dikenal sebagai aktivis, ia juga merupakan seorang edukator. Surya, sapaan akrabnya, turut menjadi pengajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia. Ia dipercaya untuk membagikan pengetahuannya mengenai Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Tujuannya, agar hambatan komunikasi yang ia alami sejak dini tidak akan dialami oleh penyandang tuli lainnya.

Masa kecil Surya yang penuh perjuangan dan sulit berbaur dengan teman-temannya membuatnya kini bersemangat untuk membantu para difabel. Semua usaha yang dilakukan pria usia 23 tahun ini semata-mata ingin membuat kaum difabel agar bisa lebih percaya diri. Oleh karena itu, ia tidak henti-hentinya mengampanyekan isu sosial ini melalui berbagai kegiatan. Baru-baru ini pun, Surya diundang sebagai narasumber di salah satu diskusi yang diinisasi oleh Kantor Staf Presiden Indonesia. Hebat!

4. Nonik

orang hebat - Nonik (kanan) sedang bermain alat musik tradisional.
Nonik (kanan) sedang bermain alat musik tradisional. (Sumber: vebma.com) 
 

Namanya melambung sejak partisipasinya di berbagai ajang kompetisi internasional. Perempuan kelahiran 30 September 1985 ini mengikuti olimpiade khusus bagi penyandang tunagrahita di Jepang. Saat itu usianya 23 tahun, dan ia menjadi perwakilan dari Indonesia. Nonik, menunjukkan minat besarnya pada budaya khususnya dengan memelajari tarian daerah dan bermain alat musik tradisional. Di samping itu, ia juga pernah memukau Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton melalui pidato berbahasa Inggrisnya. Saat itu pun, para audiens yang mendengarnya juga merasa kagum. Mereka tidak menyangka seorang tunagrahita dapat merangkai kata-kata sedemikian baiknya.

5. Eman Sulaeman

orang hebat - Eman saat menjadi kiper di Homeless World Cup. Eman saat menjadi kiper di Homeless World Cup. (sumber: pikiran-rakyat.com)
 

Bagi seorang pesepak bola, kedua kaki merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi menurut Eman, ia tetap dapat menorehkan prestasi di bidang ini sekalipun salah satu kakinya tak sempurna. Tidak main-main, dia berhasil mengharumkan nama Indonesia sebagai kiper difabel terbaik di kancah internasional. Kehadirannya bersama tim pun akhirnya menjuarai kompetisi futsal Homeless World Cup di Glasgoq, Skotlandia. Sejak saat itu, namanya menjadi sorotan dari berbagai kalangan, termasuk para media internasional.

6. Ade Irawan

orang hebat - Maestro pianis asal Indonesia di Chicago. Maestro pianis asal Indonesia di Chicago. (Sumber: jadiberita.com)
 

Kepiawaian pria kelahiran 3 Januari 1994 ini dalam bermain piano, harus diacungkan jempol! Indonesia patut berbangga karena memiliki maestro pianis yang penuh prestasi. Ternyata, meski mengalami tunanetra, Ade sudah berlatih piano sejak usia 3 tahun, lho! Ia pun aktif unjuk bakat di Jazz Links Jam Session di Chicago Cultural Center, sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Mulai 2006-2007, ia melanjutkan kiprah kariernya sebagai pianis di ajang Chicago Jazz Festival dan Chicago Winter Jazz Festival. Penampilannya yang luar biasa memukau ini, membuat berbagai musisi kelas dunia ingin berkolaborasi dengannya!

7. Sabar Gorky

orang hebat - Pendaki dan atlet panjat tebing Indonesia.
Pendaki dan atlet panjat tebing Indonesia. (sumber: hipwee.com) 
 
Dialah salah satu pendaki asal Indonesia yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi Eropa, Elbrus. Sabar, telah menancapkan Sang Saka Merah Putih dan menjadi tunadaksa pertama yang menginjakkan kaki di atas puncak tersebut. Ia pun menginspirasi banyak kalangan, termasuk Presiden RI di kala itu. Sabar mendapatkan ucapan selamat dari Presiden SBY melalui teleconference atas usahanya dalam mengharumkan nama bangsa. Ternyata ia bukan hanya seorang pendaki gunung, tapi juga merupakan atlet panjang tebing Indonesia. Luar biasa ya!
 

Wah, mengagumkan sekali deretan prestasi mereka ya? Kamu pun jangan mau kalah! Beranilah mencoba hal baru dan jangan pernah merasa mudah putus asa. Nah, Ruangguru juga bisa menjadi pilihanmu untuk mengasah kemampuan yang ada, bahkan untuk para teman-teman penyandang disabilitas. Cek infonya di sini ya! Percayalah bahwa setiap orang berhak menunjukkan apapun kelebihannya. Cheers

New Call-to-action

Referensi:

Aristansi, Nimas Des. 5 Penyandang Difabel yang Sukses Menginspirasi Seluruh Dunia. koinworks.com [daring]. Tautan: https://koinworks.com/blog/penyandang-difabel-menginspirasi-dunia/ (Diakses: 4 Desember 2020)

Sumber foto:

Foto Angkie Yudistira [daring]. Tautan: https://tirto.id/profil-angkie-yudistia-penyandang-disabilitas-staf-khusus-jokowi-el84 (Diakses: 4 Desember 2020)

Foto Surya Sahetapy [daring]. Tautan: https://hot.detik.com/celeb/d-5011650/unggah-riwayat-pendidikan-surya-sahetapy-ingin-jadi-peneliti-tuli (Diakses: 4 Desember 2020)

Foto Pendaki dan atlet panjat tebing Indonesia [daring]. Tautan: https://www.hipwee.com/travel/inspirasi-buat-kamu-para-pendaki-sabar-gorky-tunadaksa-yang-mampu-taklukkan-puncak-puncak-tertinggi-dunia/ (Diakses: 4 Desember 2020)

Foto Maestro pianis asal Indonesia di Chicago [daring]. Tautan: https://jadiberita.com/119405/5-orang-indonesia-penyandang-difabel-dengan-prestasi-mendunia-inspiratif-dan-bikin-salut.html (Diakses: 4 Desember 2020)

Profile

Ruangguru

Beri Komentar