Ari: “Ruangguru Adalah Ruang Belajar”

Ruangguru Feb 23, 2016 • 5 min read


Ari Panjaitan, Digital Marketing Lead di Ruangguru

Hey, it’s Tuesday!

Saatnya untuk kenalan lagi dengan People Behind The Scene di Ruangguru. Siapa yang akan kita wawancara kali ini? Namanya Ari Panjaitan yang akrab disapa Ari. Pria yang hobi bermain game seperti Ages of Empire, Football Manager, dan Sims City ini adalah Digital Marketing Lead untuk divisi Marketing and Communications Ruangguru.com. Meski lulusan Akuntansi dari Universitas Indonesia, Ari memiliki minat yang besar pada Digital Marketing.

Penasaran seperti apa pengalaman Ari? Yuk simak wawancara berikut ini :)

RG: Apa yang membuat kamu tertarik dengan digital marketing?
Ari: Latar belakang pendidikan saya sebenarnya adalah akuntansi. Awalnya saya memilih akuntansi karena rekomendasi dari orang tua yang meyakini bahwa profesi sebagai akuntan cukup menjanjikan. Tetapi setelah mendalami bidang tersebut saya merasa kurang cocok, saya juga sempat magang sebagai auditor dan hal itu membuat saya semakin yakin kalau jalan saya bukan sebagai akuntan.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa saya memiliki minat untuk bidang marketing, karena saya melihat jurusan marketing tidak serigid seperti akuntansi. Akhirnya, saya mencoba mencari tahu pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan minat saya. Bermula dari situlah saya mengenal bidang digital marketing dan saya merasa cocok karena di bidang tersebut saya bisa bekerja secara kreatif serta mengembangkan sesuatu yang baru.

Yang menariknya lagi, bidang ini sedang berkembang pesat dikarenakan industri online yang semakin menjamur tetapi tenaga kerja yang ahli di bidangnya masih cukup sedikit. Makanya, orang seperti saya yang memiliki latar pendidikan akuntansi bisa masuk selama ada kemauan untuk mempelajari bidang tersebut.

RG: Sebelum bergabung di Ruangguru, apa saja pengalamanmu?
Ari: 
Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai Digital Marketing Specialist di sebuah digital marketing agency di Jakarta. Pada dasarnya, tugas saya adalah merancang strategi semua channel marketing yang berbayar seperti Google Adwords, Facebook Ads, dan lainnya. Saya bekerja di kantor sebelumnya selama 1,5 tahun, sampai akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke Ruangguru.

RG: Apa alasan kamu memutuskan untuk bergabung dengan Ruangguru?
Ari: 
Di kantor sebelumnya, saya sudah merasa nyaman dan stabil. Hal ini memang positif, tetapi saya tahu bahwa rasa nyaman tersebut bisa membuat saya tidak berkembang. Saya juga merasa sudah cukup berkontribusi dan merasa sudah saatnya untuk mencari pengetahuan dan tantangan baru supaya diri saya bisa semakin berkembang.

Saya tertarik bergabung dengan startup seperti Ruangguru karena memiliki visi misi yang positif untuk pendidikan Indonesia. Meski banyak e­commerce lainnya yang mungkin sudah settle, sistem yang canggih, dan prospek pasar yang lebih tinggi, yang membuat saya tertarik dengan Ruangguru adalah bagaimana perusahaan ini bisa memberikan kontribusi pada lingkungan sosial (khususnya pendidikan) dan saya concern akan hal itu.

Dengan memajukan pendidikan secara online, kita bisa memberikan akses pendidikan dengan bebas dan tanpa batas.

Inilah yang mendasari saya untuk bergabung.

RG: Apa yang membuat kamu tergerak untuk berkontribusi di bidang pendidikan? 

Ari: Menurut saya, pendidikan adalah hal yang paling penting tapi seringkali diabaikan di negara berkembang seperti di Indonesia. Padahal, Indonesia punya potensi untuk menjadi negara maju dengan SDM yang mayoritas berada di usia produktif. Akan tetapi, fasilitas pendidikan yang baik hanya terkonsentrasi di pulau-pulau besar saja, sedangkan untuk pulau kecil atau daerah terpelosok masih sangat kurang memadai.

Ruangguru menjadi salah satu contoh solusi yang dapat dilakukan. Misalnya, dengan memberikan tes online gratis yang bisa dipakai secara masal melalui internet. Menurut saya, itu suatu hal yang membanggakan.

RG: Apa posisi kamu di Ruangguru? Dan apa saja yang kamu kerjakan?

Ari: Posisi saya di Ruangguru adalah sebagai Digital Marketing Lead di divisi Marketing and Communications. Untuk segi pekerjaannya, kurang lebih sama dengan yang saya kerjakan di kantor sebelumnya, yaitu membuat strategi budgeting untuk channel marketing yang berbayar, SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization).

Tapi yang membuat pekerjaan kali ini berbeda adalah saya harus memimpin seluruh tim digital marketing yang berarti saya juga harus memahami cara kerja keseluruhan tim, mulai dari SEO, social media dan graphic design.

RG: Apa yang menjadi tantangan sebagai Digital Marketing Lead?
Ari: Berhubung saya sudah memiliki pengalaman di bidang digital marketing sebelumnya, jadi menurut saya manage kerjaan itu lebih mudah dibandingkan dengan manage people. Alasannya karena setiap individu itu memiliki pemikiran yang berbeda, latar belakang yang berbeda, maupun keinginan yang berbeda. Sebagai seorang pemimpin, saya bertanggung jawab bagaimana caranya mengarahkan suara yang berbeda itu menjadi satu suara untuk mencapai tujuan yang sama.

Sebelumnya, saya memang pernah memiliki pengalaman sebagai leader di organisasi saat kuliah tetapi belum pernah dalam lingkup profesional, jadi ini merupakan pengalaman pertama.

Dan ini merupakan tantangan baru bagi saya.

RG: Bagaimana kesan kamu bekerja di Ruangguru?
Ari: 
Saya senang bekerja di Ruangguru karena melebihi ekspetasi saya. Tidak bisa dipungkiri, saya bisa mendapatkan tantangan baru karena banyak hal baru yang saya kerjakan di sini, terutama dalam bagaimana untuk manage people dan bagaimana bersikap menjadi seorang pemimpin.

Saya juga bersyukur bisa mendapatkan pekerjaan yang memberikan saya fleksibilitas. Saya bisa ke kantor dengan pakaian kasual seperti kaos dan celana pendek. Ditambah lagi, startup memiliki phase yang cepat dan banyak mengalami perubahan akan hal baru sehingga Ruangguru menjadi ruang belajar bagi saya untuk mendapat ilmu sebanyak­-banyaknya.

Itulah hal yang saya cari dari sebuah pekerjaan, di mana saya bisa berkembang secara profesional maupun personal, termasuk secara karakter.

RG: Apa harapan dan impian kamu untuk Ruangguru?
Ari: 
Harapan saya, Ruangguru bisa terus berkontribusi secara sosial kepada masyarakat, terutama untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

RG: Oke Ari, terima kasih ya sudah mau berbagi pengalamannya :) 

Terbukti keinginan untuk belajar bisa datang kapan saja ya Squads, seperti yang diceritakan Ari. Kamu ingin belajar mengenai banyak hal? Kamu bisa belajar dengan guru profesional secara privat melalui ruangles, dan membuat #BelajarJadiHebat.

ruangles

Beri Komentar