Pengertian Kesimpulan Laporan Pengamatan | Bahasa Indonesia Kelas 6

kesimpulan laporan hasil pengamatan

Jumpa lagi dengan Roro dan Guntur. Kali ini akan ada sebuah cerita tentang mereka yang membuat kesimpulan hasil dari laporan pengamatan. Masih ingat kan ketika mereka berkunjung ke Pulau Sumatra dan Pulau Jawa kemarin? Kalau belum baca, cerita perjalanan mereka ada di artikel Kenampakan Alam dan Buatan di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

“Udah enak jalan-jalan, eh malah disuruh buat tugas,” ucap Guntur dengan raut wajahnya yang kesal.

“Kamu kenapa ngomong begitu, Guntur?” tanya Roro.

“Habisnya… Aku pikir tuh setelah kita jalan-jalan di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa kemarin, ngga diminta buat ngerjain tugas. Eh ternyata suruh bikin hasil laporan pengamatan. Kan sulit banget kalau mendadak begini,” gerutu Guntur yang sedari tadi tidak suka dengan tugas yang ibu guru mereka berikan.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 6

 

Roro, Guntur, dan anak-anak lainnya diminta oleh Ibu Guru mereka untuk membuat kesimpulan hasil laporan pengamatan yang harus dikumpulkan lusa.

Siang itu, setelah jam sekolah selesai, Roro sudah menunggu Guntur di taman sekolah.

“Kok kamu lama banget datangnya?” tanya Roro.

“Hehehe…. Aku habis main sepakbola dulu tadi. Diajakin sama adik kelas soalnya,” Guntur terlihat masih sesekali mengelap keringat yang membasahi keningnya.

“Ayo… Katanya mau belajar bareng buat cari tahu tentang kesimpulan hasil laporan pengamatan,” Roro berbicara dengan nada agak tinggi ke Guntur.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 5

 

“Aku cari pengertian dari kesimpulan hasil laporan pengamatan dulu ya,” Guntur terlihat sudah mulai membuka buku catatan dan handphone-nya.

“Masa’ pengertian kesimpulan hasil observasi harus dicari pakai Google sih?” tiba-tiba ada suara muncul dari balik pohon.

Roro dan Guntur saling berpandangan. Mereka mencari sumber suara itu.

“Hei… Aku di di sini,” terlihat kepala Kanguru muncul di sela-sela batang pohon. Tak lama, ia melompat dan duduk di antara mereka.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 1

 

“Kamu tuh ngagetin aja sih munculnya,” ucap Roro yang kemudian hanya dibalas dengan senyuman oleh Kanguru.

“Habisnya Aku merasa gemas aja ngeliat Guntur mencari pengertian dari kesimpulan hasil laporan pengamatan aja pakai cari di Google,” jawab Kanguru sambil menggaru-garuk kepalanya.

“Baru saja tadi dijelaskan sama ibu guru tentang pengertian kesimpulan hasil laporan pengamatan, masa sudah lupa sih, Guntur,” Roro terlihat sedikit kesal.

“Aku kan sulit paham kalau dijelasin di dalam kelas. Kanguru, tolong jelasin dong apa sih pengertian dari kesimpulan hasil laporan pengamatan itu,” ujar Guntur.

“Mudahnya gini aja biar kalian gampang ingat. Kesimpulan hasil laporan pengamatan itu, pendapat akhir dari hasil pengamatan yang kalian lakukan. Kalian bisa menyampaikan informasi dari objek yang kalian amati,” jelas Kanguru.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 2

 

“Oh iya, ini aku catat juga dari penjelasan Ibu Guru kalau tujuan dari penulisan kesimpulan hasil pengamatan itu buat menyampaikan informasi dari objek yang diamati. Benar ngga?” tanya Roro.

“Betul,” jawab Kanguru singkat.

“Aha….aku baru ingat juga nih. Tadi, di papan tulis juga mencatat ciri dan struktur kesimpulan hasil laporan pengamatan,” tiba-tiba Guntur bersuara.

“Nah, itu kamu ingat. Coba jelasin ke Roro seperti apa ciri dan struktur dari kesimpulan hasil laporan pengamatan,” pinta Kanguru.

“Hehehe…Aku lupa mencatatnya,” ucap Guntur sembari tersenyum pada Kanguru.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 3

 

“Hmm…dasar Guntur. Kamu selalu saja seperti itu. Ingat yang dicatat di papan tulis, tapi lupa sendiri mencatatnya,” ujar Roro.

Langit siang itu tiba-tiba menjadi mendung.

“Sepertinya akan turun hujan. Alangkah baiknya kalian berdua segera pulang. Kalau mau membahas tentang ciri dan struktur kesimpulan hasil laporan observasi bisa kalian lanjutkan di rumah ya,” ucap Kanguru.

“Oh iya, di ruangbelajar dari Ruangguru kan juga ada penjelasannya. Ditambah ada video animasinya pula,” ucap Roro sambil memasukkan buku catatan ke dalam tasnya.

“Kamu juga jangan lupa ngerjain latihan soalnya ya Guntur. Habis nonton videonya, langsung jawab soal-soalnya,” tambah Kanguru.

“Oke, akan aku kerjakan,” jawab Guntur dengan singkat.

kesimpulan laporan hasil pengamatan 4

 

Siang itu, Roro dan Guntur kembali pulang ke rumah masing-masing. Tapi mereka masih punya misi untuk cari tahu tentang ciri dan struktur kesimpulan hasil laporan pengamatan. Kira-kira bagaimana ya kelanjutan misi mereka? Tunggu kelanjutannya cerita mereka ya.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah