Simak Pengertian Materi, Ciri, & Jenisnya, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 4

pengertian materi, ciri, dan jenisnya

Saat bermain di bukit belakang sekolah, Dira dan Cika membahas tentang materi yang ada di sekitar mereka. Memangnya materi itu apa, ya? Yuk, kita simak ceritanya di artikel IPA Terpadu kelas 4 ini!

Murid kelas 4 SD Nusantara sedang menuju puncak bukit yang terletak di belakang sekolah. Saat di perjalanan, Cika terlihat kelelahan sementara Dira sangat antusias. 

“Cika, coba perhatikan sekitar kita! Di alam semesta tempat kita tinggal ini terdapat banyak materi, loh!

“Materi itu, apa? Materi pembelajaran?” tanya Cika. 

“Bukan.” Dira menggelengkan kepalanya. “Materi yang aku maksud itu, biasa disebut dengan zat. Definisi dari materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Terus, materi itu bisa diindra, lho! Artinya, materi bisa dilihat, dirasa, maupun diraba,” jelas Dira.

“Ada juga benda yang tidak bisa dilihat ataupun diraba, tapi tetap merupakan materi, seperti udara. Udara itu juga termasuk materi karena memiliki massa dan menempati ruang.”

“Contoh lain materi selain udara apa, Dira?”

“Materi itu dibagi menjadi dua, yaitu makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Materi yang berupa makhluk hidup adalah manusia, hewan, tumbuhan, jamur, dan bakteri,” kata Dira.

“Sedangkan, makhluk tak hidup atau sering kita sebut benda, contohnya seperti tas, sepatu, awan, langit, tanah, dan sebagainya,” lanjut Dira sambil menunjuk materi yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: Perkembangbiakan Tumbuhan secara Buatan

definisi dan kelompok materi

Setelah mendengar penjelasan Dira, Cika yang awalnya kelelahan pun beralih fokus ke botol minum Dira.

Cika menunjuk botol tersebut. “Berarti, apakah botol minum dan air milikmu itu juga termasuk materi?”

“Betul, Cik. Nih, biar kamu makin paham, aku jelasin ciri-ciri materi, ya!”

Cika mengangguk sambil tetap fokus pada botol minum milik Dira.

Ciri utama materi itu ada dua, yaitu memiliki massa dan menempati ruang. Pertama, materi memiliki massa. Terus, massa setiap benda itu berbeda-beda. Misalnya, massa satu gelas air berbeda dengan satu gelas udara. Perbedaan ini disebabkan oleh banyaknya jumlah materi pada benda-benda tersebut. Begitu juga kalau memiliki jumlah materi yang banyak, berarti benda memiliki massa yang besar juga atau sebaliknya,” jelas Dira, “Tapi ingat, ya! Benda yang ukurannya lebih besar tidak selalu memiliki massa yang lebih besar.”

“Terus, ciri yang kedua seperti apa?” 

“Ciri materi yang kedua adalah menempati ruang. Artinya, materi mengisi atau memenuhi tempatnya berada seperti air dalam botol dan udara dalam balon. Nah, karena materi menempati ruangan tertentu, materi disebut juga memiliki volume.”

ciri-ciri materi

Oh, jadi botol minum dan airmu itu juga materi, ya. Aku paham sekarang,” jawab Cika dengan lemas.

Mendengar jawaban Cika, Dira pun menyadari bahwa Cika sedang kelelahan. Dira memberikan botol minumnya kepada Cika. Cika pun tersenyum.

Beberapa saat kemudian, mereka melanjutkan perjalanan hingga menuju puncak bukit.

Gimana? Seru ya cerita Dira dan Cika yang membahas tentang materi atau yang biasa disebut zat. Kamu pasti sudah paham juga apa itu materi, kan? Sekarang coba jawab pertanyaan ini dan tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan & Fungsinya, Yuk!

latihan soal tentang materi

Selesai deh pembahasan kali ini. Kamu sudah paham kan tentang materi beserta ciri dan jenisnya? Nah, kalau kamu mau belajar tentang pembahasan lainnya, kamu bisa ikutin petualangan Dira, Cika, dan teman-temannya hanya di aplikasi Ruangguru! Jadi, buruan download dan berlangganan ruangbelajar, ya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Nunuk Ika Lestari

Disunting oleh: Usu Sri Malati

 

Akmaliya Alimah Nabila