Pengertian Surat, Jenis, Ciri, & Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 4

pengertian surat

Dafa menerima surat dari sepupu jauhnya. Surat itu apa, ya? Yuk, kita cari tahu di artikel pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 ini!

--

Hari ini, Lulu akan bermain di rumah Dafa. Sesampainya di sana, ia melihat Dafa sedang duduk di teras sambil memegang sesuatu di tangannya. 

Hai, Dafa!” sapa Lulu, “Yang kamu pegang itu apa?”

Oh, ini namanya surat. Aku baru saja terima dari sepupu jauhku di Senggigi.” 

“Surat? Sepertinya aku belum pernah dapat deh…”

“Masa sih? Seru loh Lu berkabar lewat surat. Surat itu dikenal sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan informasi atau pesan secara tertulis.”

Hmm, berarti surat ini fungsinya sebagai alat untuk menuliskan pesan kepada orang lain, ya?” 

“Benar! Supaya kamu makin paham, aku akan perlihatkan contoh suratnya!” timpal Dafa sambil menunjukkan surat yang ia dapatkan.

Baca Juga: Yuk, Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung!

definisi dan contoh surat

“Dafa, jelasin lebih banyak lagi tentang surat, dong!” sahut Lulu dengan antusias.

“Boleh, Lu! Kalau begitu, aku lanjut jelasin ke bagian-bagian yang ada di dalam surat ya,” sambung Dafa.

“Bagian pertama pada surat adalah alamat penulis dan tanggal penulisan surat. Letaknya ada pada bagian surat paling atas. Selanjutnya di bagian kedua, ada salam pembuka. Salam pembuka ini kita sesuaikan dengan penerima surat. Misalnya, kita bisa menggunakan ‘Untuk sahabatku’ saat menulis surat kepada teman.”

“Selain menggunakan ‘untuk’, ada salam pembuka lainnya nggak?”

“Ada. Contoh salam pembuka lainnya adalah ‘Salam’, ‘Kepada sahabatku’, ‘Hai’, dan sebagainya.”

Oke, aku paham. Setelah salam, lalu apa lagi?”

“Setelah salam ada bagian ketiga, yaitu paragraf pembuka surat. Bagian ini biasanya menanyakan kabar penerima atau keluarga penerima surat. Misalnya, diawali dengan pertanyaan ‘Apa kabar?’” jelas Dafa.

Lulu menatap ke arah Dafa dengan pandangan semakin tertarik.

“Setelah pertanyaan kabar, selanjutnya bagian keempat adalah paragraf isi surat. Pada bagian ini berisi hal-hal yang ingin disampaikan kepada penerima surat. Misalnya, berupa cerita atau pengalaman.”

Wah, membaca paragraf isi surat biasanya adalah bagian paling menarik! Soalnya aku bisa bertukar cerita dengan seseorang!” seru Lulu.

“Betul, Lu! Aku juga paling suka membaca cerita seseorang,” timpal Dafa, “Nah, aku lanjutkan lagi ke bagian kelima ya, yaitu paragraf penutup surat. Pada bagian ini biasanya berisi sebuah harapan, permintaan maaf, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Lalu terakhir, di bagian keenam ada salam penutup. Kita bisa menutup surat dengan kalimat seperti ‘Salam hangat’ dan ‘Salam rindu’, serta diakhiri dengan nama pembuat surat.”

Baca Juga: Belajar Cara Memahami Teks Lisan, Yuk!

bagian surat

“Terima kasih, Dafa! Penjelasan kamu tentang surat ini menarik banget. Aku jadi tau kalo kegunaan surat itu sebagai alat untuk menulis pesan. Lalu, aku juga jadi tau tentang contoh dan bagian-bagian yang ada di dalam surat. Lain kali, aku mau tulis surat buat kamu juga, ah!”

“Sama-sama, Lulu!”

Namun Dafa terlihat berpikir sejenak. “Eh, tapi kamu mau tulis surat tentang apa buatku?”

“Rahasia!” celetuk Lulu sambil tertawa.

“Kalo gitu, ayo tulis balasan surat buat Caca, dong! Aku mau lihat!”

Dafa segera menyambut ajakan Lulu. Mereka masuk ke dalam rumah, kemudian menulis balasan surat untuk Caca. 

menulis surat

Seru kan bermain dan belajar bersama Dafa dan Lulu? Selain pembahasan tentang surat, masih banyak lagi loh video berisi cerita tentang Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya! Kamu bisa nonton videonya di aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, segera download aplikasinya!

New call-to-action

 

 

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Usu Sri Malati dan Permata Hisra Marota

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!