Mengenal Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

teks cerita sejarah

Tahukah kamu, dalam Bahasa Indonesia, kita juga belajar cara menulis teks cerita sejarah yang benar agar mudah dipahami para pembaca. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

--

Apakah kamu pernah membaca cerita asal-usul suatu benda atau peristiwa? Yap, teks cerita tersebut disebut teks cerita sejarah. Lalu, sejarah itu apa, sih? Sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan itulah yang disebut sumber sejarah. Nah, kalau begitu, dapat kita simpulkan bahwa teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu, yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui struktur dan ciri teks cerita sejarah, disertai dengan contoh teksnya. Bagi kamu yang penasaran, baca artikel ini sampai habis, ya!

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Dalam teks cerita sejarah, disusun oleh tiga macam bagian, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Hmm, apa ya maksud dari ketiga istilah tersebut? 

1. Orientasi, bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Biasanya, pada struktur ini menggunakan jenis kalimat deskriptif.
2. Urutan peristiwa, rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis.
3. Reorientasi, komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Bersifat optional (boleh ditulis atau tidak). Pada struktur ini, biasanya memuat dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tapi diingat yah, struktur ini boleh ditulis atau tidak.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Lalu, bagaimana dengan ciri-ciri teks cerita sejarah? Nah, karena cerita sejarah itu menceritakan serangkaian peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, maka teks cerita sejarah akan berisi fakta-fakta ya, guys. Kemudian, teks cerita sejarah juga harus disampaikan secara runut (kronologis), sesuai dengan waktu terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Kan nggak enak ya, kalau misalnya, kita baca cerita sejarah proklamasi kemerdekaan, tapi rangkaian peristiwanya ngacak, yang ada malah bikin pusing. Hehehe... Terakhir, teks cerita sejarah akan banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti lalu, kemudian, sejak, selama, hingga, dsb.     

ciri-ciri teks cerita sejarah

Baca juga: Cara Menulis Teks Cerita Sejarah Singkat

 

Contoh Teks Cerita Sejarah

Nah, sebelumnya kita sudah mengetahui struktur dan ciri teks cerita sejarah, nih. Sekarang, kita lanjut ke contoh teks cerita sejarahnya, ya. Berikut ini ada contoh teks cerita sejarah yang sudah dibedah berdasarkan struktur teksnya. 

 

Sejarah Terciptanya Instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni "insta" yang berarti "instan" seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata "gram" mengarah pada kata "telegram" yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:
Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.


Reorientasi:
Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

 

Gimana, nih, apa kamu sudah semakin paham? Buat yang masih bingung, jangan khawatir ya. Yuk,coba belajar seru dan menyenangkan melalui ruangbelajar. Video belajar beranimasi, soal latihan dan rangkumannya akan membantu kamu membuat #BelajarJadiMudah.

New Call-to-action

Referensi
Maryanto dkk. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.



Artikel diperbarui 24 Agustus 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar