Jurusan Ilmu Politik: Mata Kuliah, Kampus & Prospek Kerja

jurusan ilmu politik

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk Jurusan Ilmu Politik, mulai dari deskripsi program studi, mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya. Tentunya, sangat berguna untuk mengingatkan anak muda tentang pentingnya politik, loh!

 

Pusing ah mikirin politik..

Suka mikir gitu? Apakah kamu sebagai generasi muda Indonesia termasuk yang peduli akan politik negeri kita?

Masih banyak anak muda yang merasa politik sebagai topik yang tabu. Padahal, penting banget lho untuk generasi muda seperti kamu untuk melek politik. Nggak cuman untuk memahami kebijakan yang dihasilkan oleh para elit politik, pemuda juga diharapkan untuk dapat memperbaiki politik di masa depan, lho.

Lalu, gimana caranya untuk menjadi anak muda yang melek politik? Salah satu cara mudah adalah dengan berpartisipasi dalam pemilu. Hayo, jangan memilih pemimpin hanya karena ikut-ikutan atau termakan hoax ya. Jadilah pemilih yang cerdas, dengan turut aktif mengawasi program-program kerja yang dikampanyekan.

Selain itu, untuk bisa menjadi generasi muda yang melek politik kamu bisa belajar dan menuntut ilmu dengan masuk Jurusan Ilmu Politik. Masuk ke jurusan ini bisa mendorong kamu untuk bersikap kritis, cerdas, tertata, dan yang paling penting adalah menggunakan ilmu kamu untuk kepentingan rakyat atau orang banyak.

Baca Juga: Kamu Tertarik dengan Bidang Politik? Ini Jurusan yang Bisa Dipilih

ilmu politik

Ilmu Politik (Sumber: polisci.unm.edu)

 

Apa itu Ilmu Politik?

Tahukah kamu bahwa ternyata Ilmu Politik merupakan ilmu sosial tertua di dunia? Gagasan-gagasan mengenai bernegara sudah berkembang seiring dengan lahirnya negara itu sendiri.

Sebagai disiplin ilmu sosial tertua, gagasan tentang bernegara sudah banyak dikembangkan oleh para filsuf sejak masa Yunani Kuno, tepatnya tahun 450 sebelum masehi, oleh para pemikir seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles.

Namun seiring berjalannya waktu, aspek yang akan kamu pelajari di studi ilmu politik pun akan meluas. Belajar politik tak hanya belajar tentang bentuk negara, tetapi juga masyarakat beserta kepentingan di dalamnya. Mulai dari gender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama, dan masih banyak lagi.

Hmm, jadi sebenarnya apa sih ilmu politik itu?

Dilansir dari unair.ac.id, ilmu politik adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari tentang teori dan praktik politik, termasuk deskripsi dan analisis sistem politik serta perilaku politik.

Politik sendiri dapat diartikan sebagai segala upaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Aristoteles dan Pluto menyebutnya dengan en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

 

Apa itu Jurusan Ilmu Politik?

Jadi, bisa disimpulkan, Jurusan Ilmu Politik adalah program studi yang fokus mempelajari tentang kajian dan analisis sistem politik, pemerintahan, kebijakan publik, dan berbagai aspek ilmu politik lainnya.

Jurusan Ilmu Politik akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang dinamika politik, juga mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier dalam berbagai bidang pemerintahan, penelitian kebijakan, jurnalistik politik, diplomasi, organisasi non-profit, dan sebagainya. Umumnya, Jurusan Ilmu Politik berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).

Baca Juga: Jurusan Ilmu Pemerintahan: Cocok untuk Kamu yang Suka Politik

 

Mata kuliah Ilmu Politik UI

Mata kuliah Ilmu Politik UI (Sumber: ilmu-politik.fisip.ui.ac.id)

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik belajar apa aja sih?”

Program studi Ilmu Politik akan membekali kamu dengan banyak teori dan praktik politik. Kamu akan belajar teori berbagai macam sistem politik yang ada di Indonesia, dan bahkan dunia. Selain itu, kamu juga akan sering melakukan riset dan harus terus bersikap kritis.

Nah, beberapa mata kuliah yang akan kamu temui, antara lain sosiologi, sistem politik, pemikiran politik, kebijakan politik, bisnis dan politik, pemerintahan, hingga HAM.

Harus banyak menghafal teori dong, kak?”

Eits, tenang aja! Di jurusan ini kamu nggak hanya akan belajar di ruang kelas aja. Para dosen juga akan mengajak kamu untuk melakukan praktik kuliah lapangan, supaya kamu bisa lebih memahami fakta yang ada.

Kamu juga pasti akan bertemu dengan petinggi partai politik, pimpinan dewan perwakilan rakyat, bahkan berdiskusi dengan para aktivis. Seru banget ‘kan? Tentunya juga akan menambah pengalaman kamu nih.

Politikus

Politikus (Sumber: money.usnews.com)

 

Nah, berikut adalah mata kuliah wajib yang akan dipelajari di Jurusan Ilmu Politik:

 

Semester I

  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Agama
  • Bahasa Indonesia
  • Pengantar Ilmu Politik
  • Pengantar Sosiologi
  • Filsafat Ilmu Pengetahuan
  • Pengantar Ekonomi Politik

 

Semester II

  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Inggris
  • Pengantar Statistik Sosial
  • Pengantar Antropologi
  • Pengantar Studi Pemerintahan
  • Pemikiran Politik Indonesia
  • Sistem Politik Indonesia
  • Teknik Penulisan Ilmiah

 

Semester III

  • Teori perwakilan Politik
  • Pengantar Studi Demokrasi
  • Negara dan Masyarakat Sipil
  • Konsensus dan Konflik Politik
  • Etika Politik
  • Analisa Kekuatan Politik Indonesia
  • Kebijakan Publik
  • MIP

 

Semester IV

  • Teori Gerakan Sosial
  • Teori Poskolonial
  • Sosiologi Politik
  • Agama dan Demokrasi
  • Ekonomi Politik Pembangunan
  • Perilaku Politik
  • Analisis Kebijakan Publik
  • MPS

 

Semester V

  • Teori dan Metode Politik Perbandingan
  • Teori parpol dan Sistem Pemilu
  • Pembangunan Masyarakat Desa
  • Politik Pemerintahan Desa
  • Birokrasi Indonesia
  • MPP 1

 

Semester VI

  • Politik Anggaran
  • Politik Desentralisasi dan Otoda
  • Politik & Pemerintahan Lokal
  • MPP 2

 

Semester VII

  • Kapita Selekta
  • PKL

 

Semester VIII

  • KKN
  • Skripsi

 

Gelar Lulusan Ilmu Politik

Tau nggak kalau gelar Sarjana Ilmu Politik itu bisa berbeda? Biasanya, pemberian gelar ini tergantung dari kebijakan masing-masing kampusnya. Misalnya aja, gelar Sarjana Ilmu Politik Unnes adalah Sarjana Sosial (S.Sos.), sementara gelar Sarjana Ilmu Politik Unsoed adalah Sarjana Ilmu Politik (S.IP.).

Meskipun begitu, kamu nggak perlu bingung untuk memilih gelar yang mana. Apapun gelar Sarjana Ilmu Politik yang akan kamu peroleh nanti, kamu tetap bisa berkarier di bidang pemerintahan maupun politik yang kamu inginkan.

 

Kampus dengan Jurusan Ilmu Politik Terbaik 

Keren ya jurusan ini, aku bisa daftar ke kampus mana aja?

Ada banyak kampus yang menyediakan jurusan ilmu politik terbaik di Indonesia. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Bakrie
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Politik

Setelah lulus harus masuk partai dan jadi anggota DPR ya?

Nggak usah khawatir! Prospek kerja lulusan Ilmu Politik tuh luas dan fleksibel banget, lho. Kamu bisa tetap bekerja di bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, atau bahkan anggota DPR. Selain itu, kamu juga bisa menjadi aparatur sipil negara, berkarier di kepolisian, lembaga penelitian, jurnalis, dan lainnya.

Banyak juga dari lulusannya yang kemudian berkecimpung di bidang akademis, misalnya dosen atau analis politik. Ada juga yang bekerja di bidang ekonomi, perbankan, ataupun bisnis. Luas banget ‘kan?

Baca Juga: Jurusan Ilmu Hukum, Prodi Menjanjikan dengan Prospek Karier Luas!

Gimana, sudah siap daftar ke Jurusan Ilmu Politik? Dengan menjadi pemuda yang melek politik, kamu akan mengerti apakah sistem pelayanan publik di Indonesia sudah memadai atau belum. Sebab, tatanan politik akan berpengaruh pada kebijakan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Nah, sebagai lulusan Ilmu Politik kamu jadi punya bekal ilmu yang memadai untuk membantu menyalurkan aspirasi teman-teman muda lainnya berdasarkan ilmu yang sudah kamu pelajari.

Apapun jurusannya, tentunya harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat ya. Apalagi di bidang politik yang sangat penting untuk kemajuan negara kita. Mau memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan masuk ke jurusan Ilmu Politik? Yuk, persiapkan dirimu menghadapi UTBK-SNBT dan Ujian Mandiri bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

8 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik. unair.ac.id [daring]. Tautan: http://politik.fisip.unair.ac.id/8-prospek-kerja-lulusan-ilmu-politik/ (Diakses: 15 September 2021)

Program sarjana Ilmu Politik. ui.ac.id [daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ilmu-sosial-dan-ilmu-politik/s1-ilmu-politik.html (Diakses: 15 September 2021)

Sumber foto:

Foto Ilmu Politik [daring]. Tautan: https://polisci.unm.edu/ (Diakses: 15 September 2021)

Foto Mata kuliah Ilmu Politik UI [daring]. Tautan: https://ilmu-politik.fisip.ui.ac.id/program/sarjana/ (Diakses: 15 September 2021)

Foto Politikus [daring]. Tautan: https://money.usnews.com/money/personal-finance/articles/2013/07/16/can-you-afford-to-be-a-politician (Diakses: 15 September 2021)

Artikel ini diperbarui pada tanggal 30 Januari 2024.

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D