Belajar tentang Penyebaran Biji, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 4

penyebaran biji pada tumbuhan

Kali ini, Dira dan Puti membahas penyebaran biji tumbuhan. Apa sih sebenarnya penyebaran biji itu? Yuk, kita cari tau di artikel ini!

--

Kriiing! Bel istirahat sekolah berbunyi.

Para murid SD Nusantara bergegas ke kantin. Begitu pun dengan Dira dan Puti. 

Sesampainya di sana, mereka langsung menyantap bekalnya masing-masing. Dira terlihat sangat menikmati buah anggur yang menjadi bekalnya hari ini.

Sesaat kemudian, Dira berhenti dan memperhatikan biji buah anggur yang dimakannya.

“Put, aku jadi ingat perkataan Mace. Ternyata biji tumbuhan itu fungsinya sebagai calon tumbuhan baru dan perlu disebarkan.”

“Betul tuh  apa kata mama kamu. Terus, mamamu ngasih tau apa lagi?” tanya Puti.

“Mace ngasih tau aku tentang penyebaran biji. Katanya, penyebaran biji adalah pergerakan biji tumbuhan dari induknya untuk menjadi individu baru. Penyebaran biji ini dilakukan agar tumbuhan tumbuh di lingkungan yang baik, supaya individu baru itu tidak mengalami persaingan dengan induknya, mendapatkan cahaya Matahari yang cukup, dan lain-lain,” jelas Dira.

Wiiih… kamu sudah tau tentang penyebaran biji nih karena mamamu,” puji Puti, “Tapi kamu sudah tau belum? Penyebaran biji tumbuhan itu dibantu oleh perantara, loh!”

Eh, aku belum tau, Put. Tolong jelasin ke aku, dong!” 

“Boleh! Jadi gini Dir, tumbuhan dapat menyebarkan bijinya sendiri. Tapi karena tumbuhan nggak bisa berpindah tempat, maka perlu dibantu oleh perantara. Nah, perantaranya yaitu, hewan, angin, air, dan manusia.”

Dira yang semakin penasaran terlihat mendekatkan posisi duduknya untuk mendengar penjelasan Puti.

“Aku jelasin dari penyebaran biji dengan bantuan hewan ya, Dir. Penyebaran ini terjadi pada tumbuhan yang buahnya menjadi makanan hewan. Hewan tersebut akan memakan biji tumbuhan. Kemudian biji tumbuhan akan dibuang oleh hewan, atau biji tumbuhan akan terbuang lewat fesesnya, sehingga nantinya biji tumbuhan itu akan tersebar di tempat lain.”

Wah, aku baru tau! Lalu, kalau penyebaran biji dengan bantuan angin gimana, Put?”

Baca juga: Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan & Fungsinya, Yuk!

“Kalau penyebaran biji dengan bantuan angin terjadi pada biji yang bentuknya kecil, ringan, dan mudah lepas. Angin akan membawa biji tumbuhan dan jatuh di tempat lain,” tutur Puti.

Melihat Dira yang semakin antusias menyimak, Puti melanjutkan penjelasannya.

“Setelah itu ada penyebaran biji dengan bantuan air. Penyebaran ini, terjadi pada tumbuhan yang hidupnya di dekat perairan seperti danau, pantai, dan sungai. Biji akan terbawa oleh arus air dan terdampar di tempat lain.”

“Wow, menarik ya! Sekarang tinggal penyebaran biji dengan bantuan manusia, Put!”

“Benar, Dira. Manusia juga bisa membantu menyebarkan biji tumbuhan. Penyebaran biji ini terjadi dengan sengaja maupun tidak sengaja,” kata Puti menutup penjelasannya.

jenis-jenis penyebaran biji

“Hari ini pengetahuanku tambah banyak deh. Selain belajar dari Mace, kamu juga sudah bantu aku jadi lebih tau tentang jenis penyebaran biji berdasarkan perantaranya,” ucap Dira senang.

Baca juga: Apa Itu Fotosintesis? Yuk, Cari Tahu!

“Kalau kamu udah ngerti, aku punya latihan soal buat kamu nih! Teman-teman di rumah juga bisa ikutan jawab pertanyaannya di kolom komentar, ya!”

contoh soal penyebaran biji

Selesai berdiskusi, bel tanda masuk kelas pun berbunyi. Puti dan Dira segera membereskan bekal makanannya dan kembali ke kelas.

Seru kan cerita Puti dan Dira yang membahas tentang penyebaran biji tumbuhan? Supaya semakin paham materinya, kita lanjutkan belajar materi IPA Terpadu kelas IV lainnya di aplikasi Ruangguru bersama Dafa dan Lulu, yuk! Caranya mudah, kalian tinggal download aplikasi Ruangguru dan berlangganan ruangbelajar sekarang juga!

New call-to-action

Materi oleh: Nunuk Ika Lestari

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Hani Maulia