9 Peraturan UTBK yang Harus Ditaati Peserta di Hari Ujian

Peraturan UTBK

Pejuang UTBK, ada beberapa aturan penting yang harus kamu taati di hari H ujian. Apa saja? Simak informasi lengkap dari LTMPT berikut ini.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN untuk gelombang pertama telah dimulai. Bagi kamu seluruh peserta UTBK, ada beberapa aturan penting nih yang harus kamu ketahui. LTMPT mengingatkan agar seluruh peserta mematuhi peraturan saat tiba di Pusat UTBK dan saat berada di ruang ujian. Kira-kira apa saja nih peraturannya? Yuk, simak arahan dari LTMPT yang dilansir dari akun media sosial resminya berikut ini.

Baca juga: Bahasa Panda: Contoh Soal dan Pembahasannya untuk Persiapan UTBK 2022

 

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Tiba di Pusat UTBK

1. Segera menuju ke gedung atau lokasi ruang ujian

Perlu kamu ketahui bahwa Pusat UTBK PTN menyediakan ruang transit atau ruang tunggu untuk peserta UTBK. Ruang tunggu peserta UTBK ini menerapkan jaga jarak.

2. Turun di area drop zone

Bagi kamu yang diantar, pastikan untuk turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian. Pengantar dilarang mengantar sampai ruang transit.

3. Ikuti prosedur pemeriksaan kesehatan Covid-19

Berhubung UTBK-SBMPTN masih dilaksanakan dalam masa pandemi. Kamu harus menjaga dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ya. Pastikan kamu melakukan upaya pencegahan Covid-19 sebagaimana yang diinstruksikan oleh Panitia Pusat UTBK PTN. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

4. Menuju ruang ujian dengan tertib

Kamu dipersilahkan untuk menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19. JANGAN masuk ruang ujian, jika belum diinstruksikan oleh Pengawas Ruang.

5f03fdfa7683b

Peserta UTBK-SBMPTN (Sumber: kompas.com)

 

Hal yang Harus Dilakukan Saat di Ruang Ujian

1. Segera siapkan dokumen

Setelah kamu masuk ke ruang ujian, segera siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh Pengawas. Benda lain yang tidak diperlukan harus dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang telah disiapkan.

2. Ikuti instruksi Pengawas

Ikuti semua instruksi yang diberikan oleh Pengawas Ruang dengan tertib. Jangan memulai sesuatu tanpa aba-aba dari Pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal, dan patuhi semua tata tertib ujian yang ada.

3. Dilarang berbicara di ruang ujian

Setelah memasuki ruangan ujian, seluruh peserta dilarang untuk berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun.

4. Kerjakan ujian sesuai petunjuk

Kerjakan semua soal ujian sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. So, tetap pakai masker kamu selama di ruang ujian ya.

5. Tidak boleh keluar ruangan

Sebelum waktu ujian selesai, kamu tidak diperkenankan untuk keluar dari ruang ujian. Apabila waktu ujian sudah selesai, tetap duduk sampai dipersilakan keluar ruangan oleh Pengawas. Keluar ruangan dengan tertib dan tetap patuhi protokol kesehatan. Pakai masker dan tetap jaga jarak ya!

Untuk menekan kemungkinan penyebaran virus Covid-19 seoptimal mungkin, LTMPT pun mengimbau agar kamu menaati seluruh peraturan yang telah ditetapkan di atas tadi ya. Tetap semangat dan selamat berjuang ya! Untuk persiapan UTBK-SBMPTN, ada video belajar dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Apa yang dilakukan setelah tiba di pusat UTBK? Instagram.com/ltmptofficial [daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/CdnRhzdv79h/ (Diakses: 17 Mei 2022)

Apa yang dilakukan saat pelaksanaan ujian (Hari H)? Instagram.com/ltmptofficial [daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/CdneMQSPpVm/(Diakses: 17 Mei 2022)

Sumber foto:

Foto Peserta UTBK-SBMPTN 2021 [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/07/202000371/peserta-utbk-sbmptn-2021-ini-4-tips-persiapan-dari-ltmpt?page=all (Diakses: 21 April 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D