Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang | Fisika Kelas 8

Perbedaan Getaran dan Gelombang

Apa sih perbedaan getaran dan gelombang? Yuk, cari tahu pengertian keduanya beserta dengan klasifikasi dan rumus-rumusnya berikut ini.

--

“Getaran gempa bumi menyebabkan gelombang tsunami yang tinggi di pantai pesisir.”

Nah, apa sih hubungannya getaran dan gelombang? Apa bedanya dan bagaimana konsepnya? Walaupun sering kita dengar getaran dan gelombang disandingan, tetapi keduanya memiliki konsep dan definisi yang berbeda, lho. Agar nggak ketuker dan bisa lebih paham, simak penjelasannya berikut ini ya.

 

Getaran

Pengertian Getaran

Getaran merupakan gerakan bolak-balik suatu benda dalam selang waktu tertentu melalui titik kesetimbangannya. Benda dikatakan bergetar dalam satu kali getaran penuh apabila benda bergerak dari titik awal dan kembali lagi ke titik awal tersebut.

getaran bandul(Sumber: roboguru.ruangguru.com)

 

Contohnya, ada sebuah bandul. Awalnya bandul itu diam di titik kesetimbangannya. Titik kesetimbangan adalah titik di mana benda akan berada di posisi diam apabila tidak diberi gangguan atau gaya.

Nah, yang dinamakan satu kali getaran penuh adalah saat benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik C-B-A-B-C (bolak-balik). Simpangan terjauh pada bandul yaitu pada titik A atau titik C. Simpangan terjauh disebut dengan amplitudo. Jika kita lihat pada gambar di atas, amplitudo pada bandul adalah jarak BC atau jarak BA.  Titik B merupakan titik setimbang, jarak dari titik B pada selang waktu tertentu disebut simpangan.

 apa itu getaran?

 

Besaran-Besaran Fisika pada Benda yang Bergetar

1. Periode (T)

Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran. Satuannya adalah detik (sekon).

2. Frekuensi (f)

Banyaknya getaran yang terjadi dalam tiap satuan waktu tertentu. Satuannya adalah 1 per detik atau hertz (Hz).

3. Simpangan (x)

Jarak antara kedudukan benda yang bergetar dengan titik kesetimbangan. Satuan internasionalnya adalah meter.

4. Amplitudo (A)

Simpangan maksimum atau simpangan terjauh dari titik kesetimbangan.

rumus getaran

 

Gelombang

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah suatu gangguan yang merambatkan energi dari satu titik ke titik lainnya. Gelombang juga dapat diartikan sebagai perambatan energi getaran dari satu titik ke titik lainnya. 

Agar kamu lebih paham, coba kamu bayangkan sebuah kolam. Tadinya air di kolam ini tenang, tetapi setelah kamu lemparkan batu ke dalamnya, maka akan muncul riak-riak atau gelombang yang bergerak ke pinggir kolam. Nah, dalam fisika riak-riak ini disebut dengan gerak gelombang.

Gelombang dapat dibedakan berdasarkan medium perambatannya dan berdasarkan arah rambatnya.

 

Klasifikasi Gelombang berdasarkan Medium Perambatnya

1. Gelombang Mekanik

Gelombang yang membutuhkan medium dalam perambatannya. Contohnya adalah zat padat, zat cair, atau zat gas. Seseorang dapat mendengarkan musik dan suara karena gelombang bunyi merambat melalui udara sehingga sampai ke telinga.

2. Gelombang Elektromagnetik

Gelombang yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya dan bisa merambat di ruang yang hampa udara. Contohnya adalah cahaya matahari. Walaupun ruang angkasa adalah ruang yang hampa udara, tapi sinar matahari tetap bisa bersinar sampai ke bumi.

Baca juga: Mempelajari Konsep Gelombang Elektromagnetik, Sifat, dan Manfaatnya

Klasifikasi Gelombang berdasarkan Medium Perambatnya

 

Klasifikasi Gelombang berdasarkan Arah Rambatnya

1. Gelombang Longitudinal

Gelombang yang arah getarannya sejajar atau berhimpit dengan arah rambatnya. Dalam satu gelombang longitudinal terdiri dari satu regangan dan satu rapatan. Contohnya pada gelombang suara di udara.

2. Gelombang Transversal

Gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contohnya pada gelombang tali. Ketika tali digerakkan ke atas dan ke bawah (atau naik dan turun), arah getarannya akan tegak lurus dengan arah gerakan (arah rambat) gelombang.

Baca juga: Perbedaan Gelombang Transversal dan Longitudinal 

Klasifikasi Gelombang berdasarkan Arah Rambatnya

 

Besaran-Besaran pada Gelombang

1. Simpangan (y)

Jarak dari kedudukan benda yang bergetar ke titik kesetimbangannya. Satuan internasionalnnya adalah meter (m).

2. Amplitudo (A)

Simpangan terbesar dari suatu benda yang bergetar. Satuan internasionalnnya adalah meter (m).

3. Periode

Waktu yang dibutuhkan satu gelombang untuk melewati suatu titik.

4. Frekuensi

Banyaknya gelombang yang melewati satu titik dalam suatu satuan waktu.

5. Panjang Gelombang

Jarak yang ditempuh oleh satu gelombang. Satuan internasionalnnya adalah meter (m).

6. Cepat Rambat Gelombang

Jarak yang ditempuh gelombang per satuan waktu.

Rumus cepat rambat gelombang

 

Sifat-sifat Gelombang

1. Gelombang dapat dipantulkan (Refleksi)

Pantulan pada gelombang terbagi menjadi dua yaitu pemantulan ujung tetap dan pemantulan ujung bebas. Ini bedanya:

  • Pemantulan ujung tetap: getaran yang merambat akan dipantulkan ketika mencapai ujung medium. Ciri pemantulannya adalah terjadi pembalikan pulsa saat pemantulan, di mana bukit menjadi lembah dan sebaliknya.
  • Pemantulan ujung bebas: cirinya adalah tidak ada pembalikan pulsa saat pemantulan. Pulsa gelombang adalah lengkungan yang dihasilkan oleh sentakan tali yang menjalar menyusuri tali.

2. Gelombang dapat dipadukan (Superposisi)

Superposisi atau perpaduan antara dua gelombang atau lebih akan menghasilkan gelombang yang amplitudonya lebih besar atau lebih kecil dari sebelumnya. Superposisi dapat dilakukan dengan menjumlahkan simpangan 2 gelombang yang berpadu tadi.

3. Gelombang dapat dibiaskan (Refraksi)

Contoh gelombang yang dapat dibiaskan adalah pembiasan pada gelombang air laut. Saat gelombang laut menuju pantai, gelombang akan diperlambat dan kecepatannya berkurang. Ini menyebabkan penambahan amplitudo gelombang dan terjadinya pembiasan pada gelombang air lanjut. Maka dari itu, gelombang air laut pun bertambah tinggi.

4. Gelombang dapat dilenturkan (Difraksi)

Gelombang yang melewati suatu penghalang dapat dilenturkan atau dibelokan untuk menghindari rintangan dan akan kembali lagi seperti semula setelah melewati rintangan tersebut.

 

Kesimpulan Perbedaan Gelombang dan Getaran

Setelah membaca materi di atas, jadi kira-kira apa sih bedanya getaran dan gelombang?

Ingat ya, getaran merupakan gerakan bolak-balik suatu benda melewati titik kesetimbangan. Sementara gelombang adalah suatu gangguan yang merambatkan energi dari satu titik ke titik lainnya. Intinya, getaran berbeda dengan gelombang. Jika getaran tidak merambat, maka bukan gelombang. Tetapi jika getarannya merambat, maka itu termasuk gelombang.

Jadi, gerak bandul itu getaran atau gelombang?

Yap, jawabannya adalah getaran ya. Sebab, bandul itu bergerak bolak-balik hanya di satu titik kesetimbangannya dan tidak merambatkan energi.

--

 Gimana, semoga kamu sudah menjadi lebih paham ya. Kalau masih butuh penjelasan lebih lengkap sekaligus latihan soal dan rangkumannya, langsung aja buka ruangbelajar

ruangbelajar

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)