Tujuan Peringatan Hari Kanker Sedunia dan Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Fahri Abdillah Feb 4, 2021 • 3 min read


Hari kanker sedunia

Artikel ini menjelaskan kenapa ada peringatan Hari Kanker Sedunia, bagaimana sejarahnya, dan apa tujuannya.

--

Empat tahun lalu, pada bulan-bulan awal tahun 2016, masyarakat di beberapa negara melakukan aksi memotong rambut mereka. Iseng kah? Atau karena rambut panjang udah nggak jadi trend lagi? 

Tapi ternyata alasannya bukan trend, ataupun kebosanan. Melainkan, mereka sedang merayakan, menunjukkan sebuah sikap solidaritas pada saudara-saudara mereka yang sedang berjuang melawan penyakit kanker di tubuhnya. Gerakan ini bernama #NoHairSelfie

Aksi memotong rambut ini menjadi simbol keberanian dan solidaritas yang ditujukan pada orang-orang yang mengidap penyakit kanker, sebagai dukungan dan harapan saudara mereka bisa segera sembuh setelah melewati masa pengobatan, atau terapi. 

Memang, kanker adalah penyakit mematikan yang sangat mengancam hidup manusia. Menurut data yang dipaparkan oleh Union for International Cancer Control (UICC), setidaknya ada 10 juta orang yang meninggal dunia akibat kanker setiap tahunnya. Maka dari itu, UICC mulai menginisiasi adanya peringatan Hari Kanker Sedunia pada setiap tanggal 4 Februari, dan pertama kali diperingati pada tahun 2000.

Tujuan diperingatinya Hari Kanker Sedunia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker. Selain itu, juga mendorong masifnya pencegahan, pendeteksian dan pengobatan terhadap kanker. 

Selain untuk membuat masyarakat mulai perhatian pada kanker, peringatan ini juga bertujuan untuk solidaritas dan penurunan angka kesakitan juga kematian akibat kanker secara signifikan.

Mungkin belum banyak dari kamu yang tahu, kalau di tanggal 4 Februari di setiap tahun, banyak kegiatan peringatan Hari Kanker Sedunia yang diinisiasi oleh berbagai komunitas, organisasi, bahkan sekolah, dan juga rumah sakit. Acaranya beragam dengan tujuan yang sama. 

Nah, pada tahun 2021 ini, tema Hari Kanker Sedunia sama seperti 2 tahun sebelumnya, yaitu “I Am And I Will”, yang bisa diartikan sebagai komitmen pada setiap individu untuk melakukan sebuah tindakan. 

Tema peringatan ini juga punya turunannya, yaitu “Together, all out our actions matter”. Harapannya masyarakat bisa bergotong royong melakukan suatu tindakan, karena setiap tindakan itu akan menjadi sangat penting.

Fakta hari kanker sedunia

Tahun ini mungkin peringatannya cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Semua mata sedang tertuju pada pandemi Covid 19. Sekolah-sekolah diliburkan, komunitas dan organisasi mulai banyak mengadakan kegiatan dan kampanye secara digital. Namun, konsentrasi untuk memberi solidaritas pada orang-orang yang berjuang menghadapi kanker tetap bisa dilakukan. 

Seperti yang dilakukan oleh UICC dengan menyediakan poster dukungan yang bisa digunakan dan dipublikasikan oleh kamu di akun-akun sosial mediamu. Nah, kalau ada teman, saudara, bahkan orang yang kamu tidak kenal tapi pernah membaca ceritanya, bisa kamu berikan dukungan dengan mendownload poster-poster peringatan Hari Kanker Sedunia di sini. Kalau udah telat gimana? Kamu juga tetap bisa membuat poster sendiri lewat website www.worldcancerday.org/custom-poster.

Baca juga: Apa itu Post Truth, Dampak, dan yang Harus Kita Perbuat

Begitulah kiranya kenapa sampai ada peringatan Hari Kanker Sedunia. Karena, setiap individu kita, berpotensi terserang jika tidak paham bagaimana cara mencegah dan mengenali struktur tubuh kita.

Dengan mulai belajar mengenali struktur dan fungsi dari organ tubuh, kita bisa berusaha untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit. Biologi adalah salah satu sumber pengetahuan yang bisa membuat kita mulai memahami organ tubuh kita sejak dini.

Mungkin terkesan cukup rumit untuk menghafal dan memahami istilah-istilah organ tubuh beserta fungsinya, tapi kalau kita belajar dengan media yang menarik dan terstruktur, semua itu akan menjadi lebih mudah. Nah, salah satu media pembelajaran yang bisa membuatmu mudah memahami materi Biologi, adalah aplikasi Ruangguru. 

Dengan berlangganan ruangbelajar, kamu bisa belajar Biologi mulai dari pengetahuan dasarnya sampai pemahaman-pemahaman yang lebih mendalam. Selain itu, kamu juga mendapat rangkuman infografis yang akan memudahkan kamu memahami poin-poin penting dari pembelajaran Biologi. Jika kamu sudah paham, kamu akan lebih peduli terhadap kesehatan organ tubuh kamu. 

New Call-to-action

Beri Komentar