Ini 10 Persiapan Magang yang Wajib Kamu Lakukan!

tips persiapan magang

Ternyata magang juga harus penuh persiapan lho, apa saja di antaranya? Simak artikel berikut, yuk!

--

Saat dengar kata magang, apa sih yang terlintas di pikiran kamu? Suasana kantor yang seru, belajar dengan senior yang sudah handal di bidangnya, dan bisa merasakan situasi kerja yang sebenarnya, adalah beberapa hal yang diinginkan para anak magang (intern). Tapi, magang pun tidak bisa sembarang magang lho, teman-teman. Penting untuk mempersiapkan diri dan beberapa hal lainnya sebelum internship. Hmm, apa aja sih yang harus dipersiapkan saat mau magang? Yuk, simak persiapan magang berikut ini!

 

1. Mempersiapkan surat lamaran dan CV

Saat hendak magang, kamu juga harus mengirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV). Dengan mengirimkan surat lamaran dan CV, recruiter akan tahu siapa sih kandidat yang hendak belajar di perusahaan mereka dan seperti apa latar belakangnya. Oleh karena itu, susunlah surat lamaran dan CV yang “menjual diri” kamu dan bikin perusahaan tertarik.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Menyusun Profil LinkedIn Untuk Siswa!

 

2. Cari informasi magang di perusahaan incaran sesuai divisi yang kamu inginkan


Sebelum melamar magang, kamu harus tahu akan magang di mana. Segera cari informasi perusahaan dan divisi yang membuka lowongan magang sesuai incaranmu. Kamu bisa memanfaatkan berbagai situs pencarian kerja. Selain itu, kamu juga bisa cek melalui kontak perusahaan yang kamu incar.

Jangan lupa untuk memilih perusahaan yang kredibel dan divisi yang sesuai dengan jurusan kamu. Jika kamu kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu bisa masuk ke divisi marketing atau content production. Kalau kamu kuliah di jurusan Ekonomi, kamu juga bisa masuk ke divisi keuangan. Sesuaikan saja dengan apa yang ingin kamu dalami pada teori perkuliahanmu.

 

3. Persiapkan finansial

tips persiapan magang

Mempersiapkan finansial plan untuk keperluan magang. (Sumber: gajigesa.com)

 

Finansial juga harus siap untuk mendukung persiapan magang. Apalagi jika memilih magang di perusahaan yang berlokasi di luar kota, kamu perlu biaya tambahan kehidupan sehari-hari, seperti tempat tinggal, transportasi, dan makan. Meski demikian, kamu juga bisa mencari perusahaan yang memberikan gaji ke anak magang untuk tambahan.

Baca Juga: Mau Jadi Anak Rantau? Ini 8 Tips Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

 

4. Perlengkapan belajar saat magang

Alat tulis, laptop, buku, jadi beberapa hal yang dibutuhkan ketika magang. Barang-barang tersebut akan menunjang kinerja kamu selama magang. Jangan lupa persiapkan dengan baik, ya!

 

5. Persiapan mental dan fisik

Fisik dan mental harus dalam kondisi maksimal ketika magang. Kamu pun harus ingat bahwa dunia kerja dan kuliah sangat berbeda. Salah satunya adalah soal kehadiran. Saat di dunia perkuliahan, ketika tidak masuk kuliah, maka tidak ada yang mempermasalahkan. Tidak ada penilaian performa terkait kehadiran, kecuali mungkin syarat untuk mengikuti ujian semester. Sementara di dunia kerja, kamu harus senantiasa hadir untuk menunjukkan performa dan tanggung jawabmu terhadap pekerjaan.

 

6. Kehadiran dan disiplin

Jangan sia-siakan kesempatan bila kamu sudah diterima magang di perusahaan impian kamu. Kehadiran dan kedisiplinan menjadi poin penting yang akan perusahaan catat. Pastikan datang tepat waktu dan selalu izin jika tidak berangkat ke kantor. Fokuslah untuk hadir ke kantor dan menyelesaikan masa magang dengan baik.

 

7. Bekerja keras

tips persiapan magang - bekerja keras

Kerjakan tugasmu dengan baik dan maksimal saat masa magang. (Sumber: talenta.co)

 

Jika kamu sudah berkomitmen magang, kamu juga harus siap bekerja keras. Kerjakan tugasmu di kantor dan lakukan dengan baik meski seremeh apapun. Pekerjaan besar atau kecil tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

 

8. Tawarkan bantuan kepada senior atau rekan kerja

Jangan segan untuk menawarkan bantuan kepada rekan kerja, atau bahkan senior. Meski bukan bagian job desc-mu, rekan kerja akan dengan senang hati menerima bantuanmu.

 

9. Bertanggung jawab

Pekerjaanmu akan selalu diawasi oleh seorang mentor. Oleh karena itu, kamu harus bertanggung jawab dengan setiap pekerjaanmu. Selalu selesaikan pekerjaan sebelum tenggang waktu tiba, ya. Kinerja yang baik akan mempengaruhi almamatermu, lho! Pastikan selesaikan pekerjaan dengan baik sesuai etika kerja yang kamu anut. Apalagi magang akan memberikan poin tambahan saat masuk ke dunia kerja nanti.

 

10. Berpakaian yang cocok

Hal yang juga penting untuk persiapan magang adalah gaya berpakaian. Pastikan untuk berpenampilan dan memakai pakaian yang cocok dengan budaya kerja perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawan atau anak magang memakai kaos. Namun, jangan sembrono dan tetap berpenampilan rapi, ya.

Itulah sembilan hal yang harus kamu perhatikan untuk persiapan magang, teman-teman. Magang menjadi waktu yang tepat untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya, terlebih di dunia kerja. Jadi, jangan siakan kesempatan dan tingkatkan rasa ingin tahumu. Selamat magang dan sukses!

ruangbelajar

Referensi:

10 Persiapan Sebelum Magang yang Wajib Kamu Lakukan [daring-]. Tautan: 10 Persiapan Sebelum Magang Yang Wajib Kamu Lakukan (renesia.com) diakses pada 2 Maret 2022.

9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui [daring]. Tautan: 9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui (idntimes.com) diakses pada 2 Maret 2022.

 

Sumber Gambar:

Gambar 'Persiapan finansial untuk magang' [Daring]. Tautan: https://gajigesa.com/internship-adalah/ (Diakses pada 10 Maret 2022)

Gambar 'Bekerja keras saat magang' [Daring]. Tautan: https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/bagaimana-aturan-karyawan-internship-atau-magang-di-indonesia/ (Diakses pada 10 Maret 2022)

Profile

Dinda Silviana Dewi