Strategi Jitu Lolos Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 dengan Program Intensif Ruangguru!

Strategi Lolos Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023

Untuk menyambut seleksi masuk PTN 2023, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan baru. Apa saja perubahan kebijakan tersebut? Apa yang perlu dipersiapkan untuk menghadapinya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

--

Seperti yang kita tahu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbud-Ristek mengumumkan beberapa perubahan seleksi masuk PTN tahun 2023. Perubahan yang disampaikan oleh Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim ini termasuk perubahan pada jalur SNMPTN (seleksi berdasarkan prestasi), SBMPTN (seleksi nasional berdasarkan tes), dan Seleksi Mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri. 

Oh iya, for your information nih guys, ada perubahan istilah juga untuk SNMPTN dan SBMPTN mendatang. Kini, istilah SNMPTN berubah menjadi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SBMPTN menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa baca di artikel 'Mengenal SNBP dan SNBT, Ini Perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN'.

Perubahan kebijakan ini bertujuan untuk menyempurnakan mekanisme seleksi sebelumnya yang sudah dilakukan di sekolah dan kampus. Adapun tujuan yang ingin dicapai pemerintah juga mencakup beberapa hal lain, di antaranya:

  1. Ingin mendorong pembelajaran di sekolah yang menyeluruh dan mendalam.
  2. Lebih berfokus pada kemampuan penalaran, bukan pada pemadatan materi.
  3. Lebih inklusif (meminimalisir diskriminasi) dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.
  4. Proses seleksi lebih transparan.
  5. Proses seleksi lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan.

Baca Juga: Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN & Mandiri

 

Perubahan pada Sistem SBMPTN (SNBT) 2023

Terus, apa saja sih perubahan yang terjadi pada UTBK/SNBT 2023 kalau dibandingkan seleksi tahun sebelumnya? Simak baik-baik penjelasan berikut ini!


Sistem SBMPTN Sebelumnya

SBMPTN sebelumnya menerapkan ujian dengan banyak mata pelajaran. Hal ini akhirnya dianggap menjadi beban bagi siswa dan guru. Mereka menjadi tertekan untuk mengejar UTBK/SNBT. Kualitas pembelajaran yang mendalam akhirnya turun dan membuat mereka terpecah ke dalam banyak mata pelajaran. 

Akhirnya, pemahaman siswa terhadap hal yang dipelajari jadi kurang. Padahal seleksi masuk PTN seharusnya tidak menurunkan kualitas pembelajaran dan harus menjadi lebih inklusif serta adil bagi semua peserta didik.


Perubahan SBMPTN (SNBT) Saat Ini

Untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih inklusif dan adil bagi semua peserta didik, Kemendibud-Ristek memutuskan untuk meniadakan tes mata pelajaran dalam seleksi SNBT ke depan. Sebagai gantinya, Tes Skolastik akan menjadi satu tes yang digunakan. Tujuannya untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah calon mahasiswa. 

Lalu, terdiri dari apa saja Tes Skolastik itu?

Materi yang diujikan pada Tes Skolastik digunakan untuk mengukur kemampuan dalam empat hal, di antaranya:

  1. Potensi kognitif
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  4. Literasi dalam Bahasa Inggris

Maka dari itu, pemerintah hanya akan memberikan tes yang berhubungan dengan kemampuan berpikir logika dan pemecahan masalah, bukan hafalan. 

Walaupun tidak ada hafalan, bukan berarti tidak perlu belajar untuk bisa mengerjakan Tes Skolastik, ya. Kamu harus punya persiapan yang matang dan sering latihan. Dengan begitu, kamu akan semakin terlatih untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah.

 

Program Intensif Ruangguru untuk Persiapan UTBK/SNBT 2023

Nah, Ruangguru punya berbagai macam fitur seru dan interaktif untuk membantu melengkapi strategi kamu dalam menghadapi Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023, lho! Ada Tryout dengan soal Tes Skolastik, Live Teaching Pembahasan Soal setelah Tryout, gabung di grup Pelatnas UTBK/SNBT, dan latihan melalui bank soal Tes Skolastik terbaru.

Dengan mengikuti beragam fitur yang disediakan Ruangguru tersebut, persiapan UTBK/SNBT kamu jadi semakin matang deh. Gimana sih cara aksesnya? Kita bahas satu per satu yah!

Baca Juga: Kumpulan Soal Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 serta Pembahasannya

 

1. Tryout dengan Soal Tes Skolastik

Agar kamu bisa memprediksi tipe-tipe soal yang keluar di UTBK nanti, kamu pasti perlu yang namanya berlatih soal atau mengikuti tryout. Nah, di aplikasi Ruangguru, kamu bisa mengikuti Tryout Soal Skolastik juga, lho! Soal latihan yang tersedia di app merupakan soal terbaru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Tes Skolastik pada saat ini. Jadi, kamu nggak perlu khawatir!

Cara mengaksesnya mudah banget! Kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih kelas UTBK & Ujian Mandiri
  2. Pilih Paket “Tes Skolastik”
  3. Masuk ke UTBK Center
  4. Pilih bagian “Tryout”
  5. Kemudian bisa lihat pada bagian “Rekomendasi Tryout untukmu”
  6. Pilih Tryout Tes Skolastik (Sesuai Seleksi UTBK/SNBT Terbaru)

 

tes skolastik

Yuk, buruan daftar tryout Tes Skolastik di aplikasi Ruangguru! (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

 

2. Live Teaching Pembahasan Soal setelah Tryout

Setelah mengikuti Tryout Soal Skolastik, kamu pasti penasaran dengan pembahasannya, kan? Sebenarnya, di luar sana, pembahasan mengenai Tes Skolastik masih jarang ada. Eitss, tapi  jangan khawatir, Ruangguru menyediakan Live Teaching Pembahasan Soal setelah Tryout Tes Skolastik. Jadi, kamu bisa mengevaluasi jawaban-jawaban yang salah.

Di sana, kamu juga akan dipandu oleh kakak-kakak Master Teacher terbaik, lho! Melalui Live Teaching Pembahasan Soal, kamu akan diajarkan tips dan cara-cara menjawab soal dengan cepat. Cara mengaksesnya juga tidak sulit. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya.

 

Cara Daftar Tryout Reguler:

  1. Daftar Try Out Reguler
  2. Kerjakan soal-soal Try Out
  3. Hasil Try Out akan keluar di tanggal yang sudah ditentukan
  4. Kemudian buka result page Try Out
  5. Klik Live Teaching
  6. Purchase dengan 1 kuota Try Out
  7. Klik Live Teaching
  8. Masuk ke Brain Academy Live Teaching

 

Tryout Premium:

  1. Daftar Try Out Premium
  2. Kerjakan soal-soal Try Out
  3. Hasil Try Out akan keluar di tanggal yang sudah ditentukan
  4. Kemudian buka result page Try Out
  5. Klik Live Teaching
  6. Masuk ke Brain Academy Live Teaching

 

3. Grup Pelatnas UTBK/SNBT 2023

Grup Pelatnas UTBK/SNBT 2023 ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menjalin relasi dengan teman-teman seluruh Indonesia yang sedang mempersiapkan UTBK/SNBT. Di grup Telegram ini, kamu bisa saling bertukar informasi mengenai persiapan UTBK/SNBT 2023.

Untuk bergabung ke grup Telegram Pelatnas UTBK/SNBT, kamu bisa klik button di bawah, ya.

Join Grup #PelatnasUTBK

Saat ini, jumlah anggota grup sudah mencapai 2,227 anggota, lho! Setiap harinya, pembahasan dalam grup juga berbeda-beda. Mulai dari tips belajar, latihan soal SNBT, pembahasan bersama Master Teacher terbaik, sharing session dengan alumni, Master Teacher, mahasiswa jurusan tertentu, dan masih banyak lagi. 

Oh iya, di Grup Pelatnas UTBK/SNBT 2023, kamu juga bisa mendapatkan tips masuk dan memilih PTN hingga informasi kegiatan-kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh Ruangguru. Yuk, buruan gabung sekarang!

Baca Juga: 100 Sekolah Terbaik di Indonesia dan Provinsi Berdasarkan Nilai UTBK

 

4. Bank Soal Tes Skolastik Terbaru

Selain tiga fitur di atas, Ruangguru juga punya Bank Soal Tes Skolastik Terbaru, lho! Fitur ini akan membantu kamu dalam menghadapi Tes Skolastik di UTBK/SNBT 2023 mendatang. Di bank soal ini kamu bisa mendapatkan materi latihan Tes Asah Numerasi dan Tes Asah Literasi. Cara aksesnya juga mudah. Kamu hanya butuh satu langkah saja. Kamu tinggal ikuti tautan berikut:

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perubahan apa saja yang terjadi di UTBK/SNBT 2023 nanti. Kamu juga sudah tahu kalau Ruangguru punya fitur-fitur menarik yang akan melancarkan strategi dalam menghadapi UTBK/SNBT mendatang. Yuk, tunggu apalagi? Gabung sekarang juga!

Pelatnas UTBK

Profile

Adya Rosyada Yonas

I draw when I get bored.