Table Reading dan Cara Membuat Laporannya | Bahasa Inggris Kelas 12

table reading dalam bahasa inggris

Pada artikel Bahasa Inggris kelas 12 ini, kamu akan belajar cara membaca dan membuat laporan dari data tabel dalam bahasa Inggris. Yuk, simak artikelnya!

Pernahkah kamu melihat laporan yang disajikan dalam bentuk tabel? Terkadang, kamu suka merasa pusing dan bingung kan, melihat data-data pada tabel tersebut? Apalagi kalau datanya ditulis dalam bahasa Inggris. Wah, makin pusing, deh! Padahal materi table reading dalam bahasa Inggris sering muncul dalam ujian, lho! Tidak terkecuali ujian sertifikasi bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS.

Eits, tenang! Jangan pusing dulu! Kali ini, kita akan sama-sama belajar tentang table reading alias cara membaca data bentuk tabel dalam bahasa Inggris. Selain itu, kita juga akan belajar cara membuat laporan dari data tabel tersebut. Sudah siaappp?

“Sudaaahhh..!!”

Kalau sudah siap, yuk langsung aja kita mulai!

 

Cara Membaca Tabel dalam Bahasa Inggris (Table Reading)

Sebelum belajar cara membuat laporan berdasarkan data tabel, kita belajar cara membaca data tabelnya terlebih dahulu, ya! Ada 3 langkah yang harus kamu ikuti, yaitu:

 

1. Perhatikan tabel yang akan dibaca dengan seksama

Untuk membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan tabel tersebut dengan seksama. Coba kamu perhatikan contoh tabel tentang College Bookfair Sales Data di bawah ini!

contoh table reading dalam bahasa inggris

Perhatikan mulai dari baris paling atas sampai baris paling bawah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kolom demi kolom yang ada pada tabel tersebut. Pada contoh tabel tersebut, setelah diperhatikan dengan seksama, kita bisa tahu bahwa tabel ini menyatakan data mengenai jumlah penjualan buku pada bookfair universitas berdasarkan status member dan kategori bukunya. Hal ini bisa kita lihat dari judul, serta fitur-fitur yang ada pada top row dan top column pada tabel.

Baca juga: Cara Membaca dan Menjelaskan Bar Chart dalam Bahasa Inggris

 

2. Analisis hubungan antarbaris, hubungan antarkolom, dan hubungan antar baris dengan kolom

Biasanya, tabel akan memiliki hubungan antarbaris, antarkolom, maupun antar baris dengan kolom. Tapi, tidak semua tabel memiliki ketiganya, ya. Oleh karena itu, kamu harus perhatikan hubungan mana saja yang dimiliki oleh tabel tersebut. Pada contoh tabel di atas, kita bisa melihat bahwa terdapat hubungan antarbaris, antarkolom, maupun antar baris dengan kolom.

Hubungan antarbaris bisa dilihat dari data pada baris paling bawah yang menyatakan total penjualan per status member. Hubungan antarkolom bisa dilihat dari data pada kolom paling kanan yang menyatakan total penjualan per kategori buku. Sedangkan hubungan antar baris dengan kolom bisa dilihat dari data pada baris 3 sampai 5 dan kolom 2 sampai 5 yang saling menghubungkan data penjualan per status member dan per kategori buku.

 

3. Bacalah data pada tabel berdasarkan hubungan yang telah dianalisis

Setelah menganalisis hubungan data pada tabel, barulah kita bisa membaca data tersebut berdasarkan hasil analisis kita. Misalnya, kita diminta untuk menjawab pertanyaan “How much is the sales of fiction and non-fiction books by the non-book club members which are college students?”. Maka, data yang kita baca adalah data pada kolom 3 baris 3 dan 4, yaitu 31 dan 194. Begitu, teman-teman! Mudah, bukan?

Baca juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris

Next, kita belajar cara membuat laporan dari data tabel, yuks!

 

Cara Membuat Laporan berdasarkan data Tabel dalam Bahasa Inggris

Belajar membaca tabel udah, kalau cara bikin laporannya gimana, nih? Caranya kurang lebih sama dengan membaca ya, guys! Bedanya, kalau membuat laporan tentunya kita harus menulis hasil bacaan kita dalam bentuk narasi. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

 

1. Bacalah data pada tabel secara menyeluruh

Pertama, tentunya kita harus membaca data pada tabel terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kita bahas di atas. Bacalah data pada tabel secara menyeluruh mulai dari baris pertama hingga terakhir, serta kolom pertama hingga terakhir pula.

 

2. Beri judul pada laporan sesuai data yang disajikan pada tabel

Tuliskan judul laporan sesuai data apa yang disajikan pada tabel tersebut. Kalau dari contoh tabel yang kita punya, berarti judul laporan yang sesuai adalah “College Bookfair Sales Data Report”.

 

3. Tulis paragraf pembuka yang mengenalkan fitur-fitur tabel

Untuk permulaan, kita bisa memulai dengan menuliskan paragraf pembuka yang berisi pengenalan terhadap fitur-fitur yang ada di tabel tersebut. Fitur-fitur tersebut berada pada top row dan top column pada tabel. Contoh kalimat pembukanya adalah “The table shows the sales figures of fiction books, non-fiction books, and magazines in a college bookfair. The figures are divided into two groups: sales to non-book club members and to book club members”. Pastikan paragraf pertama yang kamu tulis harus mengandung informasi-informasi penting yang ada di bagian top row dan top column pada tabel tersebut, ya!

 

4. Tuliskan data dalam bentuk narasi secara berurutan

Selanjutnya, kamu bisa membahas data berdasarkan kelompok-kelompok besar dari fitur-fitur tabel tersebut. Misalnya, diawali oleh pembahasan tentang Non Book Club Members terlebih dahulu. Contohnya, “The non-book club member figures comprise sales to college staff, college students, and members of the public. College staff bought 332 magazines, 44 fiction and 29 non-fiction books. College students bought 1249 magazines, 194 non-fiction and 31 fiction books. More magazines were sold to college students than to any other group of customers. Although no fiction books were sold to members of the public, they purchased 122 non-fiction books and 82 magazines.”

Baca juga: Cara Membuat Caption Foto dalam Bahasa Inggris

Lalu, di paragraf ketiga, kamu bisa membahas data berdasarkan kelompok besar lainnya, yaitu Book Club Members. Buat penjelasannya sedetail dan semenarik mungkin berdasarkan sudut pandangmu. Contoh penjelasannya bisa ditulis menjadi, “Book club members bought more fiction (76) and non-fiction books (942) than other customers. On the other hand, magazine sales to club members (33) were fewer than for any other type of customer.”

 

5. Tambahkan data total dan kesimpulan yang bisa dianalisis dari data yang tersedia

Kalau sudah ditulis semua data-data yang penting, sebagai penutup, kita bisa tuliskan data total yang ada pada baris paling bawah dan kolom paling kanan, serta kesimpulan dari data yang tersedia pada tabel. Contohnya, kamu bisa menulis paragraf terakhir menjadi, “The total number of publications sold was 3134 (1474 to college students, 405 to staff, 204 to the public, and 1051 to book club members). Of this figure, 151 items were fiction books and 1287 were non-fiction. Therefore, magazines accounted for the greatest number of sales (1696).”

Wah, ternyata mudah, ya! Jangan lupa untuk terus latihan soal terkait materi ini, terutama untuk kamu yang akan menghadapi ujian. Supaya makin semangat belajarnya, yuk belajar bahasa Inggris bersama guru privat terbaik hanya di Ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Artikel ini telah diperbarui pada 8 September 2022.

Kenya Swawikanti