Belajar Tentang Peta Pikiran, Yuk! | Bahasa Indonesia Kelas 6

Peta Pikiran

Cika penasaran, gimana sih cara Dafa bisa cepat memahami tulisan yang ada di buku? Ternyata Dafa menggunakan peta pikiran. Memangnya apa ya peta pikiran itu? Yuk, kita bahas!

Dafa dan Cika sedang belajar bersama di perpustakaan. Namun, Cika terlihat masih bingung. Berbeda dengan Dafa yang sangat cepat memahami apa yang ada di buku.

Cika yang penasaran bertanya kepada Dafa, “Ehm, Dafa… aku boleh tanya sesuatu nggak?” ucap Cika malu-malu, “Kamu kok sepertinya cepat sekali bisa memahami tulisan yang ada di buku itu? Gimana caranya?”

“Oh, itu karena aku menggunakan peta pikiran, Cik. Kalau kamu kesulitan untuk memahami isi tulisan yang ada di buku, kamu juga bisa kok gunakan peta pikiran untuk membantu memahami informasinya,” jawab Dafa.

Cika malah semakin tidak mengerti, “Hah, apa itu peta pikiran?”

“Biar aku jelaskan, ya!” pungkas Dafa sambil tersenyum.

Peta pikiran itu adalah bagan yang dapat memudahkan kita untuk memahami informasi dari sebuah teks.  Dengan menggunakan peta pikiran, kita dapat menyusun informasi dan gagasan yang terdapat dalam suatu teks agar dapat lebih mudah dipahami,” ujar Dafa.

Cika mulai sedikit mengerti, “Hmm… Lalu, bagaimana caranya membuat peta pikiran?”

“Cara membuat peta pikiran itu bisa dilakukan dengan menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari tiap paragraf yang ada di buku ini,” Dafa menjelaskan sambil menunjuk buku Cika.

“Terus, selanjutnya apa lagi?” tanya Cika penasaran.

“Setelah kita menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, selanjutnya kita perlu menggambar peta pikirannya. Kemudian, gagasan pokok tersebut kita tuliskan pada bagian tengah peta pikiran, ya. Sementara, gagasan pendukung kita tuliskan pada tiap-tiap cabang peta pikiran,“  lanjut Dafa.

 

Fungsi dan Cara Membuat Peta Pikiran

 

Baca juga: Apa Itu Teks Laporan Hasil Pengamatan?

“Jadinya begini, ya?” tanya Cika yang sudah selesai menggambar sesuai arahan Dafa.

 

Gambar Peta Pikiran

 

“Benar banget, Cika! Ini adalah contoh peta pikiran,” Dafa menimpali dengan bersemangat.

“Wah, ternyata dengan membuat peta pikiran dari sebuah bacaan, aku jadi lebih cepat memahami dan menyusun informasi beserta gagasannya! Kalau begini, sekarang aku sudah paham, deh! Terima kasih, Dafa!” ujar Cika sambil tertawa senang.

“Sama-sama Cika! Sekarang kita lanjut membaca, yuk!” ajak Dafa dengan penuh semangat. 

Sekarang Cika sudah berhasil memahami apa itu peta pikiran. Kalau kalian bagaimana? Sudah bisa memahami apa itu peta pikiran juga, bukan? Coba kalian perhatikan peta pikiran di bawah ini, kira-kira apa sih gagasan pokok dan gagasan pendukungnya? Coba tuliskan jawabannya di kolom komentar, ya!

 

Contoh Peta Pikiran

 

Ternyata tidak terlalu rumit ya memahami apa itu peta pikiran teman-teman. Setelah ini, apakah kalian masih mau belajar yang lain ditemani Dafa dan Cika? Kalian bisa mendapatkan lebih banyak lagi materi pelajaran disertai permainan-permainan menarik, tak lain dan tak bukan, hanya di fitur Dafa Lulu Ruangguru. Yuk, segera download dan berlangganan aplikasinya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Afny Irfani dan Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Rias Hada Firdausya