Anti Bosan, Ini 7 Pilihan Tempat Asik untuk Belajar

rekomendasi tempat belajar supaya tidak bosan

Bosan suasana belajar yang itu-itu aja? Yuk, pacu kembali semangat kamu dengan belajar di beberapa pilihan tempat asik berikut ini.

--

Salah satu kunci untuk belajar yang optimal adalah menemukan tempat yang tepat. Dari berbagai gaya belajar, kita harus menyesuaikan pula tempat-tempat yang bisa kita pakai untuk belajar. Belajar tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas. Banyak tempat yang juga digandrungi untuk melaksanakan aktivitas belajar. Kali ini kami merangkum beberapa di antaranya, khusus buat kamu tempat kece untuk belajar.

 

1. Perpustakaan

rekomendasi tempat belajar asik - perpustakaanPerpustakaan, tempat belajar andalan (Sumber: unsplash.com)

Perpustakaan hampir selalu jadi pilihan utama untuk belajar. Jelas, dengan segala fasilitasnya, perpustakaan memang jadi salah satu tempat paling ideal untuk belajar. Ada persediaan buku, ruang baca, kubikel untuk sendiri maupun ruang belajar kelompok. Suasana belajar yang kuat pun pasti mendukung semangat belajar kita. Peraturan untuk mendukung suasana itu pun jadi tambahan yang pas.

Baca Juga: 7 Tips Agar Kamu Lebih Berkosentrasi dalam Belajar

 

2. Kamar Tidur

rekomendasi tempat belajar asik - kamarBelajar di kamar (Sumber: unsplash.com)

Bagi sebagian orang, kamar tidur sendiri adalah tempat belajar paling nyaman untuk ditempati. Kenyamanan dan privasi jadi alasan tersendiri bagi mereka yang suka belajar di kamar. Tetapi, kamu harus berhati-hati juga, karena bisa jadi karena privasi yang ada, kamu malah banyak terdistraksi, dengan mainan PC kamu misalnya, atau malah kamu jadi ingin tidur.

 

3. Taman

rekomendasi tempat belajar anti bosan - tamanMenghirup udara segar sambil belajar di taman (Sumber: unsplash.com)

Taman kota atau ruang terbuka hijau bisa jadi salah satu rekomendasi tempat yang sangat nyaman untuk belajar. Kesejukan dan ketentraman bisa kita rasakan dengan belajar di taman. Ruangan yang terbuka juga membuat kita bisa bebas bereksplorasi, mungkin bersama teman-teman. Asalkan jangan pilih waktu yang rawan keramaian, kamu akan merasa senang belajar di taman.

 

4. Student's Lounge

rekomendasi tempat belajar anti bosan - student's loungeStudent's lounge, khusus pelajar (Sumber: unsplash.com)

Di fakultas/jurusan kamu ada student's lounge kah? Banyak orang yang sering belajar disitu, atau di selasar kosong sekitarnya. Belajar di sana selalu jadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa, karena tidak akan dirasakan lagi setelah lulus. Biasanya, di tempat seperti student's lounge atau selasar kosong itu pula lah mahasiswa banyak membuat kenangan bersama teman-teman, lho!

Baca Juga: Tips Agar Kegiatan Belajar di Rumah Tidak Membosankan

 

5. Kedai Kopi / Coffee Shop

rekomendasi tempat belajar anti bosan - kedai kopi (coffee shop)Coffee Shop jadi tren tempat baru untuk belajar (Sumber: unsplash.com)

Perkembangan berbagai merk kedai kopi yang membuat suasana jadi semakin nyaman, membuat tempat satu ini semakin digandrungi anak muda untuk belajar. Sejuk, tidak terlalu ramai, dan bisa memesan kopi dan cemilan jadi satu kenikmatan tersendiri. Dengan naiknya tren ini, semakin banyak pula kedai kopi yang menawarkan kenyamanan belajar atau sekedar berkumpul dengan teman, tentunya dengan harga terjangkau.

 

6. Co-Working Space

rekomendasi tempat belajar nyaman - co-working spaceBelajar fokus di co-working space (Sumber: unsplash.com)

Tren work and learn from anywhere membuat co-working space pun semakin banyak bermunculan, lho. Belajar di co-working space pastinya akan membuat kamu lebih fokus dan jauh dari distraksi. Tempat ini memang dibuat khusus untuk bekerja atau belajar, so fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap. Kamu bisa bebas memilih tempat sesuai dengan keinginan. Setiap mejanya sudah dilengkapi dengan colokan, lampu, bahkan laci penyimpanan. Namun, untuk belajar di sini, kamu perlu membayar sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan.

 

7. Kantin

rekomendasi tempat belajar seru - kantinBelajar sambil ngemil di kantin (Sumber: unsplash.com)

Mau belajar sambil ngemil? Kantin bisa jadi rekomendasi tempat belajar yang paling pas nih. Kadang untuk tetap menjaga konsentrasi selama belajar, kita perlu asupan makanan atau minuman yang bisa membangkitkan semangat. Nah, kamu bisa juga belajar sambil ngemil di kantin bareng teman-teman. Eits, tapi pastikan kantin sedang tidak berada di kondisi yang terlalu ramai ya. Kalau kamu tipe orang yang nggak bisa belajar di tempat yang agak berisik sebaiknya pilih tempat lain ya. 

--

Nah, itu dia 7 rekomendasi tempat untuk kamu belajar. Kamu biasanya belajar di mana? Ada yang di luar list ini? Share yuk di kolom komentar! Mau belajar sambil dibimbing guru yang super seru di mana saja dan kapan saja? Yuk, cobain Ruangguru Privat!

New call-to-action

Sumber foto:

Free image & picture [daring]. Tautan: https://unsplash.com/ (Diakses: 19 Agustus 2022)

Profile

Yuza Mulia