Mengenal Planet dan Cirinya, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 6

Planet dan Cirinya

Made melihat mainan planet di meja ruang tengah rumah Lulu. Ia jadi penasaran dan meminta Lulu untuk menjelaskan. Sebenarnya apa planet itu? Yuk, kita bahas di artikel IPA Terpadu Kelas 6 ini!

--

Hari ini, Made dan Lulu belajar dengan serius di ruang tengah rumah Lulu. Namun, di atas meja rupanya ada sebuah mainan yang membuat fokus Made menjadi terganggu.

“Lu, itu mainan apa sih?” tanya Made sambil menunjuk mainan berbentuk bulat seperti bola.

Ohh, itu mainan planet pemberian papaku,” jawab Lulu.

Made semakin bingung, “Mainan planet? Apa itu planet?”

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Benda Langit di Sistem Tata Surya

Hmm… Biar aku jelaskan, ya! Planet itu adalah benda langit yang mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Nah,  di Tata Surya kita ini terdapat delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.” 

Mengenal planet

 

Wahh, banyak banget!” 

“Iya, memang banyak! Terus kamu tau nggak, kedelapan planet ini punya ciri-cirinya sendiri loh, Made!” timpal Lulu dengan semangat.

“Apa tuh ciri-cirinya? Aku mau tau dong! Aku mau tau!” ujar Made antuasias. 

Oke! Aku mulai dari yang pertama, yaitu Merkurius. Planet Merkurius memiliki ciri berwarna abu-abu dan merupakan planet terkecil di Tata Surya.

Oh, yang paling deket sama Matahari, ya?” seru Made sambil menunjuk mainan.

“Betul, Made! Lanjut ke planet sebelahnya, ada planet yang kedua, yaitu Venus. Planet Venus merupakan planet terpanas di Tata Surya kita ini. Selain itu Venus juga sering disebut ‘Bintang Fajar’,” jawab Lulu.

Mata Made tampak membulat ketika mendengarkan Lulu dengan serius.

Nah, selanjutnya adalah Bumi.”

“Bumi?! Planet tempat kita tinggal ini maksud kamu, Lu?” tanya Made.

“Iya, Made! Planet Bumi ini merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh manusia loh!”.

Made semakin bersemangat mendengarkan penjelasan Lulu.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Matahari dan Lapisannya!

“Planet yang keempat adalah Mars. Planet Mars memiliki warna kemerah-merahan, sehingga sering juga disebut sebagai ‘Planet Merah’. Setelah Mars, ada planet Jupiter. Planet Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya kita.” 

“Yang ini ya?” tanya Made sambil menunjuk mainan planet terbesar.

“Betul! Terus di sebelahnya ada planet keenam, yaitu Saturnus. Planet Saturnus merupakan planet yang memiliki cincin paling jelas di antara semua planet.”

“Aku suka yang ini, ada cincinnya, keren!” potong Made ketika melihat Saturnus.

“Aku juga suka! Tapi aku suka semuanya!" sahut Lulu, "Kita lanjut ke planet sebelahnya, ya. Namanya planet Uranus. Planet ketujuh ini merupakan planet dengan suhu terdingin di Tata Surya kita.”

“Kalau yang terakhir ini apa, Lu?”

“Kalau yang terakhir ini namanya planet Neptunus. Planet Neptunus sering disebut sebagai kembaran Uranus karena memiliki ukuran dan warna yang hampir sama,” sambung Lulu sambil menunjuk mainan. 

“Wah, sekarang aku jadi mengenali masing-masing planet dan tau ciri-cirinya! Seru banget penjelasannya! Terima kasih, Lulu!” sahut Made.

Ciri-ciri planet

 

“Sama-sama, Made!” balas Lulu, “Teman-teman di rumah pasti juga sudah paham tentang planet kan? Sekarang ayo bantu aku kerjakan soal ini! Jawabannya bisa kalian tulis di kolom komentar!” 

Latihan soal Planet

 

Ternyata menyenangkan ya mengenal planet dan ciri-cirinya bersama Made dan Lulu! Kalau kalian penasaran materi apa lagi yang bisa dipelajari bersama Made, Lulu, dan teman-temannya, kalian bisa nonton videonya sambil mengikuti kisah mereka. Caranya gampang banget. Kalian bisa download aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, segera download aplikasinya!

New call-to-action

Materi oleh: Mardiana Rachmasari

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi dan Akmaliya Alimah Nabila

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!