Profesi Guru: 7 Kiat Efektif Berikut Agar Karier Anda Melejit

 

Siapa bilang? Menjadi guru bukanlah pekerjaan mudah. Selain butuh passion yang tinggi, Anda juga butuh mental baja untuk menuntaskan sebuah tanggung jawab besar. Mencerdaskan kehidupan bangsa tentu bukan pekerjaan main-main, butuh keseriusan tingkat tinggi. Tugas mulia ini hanya dapat dijalankan oleh guru yang memiliki reputasi baik. Jika guru memiliki reputasi baik, maka perjalanan kariernya pun akan gemilang. Untuk mematahkan pandangan sebelah mata di atas, Anda harus melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Sabar 

Profesi Guru - Membimbing siswa dengan penuh kesabaran Membimbing siswa dengan penuh kesabaran. (Sumber: elivenet.com) 

Seorang guru wajib sabar. Jika tidak, bagaimana mungkin bisa meng-handle siswa yang memiliki karakter dan latar belakang beragam? Maka dari itu, Anda butuh banyak berlatih dan menanamkan kesadaran dalam diri untuk jadi sosok yang sabar. Jika Anda adalah guru yang sabar, maka siswa pun akan senang, bahkan menjadikan Anda guru idola. Siswa memang tidak akan mengingat setiap perbuatan baik yang Anda lakukan, namun kesan akan selalu membekas di benak dan hati mereka. Oleh sebab itu, tinggalkanlah kesan yang baik.

2. Disiplin

Profesi apapun harus menjalankan pekerjaannya dengan disiplin. Sebagai guru, sebelum mendisiplinkan siswa, Anda harus memulainya dari diri sendiri. Datang tepat waktu, menyelesaikan kelas pun sesuai waktu. Jika Anda bisa memberi contoh yang baik, siswa pun akan menirunya dengan baik. Selain mengajar, guru pun harus mengerjakan masalah administratif. Kerjakan semua dengan tertata rapi dan tepat waktu. Jangan lupa, kenakan pakaian yang sopan.

3. Sahabat

Profesi Guru - Menjadi pendengar yang baik bagi siswa
Menjadi pendengar yang baik bagi siswa. (Sumber: amazonaws.com) 

Jadilah sahabat yang baik bagi para peserta didik. Anda harus mau mendengar segala keluh kesah, masalah, pertanyaan, masukan, dan segala macam cerita para siswa. Dengan membuat siswa nyaman, maka siswa akan lebih percaya untuk terbuka dan jadi diri sendiri di depan Anda. Jika sudah tumbuh rasa nyaman, maka perlahan terciptalah rasa sayang. Intinya, jadilah pendengar dan problem solver yang bijak. Tentu akan lebih seru kalau siswa curhat pada Anda tentang keseharian mereka, bukan?

4. Tidak memaksa

Profesi Guru - Mengajar dengan metode pembelajaran yang variatif
Mengajar dengan metode pembelajaran yang variatif. (Sumber: tqn.com)

 Agar siswa berkembang, jangan menuntut mereka untuk bisa pintar dalam segala hal. Ingat, manusia lahir dengan kekurangan serta kelebihan. Setiap siswa punya potensi kecerdasan yang berbeda. Lebih baik fokus mengembangkan minat dan bakat masing-masing.

5. Fokus pada keahlian

Sama halnya seperti siswa, guru pun punya kelebihan dan kekurangan. Ini bukan masalah kok, bapak/ibu guru. Pahami spesialisasi Anda, kemudian asah dan optimalkan kemampuan tersebut.

6. Pelatihan

Profesi Guru - Mengikuti pelatihan untuk guru
Mengikuti pelatihan untuk guru. (Sumber: ihdoha.com) 

Banyak mengikuti seminar serta pelatihan seputar keguruan. Selain menambah pengetahuan, skill dan koneksi pun akan bertambah. Anda pun bisa bertukar cerita dan pengalaman dengan para pengajar yang baru Anda temui. Dari sana, akan muncul inovasi dan pembelajaran baru untuk Anda implementasikan pada siswa.

7. Evaluasi

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi diri. Evaluasi ini berguna untuk me-review hasil kinerja Anda selama bekerja, dan memancing inovasi baru. Lakukan seusai mengajar atau di malam hari. Dengan rajin evaluasi, Anda akan berkembang terus menjadi jauh lebih baik dari hari ke hari.

Itulah 7 kiat yang akan menciptakan reputasi baik bagi Anda. Jika reputasi baik, maka karier pun ikut melejit. Tetap semangat mencerdaskan bangsa, bapak/ibu guru! (TN)

Ruangguru