Tertarik Ambil Program Double Degree? Berikut Tips Memilih & Manfaatnya

Tips Memilih Program Double Degree

Artikel ini membahas tentang hal-hal yang perlu kamu ketahui jika ingin mengambil program double degree di perguruan tinggi, serta manfaatnya.

Pernah dengar tentang program double degree? Program double degree adalah salah satu program pendidikan di perguruan tinggi yang memungkinkan para mahasiswa untuk belajar di dua tempat (di dalam negeri dan luar negeri) dan lulus dengan dua gelar akademis. Waaah, keren banget, kan?

Umumnya, kamu akan terdaftar di program atau kelas internasional pada suatu perguruan tinggi. Lalu, kamu akan menghabiskan dua tahun berkuliah di perguruan tinggi dalam negeri dan dua tahun lagi belajar di perguruan tinggi luar negeri. Nah, program double degree ini selalu diawasi dan sudah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), lho!

Kalau begitu, gimana ya cara memilih program double degree yang tepat? Yuk, simak tiga tips dan manfaatnya berikut ini!

 

Tips Memilih Program Kuliah Double Degree

 

1. Menentukan jurusan yang dipilih

Ketika menentukan jurusan yang akan dituju, kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan. Sebab, program kuliah double degree memberikan banyak manfaat dan pengalaman, sehingga akan sia-sia jika kamu memilih jurusan yang kurang kamu sukai.

tips memilih program double degree

Memilih jurusan yang kamu sukai perlu menjadi prioritas utama ketika memilih program double degree (Sumber: nytimes.com)

 

2. Mencari tahu perguruan tinggi yang menyediakan program double degree

Setelah jurusan, kamu perlu mencari tahu perguruan tinggi mana yang menyediakan program double degree untuk jurusan tersebut. Kamu juga bisa mencari tahu apa saja yang ditawarkan dalam program itu, seperti waktu kuliah di masing-masing perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan, dan kurikulum yang akan dipelajari.

Selain itu, kamu pun perlu mengumpulkan informasi mengenai negara tempat perguruan tinggi yang kamu tuju berada. Misalnya, bagaimana kultur yang berkembang di sana, di mana kamu akan menetap nantinya, atau berapa biaya hidup rata-rata yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apa Bedanya Jenjang Pendidikan D1, D2, D3, D4, dan S1?

 

3. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya ketika belajar di luar negeri

Dengan belajar di luar negeri, banyak banget lho pengalaman yang bisa kamu dapatkan! Mulai dari pengalaman di bidang akademis maupun pengembangan diri di bidang lainnya dengan ikut dalam perkumpulan mahasiswa dan kegiatan komunitas. Nah, pengalaman-pengalaman ini pasti akan berguna buat kamu saat memasuki dunia kerja.

 

Manfaat Program Double Degree

Program double degree bisa menjadi pertimbangan kamu nih untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi. Sebab, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan, juga berguna di dunia kerja, dengan berkuliah di dalam negeri sekaligus luar negeri.

 

1. Memiliki nilai lebih sewaktu melamar kerja

Karena kamu memiliki dua gelar akademis, kamu dianggap menguasai lebih banyak ilmu dan lebih berpengalaman. Jadi, kamu memiliki nilai lebih di mata perusahaan yang mencari karyawan baru.

manfaat mengambil program double degree

Program double degree bisa membuat kamu memiliki teman dari berbagai negara (Sumber: news.psu.edu)

 

2. Berkesempatan memperluas kenalan dan jaringan

Kamu bisa mendapat lebih banyak teman dari berbagai negara lho! Selain itu, kalau kamu aktif di kegiatan-kegiatan kampus, kamu juga bisa memperluas kenalan dan jaringan yang mungkin berguna untuk karier kamu di masa depan.

Baca Juga: Pilih D4 atau S1? Simak 6 Perbedaannya Berikut Ini!

 

3. Mengasah kemampuan berbahasa asing

Kamu akan belajar dan terbiasa menggunakan bahasa asing saat tinggal di luar negeri, seperti bahasa Inggris dan bahasa lokal yang digunakan di negara tersebut. Nah, hal ini bisa menjadi sebuah kemampuan dan kelebihan buat kamu!

Kamu tertarik dengan program double degree? Kamu bisa menemukan program ini di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Indonesia, walaupun tidak semua jurusan di perguruan tinggi tersebut memiliki program double degree.

Persiapan untuk mengambil program double degree bisa dimulai dengan belajar bahasa Inggris! Kamu bisa mengakses Ruangguru Privat, memilih guru bahasa Inggris yang cocok, gurunya akan datang ke rumahmu, dan kamu bisa belajar dengan konsentrasi penuh. Di samping bahasa Inggris, masih banyak guru di bidang dan materi pelajaran lain lho. Ayo daftar sekarang!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Andrea Lidwina