Mau Jadi Animator? Yuk, Kuliah di Program Studi Animasi

Olivia Yunita Nov 25, 2021 • 8 min read


Mau Jadi Animator? Yuk, Kuliah di Program Studi Animasi

Artikel ini membahas tentang program studi Animasi, mata kuliah, dan prospek kariernya.

--

Kamu yang mengikuti perkembangan film dari Walt Disney Animation pasti nggak asing dengan film Ralph Breaks the Internet. Film animasi yang disutradarai oleh Rich Moore ini menceritakan tentang petualangan seorang tokoh bernama Ralph yang hidup dalam dunia game. Saat berada pada game bernama Sugar Crush, Ralph bertemu Vanellope, seorang gadis kecil yang mengalami glitch (cacat gambar) dan berambisi mengikuti balapan meskipun dilarang oleh King Candy (raja di tempat Vanellope tinggal).

Animasi Ralph and vanellope

Tokoh Ralph dan Vanellope (Sumber: Youtube.com)

Setelah ditelusuri, ternyata Vanellope mengalami glitch karena ulah King Candy yang mengubah kode program dari game tersebut. Namun berkat kerjasama antara Ralph dan Vanellope, akhirnya Vanellope berhasil memenangkan balapan. Dia berubah menjadi tuan putri dan tidak mengalami glitch lagi.

Film yang berdurasi 101 menit ini menyuguhkan berbagai karakter animasi yang sangat menarik. Gabungan antara karakter animasi dengan alur cerita yang digarap membuat film animasi ini wajib kamu tonton. 

Nah, barusan saja kita sedikit menyinggung tentang istilah seperti glitch dan kode program game. Jadi, istilah-istilah tersebut merupakan hal yang akrab di dunia animasi. Bagi kamu yang tertarik mempelajari cara pembuatan film seperti Ralph Breaks the Internet, kamu bisa kuliah di program studi Animasi, lho

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang program studi ini, kira-kira kamu tahu nggak apa itu animasi? 

Apa Itu Animasi?

Secara sederhana, animasi itu merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari kumpulan gambar yang disusun secara berurutan. Nah ketika gambar yang disusun tadi digeser satu persatu, akan memunculkan semacam efek gerakan dari objek dalam gambar itu sendiri. Sehingga terjadilah sebuah animasi gambar bergerak atau yang sering kita dengar sebagai kartun.

Baca juga: Teknologi Game: Jurusan Unik untuk Kamu yang Kekinian

Karna berhubungan dengan gambar dan cerita tertentu, sudah pasti proses pengerjaan animasi merupakan proses kreatif, dengan sentuhan teknologi guys! Proses kreatif dibutuhkan agar ide dari sebuah animasi menjadi unik dan selalu bisa dikembangkan, sedangkan faktor teknologi akan menentukan bagaimana hasil dari animasi dapat menarik secara visual. 

Dengan berkembangnya teknologi, metode pembuatan animasi semakin berkembang menjadi banyak jenis dan kini beberapa universitas mulai membuka program studi animasi.

Peminatan Program Studi Animasi

Seperti disiplin ilmu lain yang akan terus berkembang, animasi kini menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game. Jadi, di peminatan film animasi biasanya kamu lebih berfokus pada produksi film animasi, sedangkan dalam peminatan animasi game, pada dasarnya kamu akan belajar mendesain suatu game dan berbagai macam karakter di dalamnya.

Studio Animasi UMN

Studio animasi berstandar profesional di UMN (Sumber: www.umn.ac.id/)

Baca juga: Jurusan Desain Interior: Mengatur Estetika Ruang dengan Maksimalkan Fungsi

Selain itu, animasi di banyak kampus masih disebut sebagai program studi, karena posisinya yang dibawahi oleh jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Salah satu kampus pertama yang memisahkan antara DKV dengan Animasi ialah ISI Yogyakarta yang mengelompokkan Animasi di dalam Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) 

Mata Kuliah Program Studi Animasi

Pada program studi ini, kamu akan belajar teknik pembuatan animasi mulai dari merancang karakter 2D dan 3D, membuat storyboard, menulis skenario, hingga video editing. Nggak hanya itu, kamu juga akan diajari cara menambahkan sound effects pada tampilan animasi yang telah kamu buat sebelumnya. Gimana cukup menarik ‘kan?

Beberapa mata kuliah yang akan kamu tempuh di semester pertama dan kedua selama kuliah di program studi Animasi antara lain Menggambar dan Ilustrasi, Dasar Animasi, Desain Elementer, Dasar Game, Penceritaan dan Penyutradaraan, Desain Karakter, serta Rekaman dan Desain Suara. Memasuki semester ketiga, mata kuliah yang didapat akan disesuaikan dengan peminatan yang kamu pilih.

Baca juga: Mengulik Jurusan Desain Komunikasi Visual bagi Kamu Si Jago Gambar

Mata Kuliah Animasi

Kampus Terbaik Kuliah Animasi

Untuk saat ini, ada cukup banyak universitas yang membuka program animasi. Umumnya pada kampus kesenian baik swasta maupun negeri:

  1. Institut Kesenian Jakarta (S1 DKV - Animasi)
  2. Universitas Negeri Malang (D3 Game dan Animasi - Fak. Sastra)
  3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (D3 Animasi - FSMR)
  4. STMM MMTC Yogyakarta (S1 Animasi )
  5. Binus University (S1 DKV - Animasi Fak. Seni dan Desain)
  6. Universitas Multimedia Nusantara (S1 Film dan Animasi - Fak.  Seni dan Desain)
  7. Sekolah Tinggi Media Komunikasi - Univ. Trisakti (S1 DKV - Animasi dan Game)

Baca juga: Dari Psikologi sampai IT, Intip Jurusan yang Prospek Kerjanya Banyak Dicari Tahun 2021!

Prospek Kerja Program Studi Animasi

Berbekal ilmu yang kamu dapat selama kuliah, setelah lulus dari program studi ini kamu bisa berkarier di perusahaan animasi seperti Pixar Animation Studios dan Sony Interactive Entertainment sebagai:

  • storyboard artist
  • animator
  • produser film animasi
  • video game designer
  • visual effects designer
  • talent director
  • concept artist

Selain pekerjaan yang berhubungan dengan animasi, ada beberapa jenis pekerjaan lainnya yang dapat dikerjakan oleh seorang animator:

  • Pengarah konsep iklan
  • Desainer pameran
  • Sutradara
  • Editor film/video
  • Artis permainan
  • Spesialis multimedia
  • Produser musik
  • Desainer produksi, teater/televisi/film
  • Teknisi suara

Kenapa Pilih Kuliah Animasi?

Jika kamu suka bekerja secara kreatif, dan sering memiliki ide-ide baru, itu salah satu pertanda bahwa jurusan ini mungkin salah satu yang tepat untukmu! Menjadi animator merupakan pekerjaan masa depan yang akan banyak dibutuhkan di masa depan.

Tak terbatas hanya pada industri animasi, namun sebagai lulusan program studi animasi, ada kesempatan-kesempatan lain yang akan menantimu. Seperti menjadi motion designer, illustrator,  produser film, sutradara, dan pekerjaan kreatif lainnya.

Industri teknologi saat ini juga banyak yang membutuhkan keahlian seorang animator, mulai dari membuat desain antarmuka aplikasi, karakter, dan lain sebagainya. Untuk itu, animasi ini merupakan salah satu “pekerjaan masa depan” yang bisa kamu tekuni dari saat ini.

Itulah gambaran tentang program studi Animasi, jika kamu penggemar film animasi atau penikmat game dengan visual yang menarik, program studi ini bisa kamu jadikan pilihan. Tunggu apalagi! Untuk mendukung kamu masuk program studi impian yuk tingkatkan prestasi belajarmu dengan latihan soal di ruangbelajar!

New Call-to-action

Sumber foto:

Foto Ralph & Vanellope: Walt Disney Animation Studios [Online]. Avaiable at: https://www.youtube.com/watch?v=luwkO8hwSeo (Accessed: 10 September 2020).

Foto Program Studi D3 Animasi ISI Yogyakarta [Online]. Avaiable at: https://animasi.isi.ac.id/ (Accessed: 10 September 2020).

Referensi:

Program Studi D-3 Animasi Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta, [Online]. Avaiable at: https://animasi.isi.ac.id/ (Accessed: 10 September 2020).

Animasi, ISI Yogyakarta, [Online]. Avaiable at: https://isi.ac.id/program/seni-media-rekam/d3-animasi/ (Accessed: 8 September 2020).

Profile

Olivia Yunita

Beri Komentar