Proses Terbentuknya Pelangi | IPA Terpadu Kelas 5

proses terbentuknya pelangi

Saat berlibur di pantai, Dira melihat pelangi yang sangat indah. Ia bertanya kepada Mace, bagaimana pelangi bisa terbentuk? Penasaran kan? Yuk, ikuti penjelasannya di artikel IPA Terpadu kelas 5 ini!

--

Libur sekolah sudah tiba. Dira dan keluarganya pergi ke pantai untuk bertamasya.

Tapi sayang, hari ini turun hujan. Dira dengan berat hati harus berteduh di warung pinggir pantai.

Untung saja, hujan reda tidak lama setelah itu. Lalu, pelangi yang indah muncul di langit. Dira pun gembira dan menarik Mace berlari mendekati pelangi itu. 

Waaah! Bagus banget pelanginya, Ma!” seru Dira, “Tapi, aku jadi pengen tau gimana caranya pelangi itu terbentuk?” 

“Pelangi terbentuk karena sifat cahaya bisa diuraikan,” jawab Mace.

Oh iya, aku ingat, Ma! Aku pernah belajar. Cahaya putih yang biasa kita lihat itu bisa diuraikan karena terdiri dari berbagai macam warna.”

“Betul. Salah satu contoh peristiwanya adalah terbentuknya pelangi,” lanjut Mace yang dibalas dengan anggukan kepala Dira.

Nah, sifat cahaya dapat diuraikan ini, ditemukan oleh Isaac Newton pada tahun 1670-1672!”

sir isaac newton

Baca Juga: Kenapa Bentuk Bayangan di Cermin Berbeda-beda?

“Penemuan Isaac Newton ini keren ya, Ma! Kalau besar nanti, aku mau jadi ilmuwan juga, ah!”

Mace yang melihat Dira penuh semangat, hanya tersenyum dan mengangguk.

Rasa ingin tahu Dira kembali meluap. “Ma, Ma! Aku udah tau kalo pelangi itu terbentuk karena sifat cahaya dapat diuraikan. Terus gimana proses terbentuknya pelangi?”

“Proses pelangi terbentuk dimulai saat cahaya putih dari matahari mengenai tetes-tetes air yang bersifat seperti kaca prisma transparan. Cahaya putih yang mengenai tetes-tetes air itu akan dibiaskan. Kemudian mengalami penguraian menjadi tujuh warna cahaya tampak atau warna-warna pelangi.” 

Hmm… apakah cahaya putih akan selalu diuraikan menjadi tujuh warna seperti pada pelangi, Ma?”

“Iya. Warna cahaya hasil penguraian cahaya putih akan selalu ada tujuh warna yang berurutan, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Bisa juga disingkat menjadi mejikuhibiniu,” jelas Mace.

proses terbentuknya pelangi

“Terima kasih Mama, sekarang Dira jadi paham proses terbentuknya pelangi, deh!”

“Dengan senang hati, Dira.”

Mace dan Dira pun mengakhiri perbincangan mereka. Tiba-tiba, Dira teringat akan materi yang pernah ia pelajari di sekolah.

“Teman-teman, sekarang giliranku yang bertanya, ya. Dari gambar ini, manakah yang menunjukkan peristiwa sifat cahaya dapat diuraikan? Jawab di kolom komentar, ya!”

Baca Juga: Belajar Sifat-Sifat Cahaya, Yuk!

proses terbentuknya pelangi

Ssstt… Tahu nggak, teman-teman? Ternyata, sifat cahaya bukan cuma satu seperti yang ada dalam diskusi Dira dan Mace, loh! Kalau kalian mau tau lebih banyak tentang sifat cahaya yang lain, caranya mudah. Kalian tinggal download aplikasi ruangguru dan belajar seru bersama Dafa, Lulu, dan teman-teman! Yuk, buruan!

New call-to-action

 

Materi oleh: Rosi Oktavia Purba

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

 

Profile

Akmaliya Alimah Nabila

Panggil aku, Nabing! Aku senang belajar hal baru, menulis, dan berkhayal. Semoga kalian bisa berkhayal sambil belajar bersama tulisanku!