7 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Shabrina Alfari Jul 7, 2021 • 9 min read


Pojok_Kampus_-Drama_korea_sesuai_jurusan_kuliah-01

Lagi bingung pilih jurusan kuliah? Kamu bisa lho nonton beberapa rekomendasi drama korea sesuai jurusan kuliah berikut ini.

--

Hobi nonton drakor? Sebagai penonton setia drama Korea, tentu kamu akan merasa senang saat menemukan drama yang relate banget dengan diri kamu. Nah, bagi kamu yang lagi bingung memilih jurusan atau sudah berkuliah, ternyata ada lho drama Korea yang berhubungan dengan jurusan di bangku kuliah.

Drama Korea ini bisa kamu jadikan inspirasi atau motivasi untuk menentukan jurusan serta profesi yang kamu inginkan. Yuk, lihat beberapa rekomendasi drama Korea yang sesuai dengan jurusan kuliah berikut ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film dan Series Sesuai Jurusan Kuliah

 

1. Hospital Playlist (Jurusan Kedokteran)

Hospital PlaylistHospital Playlist (Sumber: okezone.com)

Hospital Playlist berfokus pada kisah persahabatan lima orang yang terjalin sejak mereka masuk sekolah kedokteran. Kamu akan disuguhkan dengan keseharian kelima dokter ini yang diisi dengan berbagai kasus pasien di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Bagi kamu sang calon dokter, wajib banget nih untuk nonton drama ini karena kamu akan banyak melihat kasus-kasus medis, lengkap dengan istilah kedokterannya. Kamu juga bisa belajar cara berkomunikasi dengan pasien, serta melihat rutinitas seorang dokter sehari-hari.

Baca juga: Mau Jadi Dokter? Ini 5 Motivasi yang Harus Kamu Miliki

 

2. Law School (Jurusan Hukum)

Law SchoolLaw School (Sumber: asianwiki.com)

Drama yang satu ini kental banget dengan suasana kehidupan mahasiswa jurusan Hukum. Law School menceritakan tentang insiden mengerikan yang terjadi di Universitas Hankuk. Insiden tersebut pun menyeret sejumlah mahasiswa dan profesor Hukum di kampus tersebut.

Serunya, di drama Law School ini kamu akan banyak menemukan istilah hukum yang jarang didengar oleh masyarakat umum. So, bagi kamu yang berminat masuk ke jurusan Hukum dan bercita-cita menjadi seorang jaksa atau pengacara, drama ini bisa banget jadi bahan pembelajaran kamu.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Jurusan Hukum yang Akan Mengubah Pandanganmu

 

3. It's Okay Not to Be Okay (Jurusan Psikologi)

It’s Okay Not to Be OkayIt’s Okay Not to Be Okay (Sumber: kompas.com)

Drama yang berkaitan erat dengan kesehatan jiwa dan mental ini berpusat pada dua karakter utama yaitu Moon Gang Tae (Kim So Hyun) dan Go Moon Young (Seo Ye Ji). Go Moon Young adalah seorang penulis cerita anak yang memiliki kepribadian dinding dan masa lalu yang kelam. Setelah pertemuannya dengan Moon Gang Tae, seorang terapis psikologi, Go Moon Young pun perlahan berubah dan bisa menyembuhkan luka batin yang dipendamnya.

Drama It’s Okay Not to Be Okay memang sangat erat dengan dunia psikologi, terutama jurusan Psikologi Klinis. Dari drama ini, metode Butterfly Hug yang sering digunakan untuk mengontrol dan meredakan emosi menjadi sangat populer, lho.

Baca juga: Kenapa Jurusan Psikologi Selalu Ramai Peminat? Belajar Apa sih?

 

4. Start-Up (Jurusan Teknik Informatika, Manajemen, dan Bisnis)

Start-UpStart-Up (Sumber: tribunnewswiki.com)

Berlatar di SandBox, Silicon Valley-nya Korea Selatan, drama ini mengisahkan kehidupan anak-anak muda yang ingin membuat perusahaan rintisan atau Start-Up. Masing-masing dari karakter di drama ini berjuang untuk meraih mimpinya.

Soe Dal Mi (Suzy) bertekad untuk mengikuti jejak sang ayah yang membangun bisnis. Sementara itu, Nam Do San (Nam Joo Hyuk) adalah laki-laki muda yang menjadi pendiri Samsan Tech bersama kedua sahabatnya. Ia juga dikenal memiliki keahlian yang tinggi di bidang komputer. Mereka bertemu di Sandbox dan akhirnya menjadi satu tim untuk membuat perusahaan rintisan yang dibimbing oleh seorang mentor, Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho).

Drama ini memiliki banyak adegan dan skrip di bidang bisnis dan teknologi. Bagi kamu yang berminat untuk kuliah di jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, atau Manajemen dan Bisnis, bisa menjadikan drama ini sebagai referensi. Siapa tahu kamu bisa membuat start-up sendiri kan?

Baca juga: Bedah Jurusan Komputer: Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

 

5. Black Dog (Jurusan Pendidikan)

Black DogBlack Dog (Sumber: idntimes.com)

Drama Black Dog bercerita tentang wanita muda bernama Ko Ha Neul (Seo Hyun Jin) yang bercita-cita menjadi seorang guru. Ia terinspirasi oleh seorang guru yang telah menyelamatkan hidupnya semasa SMA. Ha Neul pun akhirnya berhasil mendapatkan posisi mengajar sebagai guru kontrak di SMA swasta. Di sekolah ini dia bertemu dengan guru-guru lain yang sangat berdedikasi pada pekerjaannya. Ha Neul dan para rekan guru lainnya pun selalu berusaha untuk memperjuangkan impian para siswa.

Nah, bagi kamu mahasiswa Pendidikan yang ingin merintis karier menjadi seorang guru, drama ini pas banget nih untuk kamu melihat kehidupan para guru serta dedikasi dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang baik.

Baca juga: Jurusan PGSD: Jurusan Untukmu yang Mau Jadi Guru

 

6. Modern Farmer (Jurusan Pertanian)

Modern FarmerModern Farmer (Sumber: mediatani.co)

Bercerita tentang empat sahabat yaitu Lee Min Ki (Lee Hong Gi), Kang Hyeok (Park Min Woo), Han Ki Joon (Kwak Dong Yeon), dan Yoo Han Cheol (Lee Shi Un) yang memiliki sebuah band tetapi harus gagal debut. Kegagalan ini menyebabkan mereka terlilit hutang dengan rentenir dan menyisakan mobil sebagai harta terakhir. Mereka pun terpaksa pindah ke desa Hadurok Ri tempat nenek Min Ki yang mewariskan sebidang tanah seluas 400.000 m2. Mereka beralih profesi dari penyanyi menjadi petani di desa.

Drama ini akan banyak mengajarkan kamu mengenai cara penduduk desa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen, memasarkan produk pertanian, hingga mengemas produk. Cocok banget nih untuk kamu yang mau belajar sistem pertanian, peternakan, atau agrobisnis.

Baca juga: Kayak Gimana Kuliah di Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem

 

7. Run On (Jurusan Sastra)

Run OnRun On (Sumber: kompas.com)

Run On menceritakan tentang Ki Sun Gyeom (Im Si Wan), seorang mantan pelari cepat di timnas Korea Selatan. Akibat suatu kasus, akhirnya ia harus berhenti dari olahraga tersebut. Setelah kejadian itu, Sun Gyeom pun memilih membuka kantor agensi olahraga sendiri.

Sementara itu, Oh Mi Joo (Shin Se Kyung) adalah seorang penerjemah subtitle film. Suatu hari, Mi Joo dan Sun Gyeom bertemu dengan tidak sengaja. Sejak saat itulah, Mi Joo merasa jika dirinya ditakdirkan dengan Sun Gyeom.

Nah, bagi kamu yang ingin masuk atau sedang kuliah di jurusan Sastra, khususnya jurusan Sastra Inggris, pasti kamu akan relate banget dengan Oh Mi Joo yang bekerja sebagai translator film di drama ini.

Baca juga: Seluk-beluk Jurusan Sastra Inggris dan Prospek Kerjanya

 

Apakah ada jurusan pilihanmu dari rekomendasi drama Korea di atas? Kira-kira, drama mana yang ingin kamu tonton lebih dulu nih? Setelah menentukan jurusan, kamu bisa langsung mempersiapkan diri agar bisa diterima di jurusan pilihan dengan ruangbelajar.

New call-to-action

Referensi:

Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah [daring]. Tautan: https://www.popbela.com/career/working-life/ajenk-rama/10-drama-korea-sesuai-jurusan-kuliah-bisa-jadi-inspirasi/10 (Diakses: 6 Juli 2021)

Sinopsis Drakor Run On [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/15/182051766/sinopsis-drakor-run-on-tayang-16-desember-di-netflix?page=all (Diakses: 6 Juli 2021)

Sinopsis Hospital Playlist [daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200312185320-220-482975/sinopsis-hospital-playlist-persahabatan-lima-orang-dokter (Diakses: 6 Juli 2021)

Sinopsis Drama Black Dog [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/hype/read/2020/11/16/212032666/sinopsis-drama-black-dog-konflik-para-guru-di-sekolah?page=all  (Diakses: 6 Juli 2021)

Sumber foto:

Hospital Playlist [daring]. Tautan: https://celebrity.okezone.com/read/2021/05/25/598/2415552/alasan-hospital-playlist-season-2-begitu-dinantikan-pencinta-drakor (Diakses: 7 Juli 2021)

Law School [daring]. Tautan: https://asianwiki.com/Law_School_(Korean_Drama) (Diakses: 7 Juli 2021)

It’s Okay Not to Be Okay [daring]. Tautan: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/11/110238120/konsep-gaya-pakaian-karakter-dalam-drama-its-okay-to-not-be-okay?page=all  (Diakses: 7 Juli 2021)

Start-Up [daring]. Tautan: https://www.tribunnewswiki.com/2020/10/30/drama-korea-start-up-2020 (Diakses: 7 Juli 2021)

Black Dog [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/inspiration/zihesse/pelajaran-kdrama-black-dog-c1c2 (Diakses: 7 Juli 2021)

Modern Farmer [daring]. Tautan: https://mediatani.co/drama-korea-modern-farmer-ceritakan-tentang-sistem-pertanian-modern/ (Diakses: 7 Juli 2021)

Run On [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/15/182051766/sinopsis-drakor-run-on-tayang-16-desember-di-netflix?page=all (Diakses: 7 Juli 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar