13 Rekomendasi Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Wajib Tonton!

Rekomendasi Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Happy Halloween! Yuk, cek rekomendasi film horor terseram versi Tim Blog Ruangguru, untuk bikin vibes Halloween yang semakin seram!

 

Hello, all! Menjelang akhir Oktober, vibes Halloween semakin terasa, nih. Hari Halloween atau Halloween Day adalah tradisi yang dirayakan setiap 31 Oktober. Halloween sendiri merupakan singkatan dari All Hallows’ Evening, yang artinya Malam Semua Orang Kudus. 

Perayaan Halloween berasal dari budaya kekristenan ya, guys. Tradisi ini pertama kali dibawa oleh bangsa Gael (suku asli Irlandia) yang pindah ke Amerika Serikat. Oleh karena itu, Halloween banyak dirayakan di negara-negara barat, contohnya Amerika Serikat dan Eropa. 

Perayaan Halloween biasanya identik dengan festival hantu yang menyeramkan. Saat malam hari Halloween, orang-orang akan pergi keluar menggunakan kostum dan aksesoris bernuansa horor. Bahkan, ada juga yang mendekorasi rumah dan pekarangannya dengan benda-benda mistis, seperti patung tengkorak, labu yang dipahat membentuk wajah menyeramkan, lilin, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Eksperimen Edukatif Bertema Halloween yang Bisa Kamu Coba!

Meskipun di Indonesia Hari Halloween tidak dirayakan oleh kebanyakan orang, tapi kamu bisa menciptakan vibes horor kamu sendiri, nih. Salah satunya dengan nonton film horor. Hayo, hayooo, ada yang suka banget nonton film horor, nggak? Hehehe… 

Berikut Tim Blog Ruangguru merekomendasikan film horor terseram sepanjang masa. Cek level keberanian kamu lewat film-film ini!   

 

1. Hereditary

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - hereditary

Sumber: Amazon.com

 

Film Hereditary adalah karya pertama dari sutradara terkenal Ari Aster, yang sukses mencuri perhatian penontonnya. Seperti judulnya, Hereditary menceritakan kutukan menyeramkan yang turun temurun dari sang ibu. 

Film ini mengisahkan tokoh Annie Graham, seorang miniatur artist yang tinggal bersama suaminya, Steve, dan kedua anaknya, Peter serta Charlie. Film dimulai dari pemakaman ibunya Annie, yaitu Ellen. Ellen memiliki kehidupan yang tertutup dan hubungannya dengan Annie kurang baik sejak lama.

Sejak meninggalnya Ellen, teror dan kejadian aneh pun bermunculan. Mulai dari makamnya yang selalu bermasalah, hingga adanya sosok penampakan di rumah. Konflik keluarga Graham semakin pelik. Semakin mereka mencari tahu sumber masalah ini terjadi, semakin mereka terancam dari takdir yang mengerikan.

 

2. The Conjuring

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - the conjuring

Sumber: play.google.com

 

The Conjuring adalah film yang paling seram dari The Conjuring Universe, menurut Tim Blog Ruangguru. Bagaimana kalau kamu? Film garapan James Wan ini cukup fenomenal karena diangkat dari kisah nyata, loh. Film The Conjuring bercerita tentang kasus yang paling sulit ditangani oleh pasangan suami istri paranormal terkenal di Amerika, yaitu Ed dan Lorraine Warren.

Mereka harus menangani kasus keluarga Perron yang menempati sebuah rumah berhantu. Setelah diselidiki, ternyata pada abad ke-18, rumah ini dihuni oleh seorang penyihir wanita bernama Bathsheba yang tega membunuh anaknya sendiri sebagai tumbal kepada iblis.

Arwah Bathsheba pun merasuki ibu dari keluarga tersebut, yaitu Carolyn, dan kembali mengancam ingin membunuh anaknya sebagai tumbal. Pertarungan antara Ed, Lorraine, dan suami Carolyn untuk mencoba memulihkan kondisi Carolyn dan mengeluarkan Bathsheba berlangsung sengit dan mencekam.   

Baca Juga: Rekomendasi Film tentang Pendidikan Ini Wajib Ditonton!

 

3. Insidious

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - insidious

Sumber: id.wikipedia.org

 

Satu lagi film garapan James Wan, Insidious bercerita tentang sebuah keluarga yang ingin menyelamatkan jiwa anaknya yang dijebak oleh roh jahat. Film ini bermula ketika Josh Lambert (ayah), Renai (ibu), dan ketiga anaknya (Dalton, Foster, dan Cali) pindah ke sebuah rumah besar. 

Suatu malam, Dalton bermain menjelajahi loteng. Namun, tiba-tiba ia jatuh dari tangga dan kepalanya membentur lantai. Keesokan paginya, Dalton tidak bangun dan koma, tetapi dokter tidak bisa mendiagnosis masalahnya.

Tiga bulan kemudian, hal-hal aneh terjadi di dalam rumah, dan Renai melihat penampakan. Dianggap rumah yang mereka tempati berhantu, mereka pun pindah ke rumah yang baru. Tak disangka, di rumah yang baru pun situasi tetap saja sama.

Penampakan dan gangguan mulai banyak bermunculan. Akhirnya, mereka mengundang seorang paranormal bernama Elise Rainier. Di sini, misteri pun terungkap kenapa keluarga itu mulai diganggu, dan pangkal masalahnya. 

Film Insidious diikuti oleh sekuelnya, yaitu Insidious: Chapter 2 (2013) yang menceritakan lanjutan masalah dari film sebelumnya. Tentunya, kedua chapter ini sama serunya untuk kamu tonton! 

 

4. The Exorcism of Emily Rose

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - the exorcism of emily rose

Sumber: hukumonline.com

 

Nggak kalah bikin bulu kuduk bergidik, Exorcism of Emily Rose merupakan film horor legendaris yang wajib kamu tonton! Film ini mengadaptasi kisah nyata dari seorang perempuan muda asal Bavaria pada 1950-an, bernama Anneliese Michel. 

Emily mengalami kerasukan roh jahat, namun tidak berhasil diselamatkan saat proses pengusiran setan. Pastor Richard Moore yang membantu proses exorcist (kalo kita sih nyebutnya ruqyah), dituduh membunuh Emily. 

Akhirnya, pastor Moore harus menjalani persidangan dan memberikan saksi mengenai apa yang terjadi. Di sisi lain, Emily mengidap penyakit epilepsi yang membuatnya harus mengkonsumsi obat-obatan. Sayangnya, obat tersebut punya efek samping, ia sering berhalusinasi, dan akhirnya ingin bunuh diri karena depresi. Sampai akhirnya, Emily meminta pastor Moore untuk membantunya.

Lewat film ini, kita akan ikut merasakan ketakutan, kebingungan, dan rasa frustasi yang dialami Emily. Di samping itu, teror yang menghantui Emily dan proses exorcist yang sulit ditangani pastor More, membuat film ini semakin menegangkan.  

Baca Juga: Rekomendasi Film tentang Ayah yang Mengharukan, Sudah Tonton?

 

5. Evil Dead

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - evil dead

Sumber: cmsaunders.wordpress.com

 

Beberapa bulan terakhir, film Evil Dead Rise tengah ramai ditonton, nih. Tapi, kamu perlu coba tonton film pertamanya, yaitu Evil Dead. Keduanya memang punya jalan cerita yang berbeda, tapi sama-sama mengangkat teror dari kitab yang terkutuk dan bisa memanggil iblis jahat.

Evil Dead merupakan film horor garapan sutradara Fede Alvarez yang tayang di tahun 2013. Film ini menceritakan tentang lima orang yang sedang menginap di sebuah kabin dalam hutan. Kelima orang tersebut, di antaranya David dan pacarnya, Natalie, kemudian adik David, yaitu Mia, perawat Mia bernama Olivia, dan teman David, Eric.

Mereka berencana bermain di kabin untuk membantu Mia yang kecanduan narkoba. Kabin tersebut sudah lama tidak ditempati, tua, dan usang. Mereka bahkan menemukan tumpukan bangkai hewan yang membusuk di ruang bawah tanah, dan sebuah buku aneh berjudul Naturom Demonto yang diikat menggunakan kawat besi berduri. 

Ketika Eric mencoba membuka dan membaca salah satu tulisan dalam kitab tersebut, siapa sangka kalau ia telah membangkitkan iblis jahat dari neraka. Teror pun bermunculan. Nyawa kelima orang tersebut jadi terancam. Kalau kamu penasaran dengan kelanjutan ceritanya, langsung saja tonton filmnya! 

 

6. Sinister

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - sinister

Sumber: empik.com

 

Kalau kamu suka film horor yang rada sadis, Sinister bisa jadi pilihan tontonan yang tepat. Film ini mengisahkan keluarga Ellison Oswalt, seorang penulis novel bertema kriminal yang baru saja pindah rumah. 

Ellison sedang mengalami kesulitan dalam kariernya sebagai penulis. Akhirnya, ia memutuskan pindah, ke rumah yang dulunya pernah menjadi lokasi pembunuhan untuk menemukan ide novel barunya.

Belum lama menempati rumah tersebut, Ellison dan keluarganya mulai merasakan banyak kejadian aneh. Namun, Ellison yang masih membutuhkan inspirasi, tetap meyakinkan keluarnya untuk tinggal lebih lama. 

Suatu hari, Ellison pergi ke loteng, dan menemukan proyektor, beserta beberapa gulungan film. Saat ditonton, film itu berisi rekaman pembunuhan keluarga. Misteri pun terungkap dengan ending yang cukup plot twist dan menegangkan.

Baca Juga: Rekomendasi Film Sarat Makna untuk Isi Liburan Sekolahmu!

 

7. Shutter

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - shutter

Sumber: dictio.id

 

Shutter merupakan film horor yang cukup lawas. Film horor Thailand ini disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun, berkolaborasi dengan Wongpoom, dan tayang di tahun 2004. Shutter menceritakan kisah Tun, seorang fotografer, dan Jane, kekasihnya.

Singkat cerita, Tun dan Jane sedang dalam perjalanan mengendarai mobil. Tak disangka, mereka menabrak seorang wanita yang tengah menyeberang. Karena takut dan panik, akhirnya Tun menyuruh Jane untuk bergegas pergi dari lokasi kejadian. Wanita tersebut akhirnya tergeletak bersimbah darah di tengah jalan.

Setelah insiden itu, banyak kejadian aneh yang Tun dan Jane rasakan, salah satunya keanehan pada foto yang menampilkan bayangan wanita menyeramkan setiap kali Tun memotret dengan kameranya. Seiring cerita, Jane menemukan rahasia yang mengejutkan. Dari situ lah konflik film berjalan.

 

8. The Ring

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - the ring

Sumber: en.wikipedia.org

 

Film The Ring arahan sutradara Gore Verbinski merupakan remake dari film horor Jepang dengan judul yang sama. Kisahnya, diangkat dari novel horor karya Koji Suzuki. Meskipun remake, film The Ring nggak kalah menyeramkan, loh. Secara umum, film ini menceritakan tentang teror mematikan dari video yang terkutuk.

The Ring mengawali kisah dari Rachel Keller yang sempat menonton rekaman video horor yang menyeramkan. Awalnya, Rachel mengira video tersebut hanya rekaman biasa. Namun, siapa sangka kalau setelah menonton itu, mulai muncul kejadian-kejadian aneh dalam kesehariannya.

Rachel sendiri dibuat bingung dan ketakutan. Ia pun berniat mengusut tuntas apa yang sebenarnya terjadi, dengan melakukan serangkaian investigasi. Dengan tenggat waktu yang terbatas, Rachel mulai mencari lokasi di dalam video, dan mendatanginya untuk mendapatkan petunjuk. Nah, apakah Rachel bisa mengungkap misteri yang ada, kamu cari tahu sendiri, ya! Hehehe

Baca Juga: Ingin Kuliah Kedokteran? Yuk, Tonton Film tentang Kedokteran Ini!

 

9. Ju-On

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - ju-on

Sumber: themoviedb.org

 

Kalau kamu sudah pernah nonton The Grudge, kamu harus tonton versi originalnya, yang berjudul Ju-On. Film horor asal Jepang ini mengisahkan roh misterius dan pendendam, yang akan menghantui orang-orang yang berani masuk ke ‘rumahnya’. 

Cerita berfokus pada keluarga Katsuya Tokunaga yang baru saja pindah ke rumah terkutuk tersebut, bersama istrinya yang bernama Kazumi dan ibunya, Sachie, yang sakit-sakitan. Kazumi, menjadi orang yang paling cepat terpengaruh kutukan dari rumah itu. Suami dan adiknya juga ikut terpengaruh, hingga membuat mereka meninggal.

Suatu hari, Rika, seorang pekerja sosial, ditugaskan untuk merawat Sachie yang sakit-sakitan dan sebatang kara. Baru saja bekerja, Rika melihat hantu yang membunuh Sachie. Rika lalu menelepon polisi untuk penyelidikan. Proses investigasi pun berhasil mengungkap alasan rumah itu terkutuk dan mengganggu penghuni setelahnya.

 

10. Pengabdi Setan

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - pengabdi setan

Sumber: id.wikipedia.org

 

Siapa sih yang nggak kenal Joko Anwar? Sutradara asal Indonesia ini, selalu menghasilkan film-film horor yang fenomenal, salah satunya Pengabdi Setan. Ada yang sudah nonton? Film Pengabdi Setan menceritakan keluarga Rini, ayah, dan kedua adiknya yang sedang kesulitan mencari uang untuk pengobatan ibunya. Mawarni, sang ibu, merupakan seorang mantan penyanyi terkenal yang menderita sakit keras dan sudah lama terbaring di kasur.

Hingga akhirnya, Mawarni meninggal setelah berjuang untuk sembuh selama 3 tahun. Sepeninggal sang ibu, ayah Rini memutuskan untuk pergi ke kota untuk mencari nafkah, meninggalkan Rini dan kedua adiknya. Tak berapa lama, Rini dan adiknya mulai diganggu hal-hal mistis. 

Mereka memutuskan untuk mencari tahu apa yang terjadi. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa ibunya bangkit dari kubur untuk menjemput mereka. Jegeerrr! 

Baca Juga: Habiskan Weekend Bersama Ibu dengan Menonton Film Berikut Ini

 

11. Perempuan Tanah Jahanam

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - perempuan tanah jahanam

Sumber: kompas.com

 

Lagi-lagi film horor garapan Joko Anwar, nih. Meskipun proses produksinya cukup lama, tapi Perempuan Tanah Jahanam berhasil menghipnotis penontonnya. Film ini menceritakan kisah perjuangan hidup Maya dan Dini, sahabat yang bekerja sebagai petugas gerbang tol. Suatu malam, Maya mengalami insiden penyerangan di gerbang tol. Dari situlah, cerita mulai berkembang.

Maya mendapat informasi kalau dia memiliki warisan yang ditinggalkan keluarga di desa asalnya. Maya dan Dini akhirnya memutuskan untuk pergi ke desa tersebut, berharap warisan itu bisa membantu mengatasi masalah keuangannya. Begitu sampai, ia menemukan kejanggalan. Desa itu tampak aneh karena begitu banyak makam anak-anak. 

Film Perempuan Tanah Jahanam, akan mengungkap siapa sosok Maya sebenarnya. Film ini sangat seru untuk ditonton karena tidak hanya menyeramkan, kamu juga dibuat penasaran dengan misteri yang ada.

 

12. Munafik

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - munafik

Sumber: twitter.com

 

Tak kalah mengerikan, Munafik merupakan film horor supranatural asal Malaysia yang tayang di tahun 2016. Film ini mengisahkan seorang pria bernama Adam, yang masih tenggelam dalam duka kesedihan, pasca ditinggal mendiang istrinya.

Suatu hari, Adam diminta datang ke rumah seorang warga, untuk menyelamatkan putrinya, Maria, yang mengalami depresi, hingga menyebabkan dirinya menderita. Keluarga itu mempercayai kalau Maria juga diganggu oleh roh jahat.

Adam pun datang untuk membantu menggelar prosesi pengusiran roh. Saat ritual dimulai, Adam berhasil menguak fakta mengejutkan tentang hubungan antara Maria dengan kecelakaan yang menimpa istrinya. Adam menjadi berambisi kembali untuk mencari tahu penyebab kematian sang istri.

Film Munafik bisa dibilang cukup relate dengan kondisi yang terjadi di sekitar kita. Ini dilihat dari fenomena kesurupan, penggambaran jin, bacaan-bacaan, dan cara pengusiran roh (ruqyah) yang nggak asing lagi bagi umat muslim. Terlebih, film ini juga memiliki ending yang cukup plot twist, loh.  

Baca Juga: Rekomendasi Film tentang Pengacara yang Seru, Wajib Tonton!

 

13. Ladda Land

rekomendasi film horor terseram sepanjang masa - ladda land

Sumber: cnnindonesia.com

 

Last but not least, rekomendasi film horor terseram yang bisa kamu tonton selanjutnya adalah Ladda Land. Alur ceritanya cukup umum sebenarnya, seorang keluarga yang diganggu hal-hal mistis saat mereka pindah ke rumah baru. Tapi, secara keseluruhan, Ladda Land bisa bikin kamu nggak berani tidur sendirian!

Cerita bermula ketika Thee, seorang karyawan sales, sedang mengalami kondisi ekonomi yang sulit. Kemudian, ia memutuskan untuk pindah bersama keluarganya ke Ladda Land, sebuah perumahan kelas atas yang berlokasi di Chiang Mai, dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Alih-alih menjadi lebih baik, Thee dan keluarganya menyadari kalau lingkungan baru tempat mereka tinggal ini justru menunjukkan aura negatif.

Hal itu diperkuat dengan adanya kabar seorang asisten rumah tangga asal Burma yang ditemukan tewas akibat dibunuh dengan cara yang amat mengerikan. Ditambah tetangga mereka yang kurang bersahabat. 

Di luar dari keanehan-keanehan yang ada di Ladda Land, Thee juga mengalami konflik yang cukup pelik dengan keluarganya. Akankah Thee bisa menyelesaikan masalah yang ada, dan membawa keluarganya menjadi lebih bahagia? 

Oke, teman-teman, itulah beberapa rekomendasi film horor terseram versi Tim Blog Ruangguru. Adakah film yang belum kamu tonton? Atau ada film-film lain yang menurut kamu lebih seram? Coba tolong tulis di kolom komentar dong!

Menonton film memang seru, tapi jangan sampai keasikan, dan lupa belajar. Nah, supaya kegiatan belajar kamu nggak ngebosenin, kamu bisa pahami materi lewat aplikasi ruangbelajar. Dengan video animasi dan serangkaian fitur menarik, materi-materi yang sebelumnya nggak kamu pahami, pasti jadi lebih mudah dimengerti. Langsung download dengan klik banner berikut! 

CTA ruangbelajar

Referensi:

https://kumparan.com/berita-terkini/sejarah-dan-makna-perayaan-halloween-1zAayDeJVyP/4 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.orami.co.id/magazine/film-horor-terseram?page=all#google_vignette (Diakses pada 28 Oktober 2023)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/scared-girls-watching-tv_1957033.htm#query=horror%20movie&position=17&from_view=search&track=ais (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.amazon.com/Hereditary-Toni-Collette/dp/B07DHYSBJ7 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://play.google.com/store/movies/details/The_Conjuring_2013?id=Y4VHff7KdtM.P&hl=en_US&gl=US&pli=1 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://id.wikipedia.org/wiki/Insidious_%28film%29 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.hukumonline.com/berita/a/membuktikan-keberadaan-setan-di-pengadilan-hol17713/ (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://cmsaunders.wordpress.com/2013/07/28/film-review-evil-dead-2013/ (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.empik.com/sinister,p1123664973,ebooki-i-mp3-p (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.dictio.id/t/bagaimanakah-sinopsis-shutter/42113 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Ring_%282002_film%29 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.themoviedb.org/collection/1972-ju-on-collection (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengabdi_Setan_2:_Communion (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/31/182706066/sinopsis-perempuan-tanah-jahanam-sebuah-misteri-di-kampung-halaman?page=all (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://twitter.com/cinepolisID/status/786062747394052098 (Diakses pada 28 Oktober 2023)

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220818202828-220-836271/sinopsis-ladda-land-teror-beruntun-di-tempat-tinggal-baru (Diakses pada 28 Oktober 2023)

Hani Ammariah