Seleksi Mandiri UNNES 2024: Jadwal, Syarat, Cara Daftar

seleksi mandiri UNNES

Yuk, kita simak informasi lengkap mengenai seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2024. Mulai dari jadwal, syarat, biaya, hingga tata cara pembayaran!

 

Guys, siapa yang mau jadi mahasiswa UNNES? Acung! Yup, sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, UNNES selalu menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang ini, simak informasi lengkapnya mulai dari syarat, cara daftar, jadwal, dan lain sebagainya di bawah ini.

 

Mengenal SM UNNES

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi, yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis/daring dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran SM UNNES dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan.

Ada 4 jalur seleksi mandiri UNNES, di antaranya:

  • SM Prestasi
  • SM Reguler
  • SM UTBK
  • SM Internasional Class

 

Jalur Seleksi Mandiri Prestasi

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma 3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. SM-UNNES Jalur Prestasi tahun akademik 2023/2024 bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Baca Juga: Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) 2024: Jadwal, Syarat, Materi & Biaya

 

Jadwal SM Prestasi 2024

  • Pendaftaran Online: 27 Maret s.d. 28 Juni 2024 pukul 16.00 WIB
  • Pembayaran Pendaftaran: 27 Maret s.d. 28 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Pelaksanaan Seleksi Dokumen Prestasi oleh Tim UNNES: 29 s.d. 30 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I: 2 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer secara Offline di UNNES: 3 Juli 2024
  • Pelaksanaan Tes Wawancara secara Offline di UNNES: 3 Juli 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 4 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Masa Registrasi Administratif: 5 s.d. 9 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Kuliah Perdana: 19 Agustus 2024

 

Persyaratan Umum SM Prestasi 2024

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun seleksi terdaftar aktif di kelas XII/XIII yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah dengan foto yang dibubuhi cap/stempel basah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi dan akan dievaluasi tim evaluator setiap periode tertentu yang dibubuhi materai/e-materai Rp10.000,00.
  4. Calon mahasiswa belum diterima di UNNES melalui jalur seleksi sebelumnya.

 

Persyaratan Khusus

Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

  1. Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  2. Juara I (memperoleh sertifikat, piala, atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  3. Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  4. Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan maupun tim atau beregu yang diselenggarakan oleh KONI, Kementerian (POPDA atau O2SN), atau cabang olahraga dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.
  5. Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi, dan media pembelajaran. juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
  6. Juara olimpiade yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
  7. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya.
  8. Prestasi kejuaraan lain yang terdaftar pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.
  9. Calon mahasiswa yang pernah menjadi Ketua/Wakil Ketua/Sekretaris OSIS mendapatkan nilai tambahan jika memiliki prestasi pada huruf a sampai h.
  10. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Membuka laman https://unnes.ac.id/admission.
  2. Mengisi biodata.
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk menerima kode pembayaran berupa nomor Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2024.
  4. Memilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah.
  5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil dengan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA) BNI. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking.
  6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi.
  7. Calon peserta mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh.
  8. Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki.
  9. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan.
  10. Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri.
  11. Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi.
  12. Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran (https://sm.unnes.ac.id) pada tanggal 1 Juli 2024 pukul 16.00 WIB.
  13. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA), dan wawancara pada tanggal 3 Juli 2024 secara offline (lokasi di UNNES).
  14. Hasil seleksi tahap II/akhir diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 4 Juli 2024 pukul 16.00 WIB.

 

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES jalur Prestasi dibayar melalui Bank BTN dan Bank BNI di seluruh Indonesia dengan menggunakan kode pembayaran Virtual Account (VA). Untuk biaya pendaftarannya adalah Rp300.000 (tiga ratus ribu rupiah).

 

Jalur Seleksi Mandiri Reguler

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Reguler adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma 3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.

 

Jadwal SM Reguler 2024

Pendaftaran Online:

  • Gelombang I: 19 April – 5 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Gelombang II: 1 – 19 Juli 2024 pukul 16.00 WIB

 

Pencetakkan Kartu Ujian:

  • Gelombang I: 5 – 7 Juli 2024
  • Gelombang II: 19 – 20 Juli 2024

 

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Secara Offline (lokasi tes di UNNES):

  • Gelombang I: 6 – 8 Juli 2024
  • Gelombang II: 20 – 21 Juli 2024

 

Pelaksanaan Tes MMPI dan Tes Kesehatan khusus prodi Kedokteran:

  • Gelombang I: 11 – 12 Juli 2024
  • Gelombang II: –

 

Pendaftaran Tes Portofolio: 3 – 28 Juli 2024 pukul 12.00 WIB

Pelaksanaan Tes Portofolio: 24 – 30 Juli 2024

Pengumuman Hasil Seleksi

  • Gelombang I: 13 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Gelombang II: 23 Juli 2024 pukul 16.00 WIB

 

Masa Registrasi Administratif

  • Gelombang I: 15 – 18 Juli 2024 pukul 16.00 WIB
  • Gelombang II: 24 – 29 Juli 2024 pukul 16.00 WIB

 

Kuliah Perdana: 19 Agustus 2024

 

Persayaratan Umum

  1. Siswa lulusan tahun 2022, 2023, atau aktif kelas XII pada tahun 2024 yang sudah memiliki ijazah/SKL/surat keterangan aktif kelas XII.
  2. Bagi lulusan sekolah di luar negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD RISTEK.
  3. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di bidang studi yang dipilih.
  4. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES.
  5. Sanggup memenuhi kewajiban membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tiap semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan satu kali selama masa studi.

 

Persyaratan Khusus

  1. Mengikuti seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.
  2. Bagi pendaftar program studi Kedokteran, wajib mengikuti Tes MMPI dan Tes Kesehatan yang diselenggarakan oleh fakultas Kedokteran dan Pusat Layanan Kesehatan.
  3. UNNES. Informasi mengenai tes MMPI dan tes kesehatan.
  4. Bagi pendaftar program studi keolahragaan dan kesenian, wajib mengikuti uji keterampilan (Tes Portofolio) secara offline yang diselenggarakan oleh UNNES.
  5. Jika peserta dinyatakan lulus seleksi/diterima di UNNES, maka wajib memiliki Surat Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Kesehatan UNNES dan/atau Rumah Sakit Pemerintah. Ketentuan lebih lanjut diatur pada Pengumuman Registrasi Administratif.

 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Membuka laman pendaftaran https://unnes.ac.id/admission.
  2. Mengisi biodata.
  3. Memilih program studi yang diminati.
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memilih bank dan memperoleh kode Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran.
  5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank yang telah dipilih BNI atau Bank BTN channel teller/ATM/internet banking di seluruh Indonesia dengan menggunakan nomor VA.
  6. Peserta mengunduh dan mengisi borang kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), ditandatangani orang tua/wali diatas materai Rp. 10.000,- kemudian diunggah kembali.
  7. Mencetak Kartu Pendaftaran Seleksi Mandiri.
  8. Mencetak Kartu Ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal yang ditentukan.
  9. Mengikuti tes sesuai jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan pada kartu ujian.

 

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES jalur Seleksi Mandiri Reguler dibayar melalui Bank BTN dan Bank BNI di seluruh Indonesia dengan menggunakan kode pembayaran Virtual Account (VA). Untuk biaya pendaftarannya adalah Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).

 

Jalur Seleksi Mandiri UTBK

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang Berdasar Nilai UTBK-SNBT (SM-UTBK UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT SMA/SMK/MA atau yang sederajat sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang tahun 2023. Untuk jadwal, syarat, biaya, dan tata cara pendaftaran SM Jalur UTBK, masih menunggu informasi selanjutnya.

 

Jalur Seleksi Mandiri International Class

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. SM-UNNES Jalur Kelas Internasional tahun akademik 2023/2024 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang. Untuk jadwal, syarat, biaya, dan tata cara pendaftaran SM Jalur International Class, masih menunggu informasi selanjutnya.

Informasi pendaftaran dan jurnal pendaftaran selengkapnya bisa kamu lihat di laman https://unnes.ac.id/admission/seleksi-mandiri-reguler-s1/. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lainnya juga akan diumumkan melalui laman resmi UNNES. Agar bisa menjadi yang terbaik dan menyisihkan para pendaftar lainnya, kamu harus bisa menunjukkan prestasi belajar yang maksimal. Ayo, terus semangat tingkatkan prestasi dan gapai cita-cita meski di rumah aja bersama bantuan Bimbel Ruangguru.

Bimbel Ruangguru

Referensi:

Seleksi Mandiri Reguler S1 UNNES [daring]. Tautan: https://unnes.ac.id/admission/seleksi-mandiri-reguler-s1/ (Diakses: 8 Juni 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D