Jawab Soal Menantang dan Raih Hadiah Jutaan Rupiah di Ruangguru Arena!

Kenya Swawikanti Okt 27, 2021 • 13 min read


Liga Ruangguru - Arena

Yuk, ikutan Ruangguru Arena, salah satu cabang kompetisi pelajar berprestasi terbesar di Indonesia, yaitu Liga Ruangguru! Seperti apa syarat dan ketentuannya? Simak artikel berikut, ya!

--

Panggilan kepada siswa-siswi berprestasi Indonesia, ada kompetisi besar yang seru dan sayang banget kalau dilewatkan nih, namanya Liga Ruangguru! Nah, Liga Ruangguru ini punya banyak cabang kompetisi lho, salah satunya adalah Ruangguru Arena. Apa sih, Ruangguru Arena itu?

Ruangguru Arena adalah rangkaian kuis akademik harian di aplikasi Ruangguru, yang terbuka bagi seluruh jenjang, mulai dari SD, SMP, hingga SMA sederajat. Setiap harinya, peserta akan mendapatkan pertanyaan yang harus mereka jawab. Untuk setiap jawaban benar, peserta akan memperoleh poin. Nah, akumulasi poin ini akan menentukan juara harian, juara mingguan, dan juga juara umum.

Setiap harinya, akan ada leaderboard TOP 10 untuk masing-masing jenjang (SD, SMP, dan SMA sederajat) berdasarkan poin tertinggi. Kemudian, setiap minggunya, 3 peserta dengan poin akumulasi tertinggi akan mendapatkan hadiah e-wallet. Lalu, di akhir periode, 3 peserta dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah laptop dan smartphone dari Ruangguru. Waahh, menarik banget!

Kira-kira bagaimana cara ikutan dan seperti apa tata cara pelaksanaannya? Terus detail hadiahnya seperti apa? Yuk, kita bahas!

Cara Akses Ruangguru Arena

"Aku mau ikutan kak!"

Yap, kamu harus banget ikutan Ruangguru Arena. Kapan lagi 'kan ngerjain kuis akademik bisa dapat hadiah setiap harinya? Supaya nggak bingung, lihat langkah-langkah untuk akses Liga Ruangguru cabang Ruangguru Arena berikut ini.

cara akses Ruangguru Arena

Tata Cara Pelaksanaan Ruangguru Arena

  1. Seperti kompetisi pada umumnya, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah melakukan registrasi. Kamu bisa melakukan registrasi melalui Liga Ruangguru di aplikasi Ruangguru. Dengan melakukan registrasi, peserta dianggap telah turut mendaftarkan sekolahnya dalam pertandingan harian Ruangguru Arena. 
  2. Setelah melakukan registrasi, akan ada pilihan Ruangguru Arena yang akan mengarahkan peserta ke platform kuis dalam aplikasi Ruangguru yang disebut dengan Daily Challenge.
  3. Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena akan berlangsung setiap hari pada tanggal 1 November 2021 hingga 28 Februari 2022 (“Periode Kompetisi”).
  4. Untuk berpartisipasi di Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena, selama Periode Kompetisi, kamu harus menduduki jenjang:
    a. SD atau sederajat: kelas 3, 4, 5, atau 6.
    b. SMP atau sederajat: kelas 7, 8, atau 9.
    c. SMA atau sederajat: kelas 10, 11, atau 12.
  5. Peserta akan menjawab set soal yang berbeda dan dari mata pelajaran yang berbeda-beda juga setiap harinya. Mata pelajaran yang diujikan dapat dilihat di aplikasi pada setiap harinya.
  6. Peserta menjawab set soal sesuai dengan kelasnya masing-masing, apabila peserta kelas 10 SMA maka hanya akan mengerjakan materi soal kelas 10.
  7. Setiap pengerjaan soal harus dikerjakan oleh peserta yang terdaftar dan tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.
  8. Kuis akan dibuka setiap hari Senin sampai Minggu.
  9. Peserta boleh mengikuti pertandingan setiap hari. Semakin sering peserta mengikuti kuis, maka semakin besar juga peluang untuk menjadi juara hadiah utama maupun juara hadiah mingguan.
  10. Setiap peserta yang berpartisipasi di Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena menjadi salah satu perwakilan sekolah masing-masing peserta. Keabsahan kamu sebagai perwakilan sekolah dibuktikan dengan mengunggah pindaian kartu pelajar atau surat keterangan yang ditandatangani dan dicap oleh pejabat sekolah yang berwenang pada saat melakukan pendaftaran sebagai peserta Liga Ruangguru di Aplikasi Ruangguru.
  11. Setiap peserta yang berpartisipasi dalam Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena tidak dapat diwakilkan oleh pihak ketiga manapun (termasuk namun tidak terbatas pada teman sekolah, guru, orang tua, wali, saudara, semenda, atau joki) pada saat mengerjakan soal Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena. Apabila terbukti melanggar ketentuan ini, maka peserta yang bersangkutan akan didiskualifikasi sebagai peserta Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena.

Hadiah Ruangguru Arena

Hadiah di Ruangguru Arena dibagi menjadi 3 macam:

Pemenang Harian

Setiap hari, akan dikumpulkan peserta yang menempati posisi 5 teratas dalam setiap kuis dari masing-masing peserta didik. Peserta yang berhasil menempati posisi 5 teratas pada setiap harinya, akan mendapatkan e-wallet senilai @Rp100.000,-. Pemenang harian akan diumumkan setiap hari Selasa minggu depannya.

Skema perolehan poin harian dalam Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena adalah sebagai berikut:

Peringkat Perolehan Poin
1 10 poin
2 9 poin
3 8 poin
4 7 poin
5 6 poin
6 5 poin
7 4 poin
8 3 poin
9 2 poin
10 1 poin

 

Pemenang Mingguan

Setiap akhir minggu, akan diakumulasi peserta yang berhasilkan mengumpulkan poin dan menempati posisi 3 teratas dari masing-masing peserta didik. Peserta yang berhasil menempati posisi 3 teratas pada setiap minggunya, akan mendapatkan e-wallet senilai @Rp500.000,-. Pemenang mingguan akan diumumkan setiap H+3.

Grand Final

Dalam setiap akhir periode, akan dikumpulkan akumulasi poin terbanyak untuk Juara 1, Juara 2, dan Juara 3 dari masing-masing peserta didik SD, SMP, dan SMA. Pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah Grand Prizes berupa laptop dan smartphone.

Detail hadiah untuk Ruangguru Arena bisa kamu lihat pada tabel berikut.

Pemenang Harian Hadiah
Top 5 dari setiap jenjang SD, SMP, SMA e-wallet Rp100.000,-/hari
Pemenang Mingguan Hadiah
Top 3 dari setiap jenjang SD, SMP, SMA e-wallet Rp500.000,-/minggu
Grand Final Hadiah
SD Juara 1 Laptop Macbook Air
SD Juara 2 Smartphone Samsung
SD Juara 3 Smartphone Vivo
SMP Juara 1 Laptop Macbook Air
SMP Juara 2 Smartphone Samsung
SMP Juara 3 Smartphone Vivo
SMA Juara 1 Laptop Macbook Air
SMA Juara 2 Smartphone Samsung
SMA Juara 3 Smartphone Vivo

 

Catatan penting:

  1. Pemenang Leaderboard harian hanya diberikan kesempatan untuk mendapatkan hadiah sebanyak 1 (satu) kali per minggu. Pemenang harian akan di-reset setiap hari Senin di minggu berikutnya selama Periode Kompetisi.
  2. Pemenang Leaderboard mingguan hanya diberikan kesempatan untuk mendapatkan hadiah sebanyak 1 (satu) kali per bulan. Pemenang mingguan akan di-reset setiap tanggal 1 di bulan berjalan selama Periode Kompetisi.
  3. Mekanisme pengumuman pemenang Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena adalah sebagai berikut:
    a. Pengumuman pemenang Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena berbeda dengan pemenang
        Ruangguru Arena non-Liga Ruangguru (yang dapat dilihat pada bagian “LIHAT PERINGKAT KEMARIN”
        pada fitur Ruangguru Arena).
    b. Pengumuman pemenang Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena akan dilakukan melalui akun
        Instagram milik Ruangguru (@ruangguru).
    c. Pemenang Liga Ruangguru Cabang Ruangguru Arena harus melakukan konfirmasi hadiah dalam waktu
        7 (tujuh) hari kalender setelah pengumuman pemenang dilakukan. Jika konfirmasi oleh pemenang
        melebihi 7 (tujuh) hari kalender, maka pemenang tidak berhak menerima hadiah.

 

Timeline Pelaksanaan Ruangguru Arena

Untuk timeline pelaksanaannya, sudah dirangkum pada tabel berikut. Check it out!

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 25 Oktober 2021- 20 Februari 2022
Pertandingan 1 November 2021 - 28 Februari 2022
Pengumuman Pertandingan
  • Daily: setiap hari Selasa
  • Weekly: setiap hari Selasa
  • Grand Final: akhir periode perlombaan

 

Tata Cara Pendaftaran dan Informasi Lebih Lanjut

  1. Peserta kelas 3-6 SD sederajat, kelas 7-9 SMP sederajat, dan kelas 10-12 SMA sederajat WAJIB mendaftar via Liga Ruangguru di aplikasi Ruangguru.
  2. Setiap peserta terdaftar wajib bertanding dan tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.
  3. Semua data yang diberikan harus data sebenarnya, untuk dihubungi jika menjadi juara.
  4. Pengumuman pemenang dilakukan di Instagram Ruangguru.
  5. Maksimal konfirmasi hadiah H+7 setelah pemenang diumumkan. Jika melebihi 7 hari, akan dianggap tidak sah/gugur.
  6. Pemenang harian adalah mereka yang berhasil masuk ke dalam TOP 5 di leaderboard setiap harinya (5 SD/5 SMP/5 SMA).
  7. Pemenang mingguan adalah mereka yang berhasil masuk ke dalam TOP 3 (akumulasi poin setiap minggu, 3 SD/3 SMP/3 SMA).
  8. Pemenang harian dibatasi maksimal 1 kali/peserta/minggu/di-reset setiap hari Senin dan pemenang mingguan dibatasi 1 kali/peserta/bulan/di-reset setiap tanggal 1 setiap bulan.
  9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Narahubung Ruangguru Arena Andina M 085777657483 (WhatsApp Only) atau dengan mengunjungi website liga.ruangguru.com.

Demikian informasi lengkap mengenai Ruangguru Arena. Gimana? Udah nggak sabar pengen langsung daftar, kan? Yuk, jawab soal menantang tiap hari, hadiah jutaan rupiah menanti! Daftarkan dirimu di aplikasi Ruangguru!

Liga Ruangguru

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar