Rayakan Inovasi untuk Pendidikan, Ruangguru Raih Penghargaan Anthem Awards 2022

Ruangguru Raih Penghargaan Anthem Awards 2022

Ruangguru meraih penghargaan Anthem Awards 2022 untuk merayakan inovasi di bidang pendidikan serta dampak sosial yang telah diberikan bagi masyarakat.

Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, baru saja dianugerahi penghargaan Anthem Awards 2022. Ajang penghargaan yang diikuti 2,500 peserta dari 36 negara di seluruh dunia ini merayakan proyek-proyek dengan dampak sosial yang nyata bagi masyarakat, dan diadakan oleh International Academy of Digital Arts & Sciences, New York, Amerika Serikat. Pada 28 Februari 2022, Ruangguru bersama jajaran pemenang lainnya menghadiri malam penganugerahan virtual bertajuk 1st Annual Anthem Voices Conference sebagai pemenang medali perak dalam kategori Diversity, Equity, & Inclusion dengan subkategori Innovation. Ruangguru merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang memenangkan penghargaan dalam sub kategori tersebut. 

 

Pencapaian Ruangguru

Penghargaan tersebut menyoroti pencapaian Ruangguru di dunia pendidikan, khususnya dalam mendukung transisi menuju pembelajaran daring/hybrid di tengah situasi pandemi yang menjadi tantangan besar bagi sekolah, guru, dan pelajar. Tak semua pihak yang terlibat tentunya sudah siap serta memiliki fasilitas yang memadai untuk menghadapi berbagai perubahan ini.

Ruangguru Anthem

 

Iman Usman, Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru berpesan, “Menerima penghargaan Anthem Awards ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Terima kasih kepada seluruh tim Ruangguru yang selalu bersemangat dan berdedikasi dalam memajukan kualitas pendidikan, bahkan di tengah masa pandemi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan, kami akan terus memperluas akses pendidikan berkualitas bagi setiap pelajar dari berbagai latar belakang dan kondisi, tanpa terkecuali. Harapannya, penghargaan ini bukan hanya menjadi inspirasi bagi kami untuk terus menciptakan inovasi dan perubahan, tapi juga dapat membagikan semangat untuk bersama-sama memajukan pendidikan berkualitas bagi semua”.

Baca juga: Ruangguru Raih Penghargaan Top Startup Bidang Artificial Intelligence di G20 Innovation League Italia

 

Program Ruangguru yang Disoroti 

Ruangguru berhasil meraih penghargaan Anthem Awards berkat rangkaian proyek inovatif yang telah diluncurkan, beberapa di antaranya adalah Indonesia Teaching Fellowship (ITF) dan Sekolah Online Ruangguru Gratis (SORG).

 

Indonesia Teaching Fellowship (ITF)

ITF adalah program pelatihan peningkatan kompetensi guru selama 1 tahun. Sejak awal pandemi hingga sekarang, program ITF telah menjangkau ribuan guru di Indonesia, termasuk di daerah 3T. Sedangkan SORG menawarkan kelas live streaming untuk semua mata pelajaran jenjang SD hingga SMA/K, agar pelajar dapat tetap belajar di situasi pandemi.

 

Sekolah Online Ruangguru Gratis (SORG)

SORG telah diakses oleh lebih dari 10 juta pelajar di Indonesia. Ke depannya, dengan semangat untuk membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia, Ruangguru akan terus berinovasi. Salah satu inovasi yang kami hadirkan pada tahun 2021 adalah Adapto, video belajar adaptif pertama di Indonesia yang membuat pengalaman belajar daring menjadi terpersonalisasi dan interaktif. Fitur ini berhasil meningkatkan rata-rata waktu belajar sebesar 85% sejak diluncurkan.

 

Seputar Anthem Awards

Ajang penghargaan Anthem Awards yang pertama kali diselenggarakan pada tahun ini merupakan inisiatif terbaru dari penyelenggara Webby Awards, guna merayakan organisasi serta individu yang berkarya demi kebaikan sosial. Terdapat 7 kategori penghargaan yaitu: Diversity, Equity, & Inclusion; Education, Art, & Culture; Health; Human & Civil Rights; Humanitarian Action & Services; Responsible Technology;  dan Sustainability, Environment, & Climate. Pemenang telah melalui proses seleksi oleh panelis dari International Academy of Digital Arts and Sciences yang merupakan figur publik, praktisi, serta aktivis berpengaruh pada bidangnya.

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara yang telah digunakan oleh lebih dari 25 juta pelajar di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Ruangguru menyediakan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, seperti: video belajar berlangganan, bimbingan belajar langsung, sistem tata kelola pembelajaran untuk sekolah, pelatihan soft skills online, dan aplikasi pelatihan untuk korporasi. 

Ruangguru