Mengenal Sejarah Hari Pers Nasional dan Tema di Tahun 2021

Hari Pers Nasional

Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari, artikel kali ini akan membahas tentang beberapa fakta unik terkait sejarah pers nasional dan tema Hari Pers Nasional di tahun 2021

Digitalisasi sepertinya hampir menyentuh semua aspek kehidupan manusia. Mulai dari belanja, naik ojek, bahkan belajar pun sudah bisa dilakukan secara daring. Ada salah satu aspek yang mungkin saja menjadi salah satu kebutuhan kamu nih. Informasi. Ya memang bukan kebutuhan utama juga sih, tapi seolah-olah kita dituntut untuk mendapatkan informasi yang ter-update? Pastinya nggak mau dibilang kudet (kurang update) sama temen-teman kamu kan?

Pernahkah kamu bertanya-tanya dalam kesunyian hati kamu, “Dari mana ya informasi ini?”

Coba dari mana?

hari pers nasional - meme

Yeeuuhhh bukan dari Pak Tarno.

Informasi itu didapat dari seorang narasumber yang kemudian disebarkan oleh pers. Nah, ngomong-ngomong soal pers nih, hari ini tepat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang acara intinya dipusatkan di Surabaya. Kamu tahu nggak kenapa HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari?

Sebelum menetapkan tanggal 9 Februari itu sebagai HPN, perjalanan pers di Indonesia sangatlah panjang. Sebelum Indonesia merdeka, kegiatan pers yang dilakukan wartawan memiliki peran menggugah kesadaran masyarakat kala itu. Selain itu, pers juga berperan sebagai pemantik semangat juang untuk melepaskan diri dari penjajah.

Baca Juga: Banyak Kerikil di Rel Kereta, Apa Fungsinya?

Seiring berjalannya waktu, para wartawan dan anggota pers membentuk organisasi yang bernama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Organisasi ini menjadi wadah persatuan dari wartawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

logo persatuan wartawan indonesiaLogo Persatuan Wartawan Indonesia (sumber foto: gangkecil.com)

PWI ini berdiri pada tahun 1946, nah penetapan HPN ini sangat berkaitan dengan berdirinya PWI lho. Saat itu di tahun 1978, diadakan Kongres PWI ke-16. Di dalam kongres tersebut, beberapa tokoh pers mengusulkan sebuah keinginan adanya peringatan tentang peranan pers dalam skala nasional.

Usulan tersebut kemudian ditindaklanjuti pada sidang Dewan Pers ke-21 yang diadakan di Bandung pada 19 Februari 1981. Empat tahun berselang, tepatnya melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1985 menetapkan bahwa pemerintah menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. Kalian tahu di tahun tersebut masuk ke dalam era apa? Yap, orde baru yang dipimpin oleh Soeharto.

hari pers nasional - infografik

Sejak saat itulah tanggal 9 Februari selalu diadakan peringatan HPN yang diselenggarakan di ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Nah, tahun 2021 ini, awalnya peringatan HPN akan diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun karena situasi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung mereda, peringatan HPN dialihkan ke Ibukota, Jakarta secara daring. Untuk tema besar HPN 2021 adalah “Bangkit dari pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan.”

Nah, apakah kamu punya cita-cita menjadi seseorang yang terjun di dunia pers? Kalau iya, kamu bisa lho mendalami ilmu jurnalistik bersama guru privat terbaik di ruangles. Di ruangles kamu bebas menentukan guru privat kamu dan tentunya waktu belajar yang fleksibel. Gabung sekarang yuk!

IDN CTA Blog ruangles-1 Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah