Sejarah Runtuhnya Vietnam Selatan dan Bersatunya Vietnam | Sejarah Kelas 12

sejarah vietnam selatan

Artikel ini membahas bagaimana awal mula munculnya Vietnam Selatan dan Vietnam Utara, lalu seperti apa peperangan yang terjadi hingga menyebabkan runtuhnya Vietnam Selatan.

Hai Squad, kamu tahu nggak sih kalau Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil lolos ke babak semifinal kompetisi Sepakbola Asian Games 2018? Kalau kamu pecinta sepakbola pasti tahu dong yaa. Nah, setelah negaranya lolos ke babak semifinal, masyarakat Vietnam langsung merayakannya dengan sangat gembira, tepat di hari Vietnam mengalahkan Suriah dengan skor 1-0.

Keberhasilan Vietnam bisa mencapai babak semifinal tentunya tidak terlepas dari semangat perjuangan para pemain, dukungan yang besar masyarakatnya, dan juga kepercayaan yang diberikan oleh pelatih serta pemerintah. Sebelum sampai seperti sekarang ini, Vietnam punya sejarah yang panjang lho. Kamu tahu nggak kalau dulu itu Vietnam terpecah, terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan? Kalau belum tahu, di artikel ini kita bahas yuk bagaimana Vietnam bisa bersatu dan seperti apa sih Vietnam Utara dan Vietnam Selatan itu.

Berdirinya Vietnam Selatan

Awal berdirinya Vietnam Selatan itu ketika Perancis berusahan mendirikan negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia ke II. Dengan hadirnya Vietnam Selatan, otomatis membuat Vietnam terpecah. Hal itu membuat Ho Chi Minh sangat marah, karena ia menginginkan Vietnam menjadi negara yang merdeka dan utuh. Kemudian terjadilah perang Indocina I pada tahun 1946-1954, yaitu antara Vietnam Utara yang didukung oleh Tiongkok dan Vietnam Selatan didukung oleh Perancis.

Vietnam Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh mendapat pengakuan dari Rusia dan Tiongkok pada tanggal 31 Januari 1950. Kemudian Vietnam Selatan yang dipimpin oleh Bao Dai juga mendapat pengakuan dari Amerika Serikat dan Inggris pada 7 Februari 1950, namun di satu sisi sebagian besar rakyat tidak mau mengakuinya.

Perjanjian Jenewa dalam runtuhnya vietnam selatan

Lalu apa yang menyebabkan Vietnam Selatan runtuh? Dan bagaimana akhirnya Vietnam bersatu?

Nah puncaknya adalah ketika kembali terjadinya perang Indocina II. Ho Chi Minh kembali melakukan serangan kepada Vietnam Selatan dengan bantuan Uni Soviet. Kenapa Ho Chi Minh bersikeras ingin menghancurkan Vietnam Selatan? Hal itu ia lakukan karena Vietnam Selatan dianggap sebagai penghalang persatuan Vietnam yang telah ia cita-citakan.

Dengan adanya serangan itu, Amerika Serikat pun ikut turun tangan membantu Vietnam Selatan, karena mereka masih berkepentingan pada wilayah tersebut. AS yang berusaha mempertahankan wilayah Vietnam Selatan, terus memberikan bantuan pasukannya. Akibatnya, perang Indocina II yang besar pun tidak lagi bisa dihindari dan berlangsung pada tahun 1957-1975, cukup lama ya Squad.

Perang Indocina dalam runtuhnya vietnam selatan

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk berunding dan melakukan gencatan senjata pada tahun 1970. Perundingan itu diikuti oleh Vietnam Utara, Vietnam Selatan, dan Amerika Serikat di Paris. Kemudian pada tahu 1972, diumumkan oleh AS bahwa Indonesia, Kanada, Hongaria, dan Polandia menjadi pengawas gencatan senjata di Vietnam.

Wuiih damai dong berarti nih dua-duanya? Ooo tentu saja tidaak.

bingung-1

Hmm gimana ya cara supaya vietnam bersatu? Sumber: ghipy.com

Perundingan yang hampir mencapai kesepakatan itu ternyata dilanggar. Tiba-tiba saja Vietnam Utara menyerang Vietnam Selatan secara tiba-tiba. Amerika Serikat pun marah, kemudian Presiden Richard Nixon memerintahkan pasukannya untuk meranjau semua lalu lintas laut dan juga menghancurkan seluruh jalur komunikasi dan transportasi Vietnam Utara. Karena mendapat serangan tersebut, akhirnya Vietnam Utara menyepakati gencatan senjatanya. Perjanjian itu disebut sebagai Persetujuan Paris, dan ditandatangani pada 27 Januari 1973.

Runtuhnya Vietnam Selatan

Sebenarnya Perang Vietnam ini sudah hampir berakhir lho pada bulan April 1975. Namun, pada 18 April 1975 Vietnam Utara kembali mengancam wilayah Vietnam Selatan, dan wilayah yang dituju adalah Saigon, ibu kota Vietnam Selatan. Masyarakat Vietnam Selatan pun panik dan mulai mengungsi ke wilayah AS menggunakan lima kapal induk Armada yang dikirimkan AS.

Presiden Vietnam sempat berganti 2 kali, pertama yaitu bergantinya Nguyen Van Thieu ke Tran Van Huong. Nguyen Van Thieu adalah presiden yang menandatangani Persetujuan Paris karena AS berjanji mengirim pesawat B-52 yang akan mengebom Vietnam Utara jika melakukan pelanggaran. Namun hal itu tidak dilakukan oleh AS, dan Vietnam Selatan kekurangan kekuatan militernya.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Palestina dengan Israel

Saat bantuan dari AS tidak datang, Vietnam Utara semakin di atas angin. Kemudian pada 28 April 1975, Tran Van Houng digantikan oleh Duong Van Minh sebagai Presiden Vietnam Selatan. Namun, baru sehari memimpin, wilayahnya langsung diserang oleh pasukan gerilya Vietnam Utara yaitu Vietcong. Wilayah yang menjadi tujuan serangan Vietcong adalah Saigon.

Pada akhirnya pasukan Vietnam Selatan kalah akibat hujan tembakan artileri yang dilakukan oleh Vietcong. Akhirnya pasukan Vietnam Utara mulai menduduki posisi-posisi penting di Saigon dan mengibarkan bendera mereka di istana kepresidenan Vietnam Selatan pada 30 April 1975. Hal itu menandakan menyerahnya pemerintahan Vietnam Sealtan tanpa syarat kepada Vietcong, dan kejatuhan Saigon pun menandakan berakhirnya Perang Vietnam dengan kemenangan Vietnam Utara. Hal ini menjadi periode awal transisi Vietnam menjadi satu negara yang utuh.

 

perang vietnam menjadi penyebab runtuhnya vietnam selatan

Perang Vietnam yang memakan banyak korban jiwa akhirnya selesai. Sumber: bbc.com

Nah jadi begitu Squad sejarah berdiri sampai runtuhnya Vietnam Selatan. Kalau kamu perhatikan, sebenarnya peperangan yang terjadi di Vietnam ini merupakan peperangan kepentingan Blok Barat dan Blok Timur. Dari kedua wilayah Vietnam tersebut, keduanya berada di bawah bayang-bayang negara lain. Hingga akhirnya Vietnam menjadi negara yang utuh dan bersatu pada 1976. Nah kalau secara politik, ini menjadi penanda kemenangan Blok Timur terhadap Blok Barat di Asia Tenggara, dan Vietnam menjadi negara komunis.

Seru juga, kan, kalau memelajari sejarah bangsa-bangsa lain? Jadinya pengetahuan kita makin bertambah, bukan hanya tentang Indonesia, tapi juga apa yang ada di luar Indonesia. Coba kalau Vietnam masih kepisah, mungkin aja di Asian Games kemarin masyarakatnya nggak seramai itu merayakan lolosnya tim sepakbola negara mereka. Nah, kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi, yuk belajar lewat ruangbelajar. Di sana kamu bisa belajar dengan menggunakan video beranimasi sekaligus bisa ngukutin latihan-latihan soalnya.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Referensi:

Hapsari, Ratna dan Adil M. Sejarah untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Erlangga.

Sumber Foto:

‘The United States was Heavily Involved in the Vietnam War’. (daring) Tautan: https://www.bbc.com/news/world-asia-pacific-16567315 (Diakses: 20 September 2018)

 

Artikel terakhir diperbarui pada 27 Oktober 2020.

Fahri Abdillah