Seleksi Mandiri ITS 2024: Jadwal, Ketentuan, Syarat & Biaya

Seleksi Mandiri ITS

Artikel ini memberikan informasi lengkap mengenai jalur seleksi mandiri ITS 2024 untuk pendidikan sarjana dan vokasi, meliputi jadwal, syarat, hingga biaya.

 

Mau masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)? Selain SNBP dan UTBK-SNBT, ITS juga membuka jalur seleksi mandiri untuk program Sarjana dan Vokasi. Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih nih. Kamu bisa memilih jalur Seleksi Mandiri Umum, jalur Seleksi Mandiri Beasiswa, dan jalur Seleksi Mandiri Kemitraan.

Kira-kira, apa ya perbedaan kelima jalur tadi? Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Pendaftaran PPKB UI 2024: Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar

 

Jalur Seleksi Mandiri Umum

Seleksi Mandiri Umum adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri, yang diperuntukkan bagi lulusan siswa SMA/MA/SMK atau sejenis pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024), dari masyarakat umum yang berminat pada program Sarjana dan Sarjana Terapan (Vokasi).

Seleksi Mandiri Umum ITS tahun 2024 melalui dua skema berikut:

  • Seleksi Mandiri Umum – UTBK
  • Seleksi Mandiri Umum – TKA SMITS

 

Jadwal Seleksi Mandiri Umum 2024

  • Pendaftaran: 28 Mei – 16 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • TKA SMITS (ITS)*: 22-23 Juni 2024
  • TKA SMITS (Jakarta, Surakarta, Denpasar, Makassar, Padang, dan Balikpapan)*: 22 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil: 2 Juli 2024
  • Daftar Ulang**: diumumkan kemudian

 

Catatan:

*) Peserta mendapat sesi ujian secara otomatis setelah menyelesaikan pendaftaran. Sesi dan hari pelaksanaan TKA SMITS ditentukan oleh sistem dan tidak dapat diubah. TKA Campuran hanya diselenggarakan di Lokasi Ujian ITS (Surabaya).
**) Informasi detail terkait jadwal, persyaratan, kegiatan, dan lain-lain akan diinformasikan lebih lanjut bersamaan pengumuman hasil seleksi.

 

Syarat dan Ketentuan Seleksi Mandiri Umum 2024

A. Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta Seleksi Mandiri Umum 2024 sebagai berikut:

  1. Membuat/memiliki Akun myITS Admission;
  2. Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau peserta didik Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024);
  4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional);
  5. Mengikuti UTBK-SNBT 2024 (dibuktikan dengan Nomor Peserta UTBK-SNBT 2024) dan/atau mengikuti TKA SMITS 2024;
  6. Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 dan mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  7. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, termasuk memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

 

B. Persyaratan Lain

Khusus peminat program studi S1 Desain Produk Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Desain Interior diharuskan mengunggah Portofolio Desain saat pendaftaran.

Portofolio Desain untuk Seleksi Mandiri ITS harus dipindai (scanned) atau difoto (baik menggunakan kamera maupun ponsel berkamera). Hasil pindai (scan) atau foto dari setiap item, dicantumkan pada halaman file PPT/Powerpoint sesuai halaman peruntukannya. Portofolio berisikan:

  1. Satu (1) karya terbaik berupa gambar manual yang sesuai bidang Seni Rupa atau Desain yang pernah dibuat.
  2. Satu (1) keterangan pernyataan keaslian karya terbaik sesuai template yang ditanda tangani.

 

Catatan:

  • Pernyataan Keaslian Karya dapat diunduh di sini.
  • Template Pengumpulan Portofolio (PPT) dapat diunduh di sini.

 

C. Ketentuan TKA SMITS

Informasi Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik Seleksi Masuk ITS (TKA SMITS 2024) dapat diakses di laman https://www.its.ac.id/admission/tka/.

 

D. Ketentuan Program Studi

Seleksi Mandiri Umum dibuka untuk semua program studi sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali kelas internasional.

  1. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Sarjana Terapan) dengan ketentuan sebagaimana tabel terlampir.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

 

ketentuan program studi seleksi mandiri umum its 2024

(Sumber: https://www.its.ac.id/)

 

E. Ketentuan Lainnya

Peserta yang diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan daftar ulang, tidak dapat diterima di Seleksi Mandiri Umum ITS ataupun Seleksi Mandiri lain di PTN.

Beberapa program studi dalam proses pembelajaran sangat memerlukan suatu kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata. Berikut adalah beberapa program studi di ITS yang mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang:

persyaratan khusus program studi seleksi mandiri umum its 2024

(Sumber: https://www.its.ac.id/)

 

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Umum 2024

Proses Seleksi Mandiri Umum dikenakan biaya pendaftaran sebagai berikut:

  • Seleksi Mandiri Umum UTBK dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.
  • Seleksi Mandiri Umum TKA SMITS dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Umum 2024

Tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri Umum dilaksanakan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/ dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Bagi pendaftar baru, buat akun dengan registrasi akun MyITS Admission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Sementara pendaftar yang sudah memiliki akun, bisa langsung lanjut log in. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun:
    • Nomor Induk Kependudukan, dan
    • Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimum 64×64,
    • Scan kartu identitas: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), dan
    • Foto diri memegang kartu identitas.
  2. Login ke akun MyITS Admission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang sudah diverifikasi) dan password Anda.
  3. Melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri Umum secara online.
  4. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Usahakan pengisian secara urut pada isiannya, terutama pada tab Pendidikan. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS. Data aplikasi tidak dapat diubah setelah formulir selesai diisi dan disimpan permanen/difinalisasi.
  5. Memilih program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) program studi (maksimal 2 program sarjana dan 2 program sarjana terapan) dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
  6. Seluruh peserta Seleksi Mandiri Kemitraan dan Umum diwajibkan mengunggah Deskripsi Diri/Motivation Letter dan Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Peserta yang menyatakan kesediaan mengikuti ketentuan biaya pendidikan. Surat Pernyataan Orang Tua/Wali dapat diunduh di sini.
  7. Setelah dipastikan semua data benar, lakukan finalisasi. Peserta akan mendapatkan Kode Pembayaran, peserta dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan petunjuk. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan. (Penting!: Biaya Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali).
  8. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS.

 

Jalur Seleksi Mandiri Beasiswa

Seleksi Mandiri Beasiswa adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk pelajar berprestasi yang berminat berkuliah di ITS pada program Sarjana dan Sarjana Terapan. Seleksi ini menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik.

Seleksi Mandiri Beasiswa Program Sarjana dan Sarjana Terapan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024) dengan tujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan membuka kesempatan berupa altenatif seleksi dengan menggunakan nilai prestasi yang sudah dimiliki dengan beasiswa KIP Kuliah atau beasiswa pembebasan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dari Dana Abadi ITS.

Baca Juga: SM-IPB University 2024: Jadwal, Materi, dan Syarat Ujian

 

Jadwal Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

  • Pendaftaran: 23 April – 31 Mei 2024 pukul 15.00 WIB
  • Pengumuman Hasil: 15 Juni 2024
  • Daftar Ulang: diumumkan kemudian

 

Syarat dan Ketentuan Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

A. Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta Seleksi Mandiri Beasiswa 2024 sebagai berikut:

  1. Membuat/memiliki Akun myITS Admission;
  2. Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau peserta didik Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024);
  4. Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 dan mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, termasuk memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

 

B. Persyaratan Lainnya

Khusus peminat program studi S1 Desain Produk Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Desain Interior diharuskan mengunggah Portofolio Desain saat pendaftaran.

Portofolio Desain untuk Seleksi Mandiri ITS harus dipindai (scanned) atau difoto (baik menggunakan kamera maupun ponsel berkamera). Hasil pindai (scan) atau foto dari setiap item, dicantumkan pada halaman file PPT/Powerpoint sesuai halaman peruntukannya. Portofolio berisikan:

  1. Satu (1) karya terbaik berupa gambar manual yang sesuai bidang Seni Rupa atau Desain yang pernah dibuat.
  2. Satu (1) keterangan pernyataan keaslian karya terbaik sesuai template yang ditanda tangani.

 

Catatan:

  • Pernyataan Keaslian Karya dapat diunduh di sini.
  • Template Pengumpulan Portofolio (PPT) dapat diunduh di sini.

 

C. Ketentuan Prestasi Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

Pendaftar Seleksi Mandiri Beasiswa wajib melampirkan minimal satu prestasi dalam proses pendaftaran minimal satu dari kriteria pilihan prestasi.

Dalam proses seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen prestasi, seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan/atau surat rekomendasi dari lembaga terkait. Dokumen bukti prestasi yang dapat diunggah meliputi:

  1. Juara tingkat provinsi, nasional dan internasional
    1. Olimpiade Sains
    2. Lomba Kompetensi Siswa
    3. Kejuaraan Olahraga
    4. Kompetisi Seni dan Desain
    5. Lomba Karya Tulis Ilmiah
  2. Penghafal Kitab Suci
  3. Pengalaman Organisasi (sebagai Badan Pengurus Harian, yakni Ketua, Wakil, Sekretaris, dan Bendahara)

 

Catatan:

Prestasi yang diunggah adalah prestasi individual atau tim dengan maksimal anggota tim 2 orang. Semua prestasi yang diunggah harus dilampiri bukti prestasi, yakni dengan sertifikat, piagam penghargaan, surat keterangan, atau surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Template Surat Rekomendasi terbaru dapat diunduh di sini.

 

D. Ketentuan Program Studi Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

Jalur Seleksi Mandiri Beasiswa dibuka untuk semua program studi sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali kelas internasional.

  1. Setiap siswa dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi yang bebas terdiri dari Program Akademik (Strata-1/Sarjana) dan/atau Program Vokasi (Diploma-4/Sarjana Terapan);
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Pilihan disarankan bersesuaian dengan mata pelajaran yang pernah ditempuh di Sekolah Menengah Tingkat Atas. Program studi di ITS dikategorikan menjadi rumpun Saintek, rumpun Soshum, dan rumpun Desain. Penjelasan rumpun program studi, bisa kamu cek di laman: https://www.its.ac.id/admission/mandiri-beasiswa/#persyaratan.

 

E. Ketentuan Lainnya

Peserta yang diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan daftar ulang tidak dapat diterima di Seleksi Mandiri Beasiswa ITS ataupun Seleksi Mandiri lain di PTN.

Beberapa program studi dalam proses pembelajaran sangat memerlukan suatu kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata. Berikut adalah beberapa program studi di ITS yang mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang.

persyaratan khusus program studi seleksi mandiri umum its 2024

(Sumber: https://www.its.ac.id/)

 

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

Seleksi Mandiri Beasiswa dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

Pendaftar dengan KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran, dengan ketentuan program studi pilihan terakreditasi A atau Unggul. Daftar program studi yang dapat dipilih oleh pendaftar dengan KIP Kuliah dapat dilihat di tab Beasiswa.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa 2024

Tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa program Sarjana dan Sarjana Terapan dilaksanakan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/ dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Bagi pendaftar baru, buat akun dengan registrasi akun MyITS Admission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Sementara pendaftar yang sudah memiliki akun, bisa langsung lanjut log in. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun:
    1. Nomor Induk Kependudukan, dan
    2. Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimum 64×64,
    3. Scan kartu identitas: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), dan
    4. Foto diri memegang kartu identitas.
  2. Login ke akun MyITS Admission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang sudah diverifikasi) dan password Anda.
  3. Melakukan pendaftaran seleksi Seleksi Mandiri Beasiswa. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. Nilai rapor semester 1 s/d 6
      1. untuk Seleksi Mandiri Beasiswa, cukup sampai semester 5 jika belum ada nilai rapor semester 6. Bagi pendaftar dari SMK berkurikulum 4 tahun, isi sampai semester 7 jika belum ada nilai rapor semester 8.
      2. Nilai rapor adalah nilai pengetahuan. Kecuali mata pelajaran produktif pada SMK diisi nilai keterampilan.
      3. Nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan bagi pendaftar dari jurusan IPA dan matematika umum bagi pendaftar dari jurusan selain IPA.
      4. Peserta dari sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka dapat memilih Jurusan Kurikulum Merdeka pada isian tab menu Pendidikan dan mengisi nilai sesuai mata pelajaran yang dimiliki. Mata pelajaran yang tidak diambil pada semester terkait dapat dibiarkan kosong (dikosongi).
    2. Bukti Prestasi (bisa berupa sertifikat, piagam, atau surat rekomendasi sekolah)
    3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (sebagai bukti pendukung prestasi peringkat siswa, pengalaman organisasi di sekolah, dan/atau prestasi lain yang belum ada sertifikatnya namun diakui sekolah, contoh format/template terbaru bisa diunduh di sini)
    4. Deskripsi Diri/Motivation Letter, format bebas
    5. Portofolio Desain bagi pendaftar yang memilih program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, dan/atau Desain Komunikasi Visual. Instruksi Kerja, Pernyataan Keaslian Karya, dan Template Pengumpulan Portofolio dapat diunduh melalui tab Ketentuan.
    6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Usahakan pengisian secara urut pada isiannya, terutama pada tab Pendidikan. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS. Data aplikasi tidak dapat diubah setelah formulir selesai diisi dan disimpan permanen/difinalisasi.
    7. Memilih program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
    8. Setelah dipastikan semua data benar, lakukan finalisasi. Peserta akan mendapatkan Kode Pembayaran, peserta dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan petunjuk. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan. (Penting!: Biaya Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali).
    9. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.
    10. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS Program Sarjana. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa/diunggah saat mendaftar ulang ketika peserta telah resmi dinyatakan diterima.

 

Jalur Seleksi Mandiri Kemitraan

Seleksi Mandiri Kemitraan adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri, diperuntukkan bagi lulusan siswa SMA/MA/SMK atau sejenis pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024) dari rekomendasi instansi mitra yang berminat pada program Sarjana dan Sarjana Terapan.

Baca Juga: Mengenal SKS, IP, IPK & Sistem Penilaian di Bangku Kuliah

Seleksi Mandiri Kemitraan ITS tahun 2024 melalui dua skema berikut:

  • Seleksi Mandiri Kemitraan – UTBK
  • Seleksi Mandiri Kemitraan – TKA SMITS

 

Jadwal Seleksi Mandiri Kemitraan 2024

  • Pendaftaran: 28 Mei – 16 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Batas Kirim Rekomendasi dari Instansi: 18 Juni 2024
  • TKA SMITS (ITS)*: 22-23 Juni 2024
  • TKA SMITS (Jakarta, Surakarta, Denpasar, Makassar, Padang, dan Balikpapan)*: 22 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil: 2 Juli 2024
  • Daftar Ulang**: diumumkan kemudian

 

Catatan:

*) Peserta mendapat sesi ujian secara otomatis setelah menyelesaikan pendaftaran. Sesi dan hari pelaksanaan TKA SMITS ditentukan oleh sistem dan tidak dapat diubah. TKA Campuran hanya diselenggarakan di Lokasi Ujian ITS (Surabaya).
**) Informasi detail terkait jadwal, persyaratan, kegiatan, dan lain-lain akan diinformasikan lebih lanjut bersamaan pengumuman hasil seleksi.

 

Syarat dan Ketentuan Seleksi Mandiri Kemitraan 2024 

A. Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta Seleksi Mandiri Kemitraan 2024 sebagai berikut:

  1. Membuat/memiliki Akun myITS Admission;
  2. Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Putra/putri karyawan dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya Perjanjian Kerjasama sesuai daftar mitra di tab Instansi Mitra;
  4. Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau peserta didik Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024);
  5. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional);
  6. Mengikuti UTBK-SNBT 2024 dan/atau mengikuti TKA SMITS 2024;
  7. Memiliki dan mengunggah nilai rapor SMA/MA/SMK/Paket C lengkap, semester 1 s.d. semester 6;
  8. Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 dan mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  9. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, termasuk memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

 

B. Persyaratan Lainnya

Khusus peminat program studi S1 Desain Produk Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Desain Interior diharuskan mengunggah Portofolio Desain saat pendaftaran.

Portofolio Desain untuk Seleksi Mandiri ITS harus dipindai (scanned) atau difoto (baik menggunakan kamera maupun ponsel berkamera). Hasil pindai (scan) atau foto dari setiap item, dicantumkan pada halaman file PPT/Powerpoint sesuai halaman peruntukannya. Portofolio berisikan:

  1. Satu (1) karya terbaik berupa gambar manual yang sesuai bidang Seni Rupa atau Desain yang pernah dibuat.
  2. Satu (1) keterangan pernyataan keaslian karya terbaik sesuai template yang ditanda tangani.

 

Catatan:

  • Pernyataan Keaslian Karya dapat diunduh di sini.
  • Template Pengumpulan Portofolio (PPT) dapat diunduh di sini.

 

C. Ketentuan TKA SMITS

Informasi Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik Seleksi Masuk ITS (TKA SMITS 2024) dapat diakses di laman https://www.its.ac.id/admission/tka/.

 

D. Ketentuan Program Studi

Seleksi Mandiri Umum dibuka untuk semua program studi sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali kelas internasional.

  1. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Sarjana Terapan) dengan ketentuan sebagaimana tabel terlampir.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

 

ketentuan program studi seleksi mandiri umum its 2024

(Sumber: https://www.its.ac.id/)

 

E. Ketentuan Lainnya

Peserta yang diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan daftar ulang, tidak dapat diterima di Seleksi Mandiri Umum ITS ataupun Seleksi Mandiri lain di PTN.

Beberapa program studi dalam proses pembelajaran sangat memerlukan suatu kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata. Berikut adalah beberapa program studi di ITS yang mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang:

persyaratan khusus program studi seleksi mandiri umum its 2024

(Sumber: https://www.its.ac.id/)

 

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan 2024

Proses Seleksi Mandiri Kemitraan dikenakan biaya pendaftaran sebagai berikut:

  • Seleksi Mandiri Kemitraan UTBK dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.
  • Seleksi Mandiri Kemitraan TKA SMITS dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan 2024

Tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan dilaksanakan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/ dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Bagi pendaftar baru, buat akun dengan registrasi akun MyITS Admission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Sementara pendaftar yang sudah memiliki akun, bisa langsung lanjut log in. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun:
    1. Nomor Induk Kependudukan, dan
    2. Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimum 64×64,
    3. Scan kartu identitas: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), dan
    4. Foto diri memegang kartu identitas.
  2. Login ke akun MyITS Admission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang sudah diverifikasi) dan password Anda.
  3. Melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri Kemitraan secara online.
  4. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Usahakan pengisian secara urut pada isiannya, terutama pada tab Pendidikan. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS. Data aplikasi tidak dapat diubah setelah formulir selesai diisi dan disimpan permanen/difinalisasi.
  5. Memilih program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) program studi (maksimal 2 program sarjana dan 2 program sarjana terapan) dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
  6. Seluruh peserta Seleksi Mandiri Kemitraan dan Umum diwajibkan mengunggah Deskripsi Diri/Motivation Letter dan Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Peserta yang menyatakan kesediaan mengikuti ketentuan biaya pendidikan. Surat Pernyataan Orang Tua/Wali dapat diunduh di sini.
  7. Setelah dipastikan semua data benar, lakukan finalisasi. Peserta akan mendapatkan Kode Pembayaran, peserta dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan petunjuk. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan. (Penting!: Biaya Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali).
  8. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS.

Sudah siap untuk menghadapi selesi mandiri ITS? Catat jadwalnya dan persyaratannya agar tidak ada yang terlewat ya. So, tetap semangat mempersiapkan diri dengan bantuan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

https://www.its.ac.id/admission/mandiri-beasiswa/ (Diakses: 21 Mei 2024)

https://www.its.ac.id/admission/mandiri-umum/ (Diakses: 21 Mei 2024)

https://www.its.ac.id/admission/mandiri-kemitraan/ (Diakses: 21 Mei 2024)

Sumber Foto:

Kampus ITS [daring]. Tautan: https://faktualnews.co/2021/12/02/hii-serem-karyawan-its-sering-ditemui-hantu-tanpa-kepala-di-gedung-pusat-riset/292572/ (Diakses: 18 Mei 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D