Seleksi Mandiri UPI 2024: Jadwal, Syarat & Tahapannya

Seleksi Mandiri UPI

Mau masuk UPI? Yuk, daftarkan dirimu di Seleksi Mandirinya. Simak informasi lengkap seperti jadwal, syarat, tahapan, dan penilaiannya berikut ini.

 

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu, terutama bagi kamu yang ingin menjadi pengajar profesional. UPI memang sudah dikenal sebagai kampus yang banyak menghasilkan lulusan guru yang berkualitas. Sebagai salah satu kampus terbaik, UPI pun selalu mendapatkan banyak peminat setiap tahunnya.

Tahun ini, UPI juga kembali membuka jalur Seleksi Mandiri dengan mempertimbangkan nilai UTBK dan nilai ujian tulis. Yuk, simak informasinya!

 

Mengenal Seleksi Mandiri UPI

Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk menjadi mahasiswa UPI, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Seleksi Mandiri UPI dilakukan untuk memfasilitasi masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi SNBP dan UTBK-SNBT.

Melalui kesempatan mengikuti seleksi mandiri di UPI diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut dapat mengapai cita-citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan.

Baca Juga: Jalur Mandiri UNJ 2024: Jadwal, Syarat, Materi & Biaya

 

Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI 2024

  • Pengambilan Nomor Bayar (Online): 20 Mei – 30 Juni 2024.
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran: 20 Mei 2024 – 30 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.
  • Pengisian Biodata Peserta (Online): 20 Mei 2024 – 30 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Pemilihan Lokasi-Waktu Ujian dan Pencetakan Kartu Peserta: 20 Mei 2024 – 30 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.

 

Syarat Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI 2024

A. Persyaratan Umum

Peserta SM UPI harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2024, 2023, dan 2022.
  • Mempunyai kesehatan fisik dan mental yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

 

B. Persyaratan Khusus

Peserta SM UPI harus memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut:

  • Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris).
  • Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Al-Qur’an.

 

Ketentuan Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI 2024

  1. Pendaftar SM UPI dapat memilih 2 (dua) Program Studi pada kelompok bidang minat yang sama maupun berbeda, yakni Bidang Minat Kependidikan dan/atau Non-Kependidikan.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://pmb.upi.edu
  3. Uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat diminta kembali.
  4. Pada prinsipnya, setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online). Jika peserta ingin mengubah kembali pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank.
  5. Mengisi Form Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan dan mengunggahnya pada proses pendaftaran SM UPI.

 

Mekanisme Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI 2024

Setelah peserta masuk pada laman https://e-form.upi.edu/pmb/, proses pendaftaran selanjutnya dilakukan berdasarkan tahap berikut:

1. Login dengan Akun

Silahkan log-in dengan akun Anda. Jika belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu. Anda juga dapat log-in atau daftar menggunakan akun Google.

2. Pilih Jalur Seleksi

Memilih jalur seleksi pendaftaran yang tersedia dan sesuai keinginan Anda.

3. Ambil Nomor Bayar

Mengambil Nomor Bayar dengan mengisi Identitas Diri dan memilih Program Studi Pilihan 1 dan 2.

4. Bayar Melalui Virtual Account

Gunakan Nomor Bayar dalam bentuk Nomor Virtual Account yang diberikan untuk melakukan pembayaran melalui bank/mitra yang tersedia. Pendaftar menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui Teller Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. (BNI) atau Bank Mandiri atau Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) di cabang manapun atau dengan metode lain (seperti e-Banking dan melalui ATM) dengan menyebutkan/memasukkan Nomor Bayar untuk BNI, atau Nomor Virtual Account untuk Bank Mandiri dan Bank BRI. Penyetoran ke Bank BNI hanya dapat dilakukan melalui Bank BNI, sedangkan penyetoran ke Bank Mandiri atau Bank BRI dapat dilakukan melalui Bank lainnya.

5. Perbaharui (Update) Biodata

Lakukan pembaharuan (update) biodata. Pastikan semua data yang tersimpan adalah data yang sebenar-benarnya.

6. Cetak Kartu Peserta

Setelah biodata selesai dikonfirmasi, peserta bisa mencetak Kartu Peserta dan mencetak Biodata. Peserta harus mencetak kartu peserta (secara fisik) untuk diperlihatkan kepada pengawas saat pelaksanaan ujian. Kartu Peserta akan digunakan untuk syarat mengikuti ujian dan mengetahui waktu-lokasi ujian. Informasi untuk pelaksanaan ujian keterampilan dan/atau wawancara akan diberikan pada akun pendaftaran masing-masing peserta.

7. Cek Informasi Ujian

Peserta diharapkan dapat selalu mengakses laman https://pmb.upi.edu dan akun pendaftaran masing-masing untuk mendapatkan informasi terbaru terkait ujian. Peserta juga dapat melihat informasi hasil tes seleksi melalui laman https://pmb.upi.edu pada akun pendaftaran masing-masing.

 

Penilaian Seleksi Mandiri UPI 2024

  1. Menggunakan Nilai Tes Psikologis Bidang Minat (Kependidikan atau NonKependidikan), Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi (Literasi dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris) dan Tes Penalaran Matematika. Khusus Program Studi S1 Kedokteran menggunakan Nilai Tes Psikologis Bidang Minat (Non-Kependidikan), Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi (Literasi dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris) dan Tes IPA Terpadu (Biologi dan Kimia).
  2. Khusus Program Studi terkait Olahraga dan Seni akan ada tambahan penilaian dari Portofolio dan Ujian Keterampilan.
  3. Khusus Program Studi S1 Ilmu Pendidikan Agama Islam akan ada tambahan penilaian dari Ujian Keterampilan Membaca Al-Quran.
  4. Khusus Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (International Program on Science Education/IPSE) akan ada tambahan penilaian dari Wawancara dalam Bahasa Inggris.
  5. Khusus Program Studi S1 PGSD, PGPAUD dan Psikologi akan ada tambahan penilaian dari Wawancara.

 

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM UPI 2024 adalah sebesar Rp350.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Pendaftar SM UPI 2024 yang memilih Program Studi Sarjana Pendidikan Seni Rupa (FPSD); Pendidikan Seni Tari (FPSD); Pendidikan Seni Musik (FPSD); Desain Komunikasi Visual (FPSD); Musik (FPSD); Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (FPOK); Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FPOK); Ilmu Keolahragaan (FPOK); PGSD Pendidikan Jasmani (FPOK dan Kampus UPI di Sumedang); dan Kepelatihan Fisik Olahraga (FPOK) dikenakan biaya tambahan Rp150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per orang per jenis Ujian Keterampilan yang diikuti disetor bersama biaya pendaftaran.

Sudah siap untuk mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Mandiri UPI 2024? Siapkan seluruh persyaratannya dan jangan sampai ada yang terlewat ya. Materi ujian yang diujikan mirip dengan UTBK, lho. So, kamu masih bisa kembali mengulang materi melalui video belajar beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Seleksi Mandiri UPI 2023 [daring]. Tautan: https://pmb.upi.edu/sarjana/seleksi-mandiri/ (Diakses: 21 Juni 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D