Jurusan Sastra Jerman: Mata Kuliah, Universitas & Prospek Kerja

Jurusan Sastra Jerman

Artikel ini membahas mengenai mata kuliah yang dipelajari di Sastra Jerman, universitas dengan jurusan Sastra Jerman, dan prospek kerja lulusan Sastra Jerman. Yuk disimak!

 

Mengutip informasi dari Goethe Institut Indonesia, pada dunia ilmu pengetahuan, bahasa Jerman merupakan bahasa terpenting kedua setelah bahasa Inggris.

Tak hanya masalah bahasa, Jerman juga menempati peringkat ketiga sebagai negara yang aktif berkontribusi di bidang penelitian dan pengembangan (litbang) dan penyedia beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing.

Wah, menarik kan?

Baca Juga: Yuk, Masuk Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI

Nah, kalau kamu tertarik belajar bahasa Jerman, bisa memilih program studi Sastra Jerman ya. Gak cuman buat kamu yang tertarik dengan bahasanya aja, tapi juga buat kamu yang tertarik mempelajari kebudayaan Jerman.

Kebetulan banget, di Indonesia telah banyak universitas yang menyediakan program studi ini. Sebenarnya seperti apa sih kuliah di program studi Sastra Jerman itu? Simak artikel ini sampai habis.

 

Seluk-Beluk Jurusan Sastra Jerman

Mempelajari cara menjadi Pak Habibie ×

Mempelajari sejarah, bahasa, sastra dan kebudayaan Jerman

Kalau membahas tentang Jerman, sepertinya gak abis-abis ya, guys. Apalagi, salah satu Presiden Republik Indonesia, yaitu Pak B.J. Habibie, punya ikatan yang kuat banget sama Jerman.

Nah, kalau kamu tertarik mempelajari lebih dalam tentang negara dan bahasa Jerman, saat kuliah, kamu boleh lho mengambil jurusan Sastra Jerman.

Selain mempelajari tentang sastra Jerman, di prodi ini kamu juga akan mempelajari tata bahasa, cara menulis dan berbicara dalam bahasa Jerman dengan baik dan benar. Asyik banget, kan! Tapi kalau mau ambil jurusan ini, harus daftar di kampus mana sih?

 

Daftar Universitas dengan Jurusan Sastra Jerman

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki program studi Sastra Jerman, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Sam Ratulangi.

Yuk simak sedikit gambaran terkait jurusan atau program studi Sastra Jerman pada beberapa kampus berikut.

 

1. Sastra Jerman UI (Universitas Indonesia)

Program studi Sastra Jerman di Universitas Indonesia berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Dalam program studi ini kamu akan belajar 3 hal, yaitu:

  1. Ilmu Linguistik. Kamu akan mempelajari tata Bahasa dan kosa kata dalam Bahasa Jerman. Jadi, nantinya kamu akan diajari gimana caranya berkomunikasi pakai Bahasa Jerman secara lisan dan tertulis.
  2. Kesusastraan. Mempelajari tentang sejarah perkembangan kesusastraan di Jerman dari masa Mittelalter sampai Neue Zeit yang dikelompokkan menjadi masa Aufklärung, Klasik-Romantik, dan Modern. Selain itu, kamu juga akan dikenalkan dengan karya-karya seperti puisi dan drama dari tokoh terkenal Jerman.
  3. Budaya Jerman. Mengulas banyak materi meliputi masa-masa awal peradaban Eropa, kekuasaan Romawi di Eropa dan pengaruhnya, Dinasti Karolinger, abad Pertengahan, Prussia, Barock, dan Aufklärung.

 

2. Sastra Jerman UNPAD (Universitas Padjadjaran)

Sama halnya dengan Universitas Indonesia, program studi Sastra Jerman di Universitas Padjadjaran juga berada dibawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Di program studi ini kamu juga akan dibekali dengan ilmu linguistik, kesusastraan, dan budaya Jerman. Nah, ada 4 kompetensi utama berbahasa yang wajib kamu pelajari, yaitu Lesen (reading), Schreiben (grammar), Hören (listening), dan Sprechen (writing).

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Hören, Sprechen, Lesen, dan Schreiben (Sumber: hno-hamm.de)

 

Di program studi ini menyediakan mata kuliah pilihan seperti Bahasa Sunda, Arab, Jepang, Perancis, Mandarin, dan Rusia. Jadi, nggak hanya belajar Bahasa Jerman aja, kamu juga bisa belajar bahasa lain yang nggak kalah menarik, lho.

 

3. Sastra Jerman UM (Universitas Negeri Malang)

Pada Universitas Negeri Malang kamu akan belajar Sastra Jerman di program studi Pendidikan Sastra Jerman. Berbeda dengan UI dan UNPAD, program studi ini berada dibawah Fakultas Sastra (FS).

Karena berlabel pendidikan, maka selain mendapat mata kuliah tentang sastra, kamu juga dibekali dengan mata kuliah seperti Pengantar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran, serta Kuliah Praktek Lapangan.

Selain itu, lulusan Sastra Jerman UM nantinya akan mendapat gelar Sarjana Pendidikan atau S.Pd. Nah, buat kamu yang pengen jadi tenaga pengajar alias guru, bisa banget tuh masuk program studi ini!

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sastra Jerman?

Di jurusan Sastra Jerman, kamu akan mempelajari beragam mata kuliah yang akan membuat kamu semakin mengenal Jerman luar-dalam. Kamu tidak hanya akan mempelajari bahasa dan kesusastraannya saja, tapi kamu juga akan mempelajari sejarah dan kebudayaan Jerman.

Jadi jangan heran, kalau kamu akan ketemu mata kuliah berbau sejarah Renaisans dan Abad Pencerahan atau Aufklärung, juga perkenalan dengan tokoh-tokoh terkenal Jerman, seperti Immanuel Kant dan Johann Wolfgang von Goethe.

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Belajar Bahasa Jerman (Sumber: Study In Germany)

 

Mata Kuliah Jurusan Sastra Jerman

Selain beberapa hal umum yang barusan kamu ketahui tentang hal yang dipelajari di Jurusan Sastra Jerman, kamu bisa simak detail, ada mata kuliah apa aja sih yang akan kamu temukan di Jurusan Sastra Jerman?

Übrigens, ini mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman di Universitas Indonesia, ya.

Semester 1

  • Agama
  • Bahasa Inggris
  • Kemahiran Bahasa Jerman I
  • Membaca dan Menyimak Bahasa Jerman
  • Fonetik-Fonologi & Morfosintaksis Jerman
  • Kebudayaan Jerman

 

Semester 2

  • Kemahiran Bahasa Jerman II
  • Membaca dan Menulis Bahasa Jerman
  • Semantik & Pragmatik Jerman
  • Kesusastraan Jerman dalam Konteks Budaya

 

Semester 3

  • Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Budaya
  • Kemahiran Bahasa Jerman III
  • Membaca dan Menyimak Teks Ilmiah Bahasa Jerman
  • Literasi dan Kompetensi Digital
  • Teori dan Masalah Terjemahan Jerman-Indonesia
  • Pembentukan Identitas-Jerman: Ras, Kelas dan Gender
  • Kajian Teks Interdisipliner

 

Semester 4

  • Kemahiran Bahasa Jerman IV
  • Presentasi dan Diskusi Ilmiah Bahasa Jerman
  • Bahasa Jerman dalam Konteks Pengajaran
  • Penelusuran Sumber Data Bahasa & Budaya Jerman
  • Terjemahan Jerman-Indonesia
  • Sastra & Media dalam Masyarakat Jerman

 

Semester 5

  • Bahasa Jerman Akademik
  • Metode Penelitian dalam Studi Jerman
  • Analisis Wacana dalam Budaya Jerman
  • Multimodalitas dan Komunikasi Interkultural
  • Ragam Bahasa Jerman Profesional

 

Semester 6

Merdeka Belajar

 

Semester 7 & 8

Tugas Akhir

 

Prospek Kerja Lulusan Sastra Jerman

Mungkin banyak yang berpikir, setelah lulus dari Sastra Jerman nantinya hanya akan jadi sastrawan. Hmm… Padahal anggapan itu salah banget. Sebagai lulusan Sastra Jerman, kamu bisa menjadi seorang Konsulat Jenderal RI di Berlin, diplomat di Kementerian Luar Negeri, Penerjemah, Content Writer, bahkan Pemandu Wisata.

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt (Sumber: kemlu.go.id)

 

Gelar Lulusan Jurusan Sastra Jerman

Setelah kamu lulus dari Jurusan Sastra Jerman, kamu akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Sastra atau S.S.guys! Tapi, ada juga kampus yang lulusannya mendapatkan jurusan Sarjana Humaniora atau S.Hum., dan Sarjana Pendidikan atau S.Pd. (seperti di Universitas Negeri Malang).

Terus, kalau kamu mau lanjut ke jenjang magister, gelar akademik kamu akan bertambah menjadi Magister Humaniora atau M.Hum. Mantap gak tuh!

Setelah mendapat penjelasan tentang kuliah Sastra Jerman dan prospek kerjanya, kamu jadi tertarik masuk program studi ini kah? Yuk, segera persiapkan dirimu! Kamu bisa membaca rangkuman materi dan menguji kemampuanmu dengan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

 

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 10 Juli 2020, kemudian diperbarui pada 13 Februari 2024 oleh Laras Sekar Seruni.

Olivia Yunita