Jenis Sertifikat untuk SNMPTN, Mana Saja yang Bisa Dilampirkan?

Jenis Sertifikat untuk SNMPTN

Calon mahasiswa dapat melampirkan sertifikat untuk SNMPTN dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi. Sertifikat apa saja yang dapat dilampirkan?

 

Hiiii, sudah di bulan-bulan terakhir tahun ini! Sudah sampai mana persiapan untuk pendaftaran SNMPTN 2022 tahun depan, guys? Bagi kamu yang sudah berjuang sekeras itu, ikut lomba sana sini dan jadi juara, boleh banget, lho, sertifikat tersebut dilampirkan saat mendaftar SNMPTN tahun depan. Tapi, perlu diingat, bukan sertifikat yang apa adanya, ya. 

Beberapa jenis sertifikat di bawah ini, bisa kamu lampirkan sebagai dokumen tambahan sewaktu mendaftar SNMPTN. Mengutip laman kamusundip.com, sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya. Lampiran piagam dan sertifikat ini berpengaruh terhadap penilaian proses seleksi SNMPTN. Umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik.

Baca juga: Ketentuan Portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020

Jenis sertifikat untuk mendaftar SNMPTN

Sertifikat atau piagam penghargaan yang akan kamu lampirkan sebaiknya disesuaikan dengan jurusan impianmu, ya. Sebagai contoh, jika kamu ingin mendaftar ke jurusan Teknik Kimia, kamu dapat melampirkan sertifikat OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang lomba Kimia. Nah, kalau kamu ingin mendaftar ke jurusan Seni, seperti Desain Komunikasi Visual, silakan melampirkan sertifikat lomba FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional).

1. Sertifikat FLS2N

Kamu pernah mengikuti lomba FLS2N dan mendapatkan juara? Beranikan dirimu untuk melampirkan sertifikat ini ketika akan mendaftar SNMPTN nanti, ya. Jika mengacu pada laman Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud, FLS2N membagi bidang lomba menjadi dua kategori: Seni Pertunjukan dan Seni Penciptaan.

Sertifikat juara FLS2N untuk mendaftar SNMPTNPerhelatan FLS2N 2020 secara daring (Sumber: YouTube Pusat Prestasi Nasional)

Jika sertifikat atau piagam penghargaan yang kamu miliki berasal dari bidang lomba, Desain Poster, Film Pendek, Komik Digital, dan lain sebagainya, jangan sia-siakan kesempatanmu, yes.

2. Sertifikat OSN

Sudah sempat disinggung di atas, nih, sertifikat OSN alias Olimpiade Sains Nasional juga bisa banget kamu lampirkan pas daftar SNMPTN nanti. Kita ingetin lagi, nih, ya, sertifikat yang dapat digunakan itu usianya tidak lebih dari tiga tahun sejak didapatkan.

Btw, guys, sejak Juni tahun ini, OSN berubah nama penyebutan menjadi KSN atau Kompetisi Sains Nasional. Adapun bidang ilmu yang dilombakan pada kompetisi ini, yaitu Ekonomi, Geografi, Kebumian, Biologi, Astronomi, Informatika, Matematika, Kimia, dan Fisika. 

3. Sertifikat O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)

Bagi atlet sekolah yang turut berlomba di ajang O2SN juga mendapatkan kesempatan yang sama, nih. Olimpiade ini mencakup atletik lari, lompat jauh, bulutangkis, karate, pencak silat, dan renang. Jangan lupa untuk melampirkan sertifikatmu, yes.

O2SN 2019Penyerahan medali cabang olahraga karate pada O2SN 2019
(Sumber: kompas.com)

4. Sertifikat Lomba Karya Ilmiah Remaja

Salah satu lembaga yang menyelenggarakan kompetisi atau Lomba Karya Ilmiah Remaja adalah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Dalam LKIR ada beberapa kategori bidang keilmuan yang dilombakan: Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan.

5. Sertifikat Lomba Debat atau Cerdas Cermat

Kesempatan untuk mengikuti olimpiade atau lomba tidak terbatas pada keempat kompetisi yang telah disebutkan. Bagi kamu yang pernah mengikuti lomba debat atau cerdas cermat, guys, kesempatan juga terbuka lebar untuk meningkatkan poin penilaian seleksi SNMPTN. 

Sebagai contoh, Kementerian Keuangan RI pada tahun ini menyelenggarakan Olimpiade APBN, khususnya Lomba Cerdas Cermat untuk siswa SMA/SMK/MA.

Yup! Itu tadi penjelasan jenis sertifikat untuk SNMPTN yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang penilaian pada seleksi masuk perguruan tinggi. Selain sertifikat atau piagam penghargaan, jangan lupa untuk menjaga nilai rapormu, ya. Jujur saja, gengs, nilai-nilai ini tidak dapat kamu kesampingkan gitu saja, lho. Belajarnya jangan sampai kendur, gitu, ah. Ditemani sama ruangbelajar mau, kan? Biar makin semangat! Sampai bertemu di kampus impian, ok? 🙂

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

FLS2N 2021. Pusat Prestasi Nasional. Kemdikbud RI [daring]. Tautan: https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ (Diakses 10 Oktober 2021) 

Seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kota/Kabupaten Jenjang SMA/MA Dimulai. Kemdikbud RI [daring]. Tautan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/06/seleksi-kompetisi-sains-nasional-tingkat-kotakabupaten-jenjang-smama-dimulai (Diakses 10 Oktober 2021) 

Olimpiade APBN 2021 Ajak Generasi Muda Turut Membangun Bangsa. Kementerian Keuangan Republik Indonesia [daring]. Tautan: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/olimpiade-apbn-2021-ajak-generasi-muda-turut-membangun-bangsa/ (Diakses 10 Oktober 2021) 

Gusmiarti, Ira. SNMPTN: Berikut Sertifikat untuk SNMPTN, Sudah Siapkan? Campus Pedia [daring]. Tautan: https://campuspedia.id/news/sertifikat-untuk-snmptn/ (Diakses 10 Oktober 2021) 

Sumber foto:

Acara Penutupan FLS2N 2020. YouTube Pusat Prestasi Nasional [daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=iKY3R4CgWGc (Diakses 10 Oktober 2021)

Harususilo, Yohanes Enggar. 10 Provinsi Peraih Medali Terbanyak Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. Kompas [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/31/11020561/10-provinsi-peraih-medali-terbanyak-olimpiade-olahraga-siswa-nasional?page=all. (Diakses 10 Oktober 2021)

Anggraeni Puspitasari