Mengenal Siddhartha Gautama, Sang Pendiri Agama Buddha

Biografi Siddhartha Gautama (Buddha Gautama)

Melalui artikel ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Siddhartha Gautama atau yang disebut juga sebagai Sang Buddha. Yuk, baca sampai selesai!

 

Siapa yang pernah mengunjungi Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Jawa Timur? Di sana, kamu bisa menemukan patung Siddhartha Gautama, atau disebut juga sebagai Sang Buddha, dengan ukuran raksasa, lho! Ukurannya mencapai panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter. Patung Sang Buddha dengan posisi tertidur tersebut terletak di sebelah selatan gedung Sasono Bhakti yang menjadi tempat sembahyang umat Buddha.

Ukurannya yang super besar, membuatnya berhasil meraih penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai Patung Buddha Tidur Terbesar di Indonesia. Bahkan, patung tersebut merupakan patung Sleeping Buddha terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal.

Makna dari posisi tidur itu sendiri sebenarnya menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama. Sang Buddha wafat dengan posisi seperti tidur miring ke kanan dengan telapak tangan kanan menyangga kepalanya, yang merujuk pada kebiasaan istirahat beliau.

 

Patung Sleeping Buddha di Mojokerto, Jawa Timur

Patung Sleeping Buddha Raksasa di Mojokerto, Jawa Timur (Sumber: kumparan.com)

 

Ngomongin tentang Siddhartha Gautama, kamu sudah tahu belum sih, seperti apa biografi lengkap Siddhartha Gautama? Yuk, kita bahas!

 

Biografi Siddhartha Gautama

Buddha Gautama lahir dengan nama Siddhartha Gautama (Sanskerta) atau Siddhattha Gotama (Pali). Beliau merupakan seorang guru, filsuf, dan pemimpin spiritual yang dikenal sebagai pendiri agama Buddha (Buddhism). Siddhartha tinggal dan mengajar di wilayah sekitar perbatasan Nepal dan India modern antara abad ke-6 hingga ke-4 sebelum Masehi.

Nama Siddhartha Gautama memiliki makna “seseorang yang mencapai tujuannya”, sedangkan nama Buddha sendiri memiliki makna “seseorang yang terbangun”, “seseorang yang tercerahkan”, atau “orang yang telah mencapai penerangan sempurna”. 

Tanggal kelahiran dan wafat Siddhartha tidak diketahui secara pasti, namun sebagian sejarawan modern memperkirakan beliau lahir antara tahun 623 SM dan wafat pada tahun 543 SM. Siddhartha Gautama juga dikenal sebagai Shakyamuni yang berarti “orang bijak dari kaum Shakya”. Selain itu, dikenal juga sebagai Theravada dan dikenal sebagai Tathagata. Secara mendasar, pemeluk Agama Buddha menganggap Siddhartha sebagai Buddha Agung (Sammāsambuddha).

Dalam hidupnya, Siddhartha telah bermeditasi dengan berbagai pengajaran atau ilmu yang berbeda-beda selama bertahun-tahun, namun beliau merasa bahwa pengajaran tersebut masih belum bisa memberikan jawaban. Kemudian, Siddhartha menghabiskan malam untuk bermeditasi secara mendalam di bawah pohon Bodhi. Ketika meditasi tersebut, semua jawaban yang beliau cari selama ini akhirnya tercerahkan secara jelas, menjadikan beliau mencapai pencerahan yang penuh. Dengan demikian, beliau pun menjadi Buddha karena telah mencapai pencerahan yang sempurna.

 

Kehidupan Siddhartha Sebelum Menjadi Sang Buddha

Siddhartha tumbuh sebagai seorang anak laki-laki dari penguasa klan Shakya. Ayahnya bernama Śuddhodana dan ibunya bernama Maya Devi. Namun, ibu Siddhartha meninggal 7 hari setelah melahirkannya.

Suatu hari, seorang lelaki suci meramalkan hal-hal baik bagi Siddhartha muda. Beliau meramal bahwa nantinya, Siddhartha akan tumbuh dan menjadi sosok yang hebat, entah itu menjadi raja, pemimpin militer, atau pemimpin spiritual.

Lalu, untuk melindungi Siddhartha dari kesedihan dan penderitaan duniawi, ayah Siddhartha memutuskan untuk membesarkan Siddhartha di tengah kemewahan di dalam istana yang dibangun khusus hanya untuk Siddhartha. Ayahnya juga melindungi Siddhartha dari pengetahuan tentang dunia luar, termasuk pengetahuan tentang kesulitan-kesulitan hidup sebagai manusia dan pengetahuan tentang agama. Semua ini dilakukan dengan tujuan agar Siddhartha dapat tumbuh dengan baik dan terlindungi dari kejahatan dunia luar.

Menurut legenda, Siddhartha kemudian menikah dengan putri Yashodhara ketika usianya menginjak 16 tahun dan dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Rāhula tidak lama setelah itu. Namun, kehidupan Siddhartha setelah menikah pun masih terisolasi dari dunia luar dan berlanjut hingga 13 tahun kemudian.

 

Siddhartha Mulai Mengenal Dunia Luar

Karena bertahun-tahun hidup dalam lingkungan kerajaan yang terisolasi, Siddhartha pun akhirnya mencapai usia dewasa dengan minim pengetahuan maupun pengalaman tentang dunia yang sesungguhnya. Setelah dewasa, Siddhartha pun mulai berkelana keluar istana dan perlahan-lahan mengenal dunia luar. Suatu hari, beliau berkelana bersama kusirnya dan melihat seorang lelaki yang sangat tua. Sang kusir menjelaskan kepada Siddhartha bahwa di dunia ini, semua orang akan bertumbuh tua seperti orang tersebut.

Setelah itu, Siddhartha pun mulai melakukan lebih banyak perjalanan penjelajahan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang dunia luar yang selama ini tidak beliau ketahui. Selama berkelana, beliau pun bertemu dengan beragam bentuk manusia, mulai dari pria yang sakit, mayat manusia yang membusuk, hingga seorang pertapa. Sang kusir menjelaskan kepada Siddhartha bahwa pertapa tersebut telah meninggalkan kegiatan duniawinya untuk mencari pembebasan dari ketakutan manusia akan kematian dan penderitaan.

Pikiran tentang pertapa tersebut memenuhi kepala Siddhartha hingga akhirnya beliau memutuskan untuk melakukan hal yang sama: meninggalkan istri dan anaknya untuk menempuh jalan spiritual yang lebih mendalam. Beliau bertekad untuk menemukan cara meringankan penderitaan universal yang telah beliau pahami sebagai salah satu ciri khas kemanusiaan.

 

Kehidupan Siddhartha sebagai Pertapa hingga Menjadi Sang Buddha

Hingga enam tahun berikutnya, Siddhartha hidup sebagai pertapa, belajar dan bermeditasi dengan ilmu yang didapatnya dari berbagai guru spiritual sebagai pedoman. Beliau mempraktikkan cara hidup baru ini bersama dengan sekelompok pertapa yang terdiri atas lima orang. Kemudian, karena dedikasinya yang begitu tinggi dalam mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya, kelima pertapa ini pun memutuskan menjadi pengikut Siddhartha.

Ketika jawaban atas pertanyaannya tidak ditemukan, Siddhartha akan menggandakan usahanya, menahan rasa sakit, berpuasa, bahkan menolak air minum. Namun, setelah mencoba berbagai hal,, Siddhartha masih belum mencapai tingkat wawasan yang beliau cari. 

Suatu hari, seseorang menawarinya semangkuk nasi. Beliau menerima nasi tersebut dan tiba-tiba beliau menyadari bahwa pertapaan jasmani bukanlah cara untuk mencapai pembebasan batin dan hidup di bawah batasan fisik yang keras tidak akan membantunya mencapai pelepasan spiritual. Jadi, beliau pun akhirnya mengambil nasi, minum air, dan mandi di sungai. Kelima pertapa yang menyaksikan hal ini mengira Siddhartha telah menyerah hidup di jalan pertapa, sehingga mereka pun memutuskan untuk meninggalkannya.

Suatu malam, Siddhartha duduk sendirian di bawah pohon Bodhi. Siddhartha bertekad untuk tidak bangun sampai kebenaran yang beliau cari datang kepadanya. Siddhartha bermeditasi sampai matahari terbit keesokan harinya. Siddhartha tinggal di bawah pohon Bodhi selama beberapa hari, memurnikan pikirannya, melihat seluruh hidupnya, dan kehidupan sebelumnya, dalam pikirannya.

 

Sang Buddha di bawah Pohon Bodhi

Ilustrasi Buddha di bawah pohon Bodhi (Sumber: stephanienoble.com)

 

Selama ini, Siddhartha harus mengatasi ancaman Mara, sosok iblis jahat yang menentang haknya untuk menjadi Buddha. Mara mengklaim bahwa keadaan tercerahkan merupakan miliknya dan Siddhartha tidak akan bisa mendapatkannya.

Malam itu, Siddhartha bertekad untuk mengusir Mara. Beliau menyentuhkan tangannya ke tanah dan meminta Bumi untuk menjadi saksi atas pencerahannya. Lalu, sebuah gambaran pun mulai terbentuk di benak Siddhartha tentang semua yang terjadi di alam semesta. Beliau akhirnya melihat jawaban atas pertanyaan penderitaan yang telah beliau cari selama bertahun-tahun lamanya. Pada saat pencerahan murni itu, Siddhartha Gautama pun menjadi Buddha dan berhasil mengusir Mara.

Berbekal pengetahuan barunya, Sang Buddha pada awalnya ragu untuk mengajar, karena apa yang beliau ketahui kini tidak dapat dikomunikasikan kepada orang lain dengan kata-kata. Namun, saat itulah Brahma, Sang Raja para Dewa, meyakinkan Buddha untuk tetap mengajar. Sang Buddha pun bangkit dari tempatnya di bawah pohon Bodhi dan berangkat untuk mengajarkan ilmu yang telah beliau dapatkan.

 

Wafatnya Sang Buddha

Buddha meninggal sekitar usia 80 tahun karena sakit. Sebelum beliau meninggal, dikatakan bahwa beliau memberitahu murid-muridnya bahwa mereka tidak boleh hanya mengikuti pemimpin saja, tetapi juga harus “menjadi terangmu sendiri”. Sang Buddha pun wafat dengan posisi seperti tidur miring ke kanan dengan telapak tangan kanan menyangga kepalanya, yang kini banyak diabadikan menjadi patung Buddha Tidur atau Sleeping Buddha di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia.

Nah, begitulah biografi singkat mengenai Sang Buddha yakni Siddhartha Gautama. Ada banyak sekali buku biografi yang menceritakan tentang kehidupan Siddhartha, kalau kamu penasaran, kamu bisa membaca buku-buku tersebut, ya! Jangan lupa untuk tetap belajar giat bersama ruangbelajar di aplikasi Ruangguru. Semangat belajar, teman-teman!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Biography.com Editors. ‘Buddha Biography’, Biography, [Daring]. Tautan: https://www.biography.com/religious-figure/buddha (Diakses: 16 Mei 2022)

Lopez, D. S. ‘Buddha, founder of Buddhism’, Britannica, [Daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Buddha-founder-of-Buddhism (Diakses: 16 Mei 2022)

Noble, S. ‘Unveiling: Is the veil metaphor really Buddhist?’, Stephanie Noble, [Daring]. Tautan: https://stephanienoble.com/2021/11/12/unveiling-is-the-veil-metaphor-really-buddhist/ (Diakses: 16 Mei 2022)

Connolly, L. ‘Third Sunday of Advent: Bodhi Sunday’, Lewis Connolly, [Daring]. Tautan: https://www.lewisconnolly.com/post/2016/12/14/third-sunday-of-advent-bodhi-sunday (Diakses: 16 Mei 2022)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Sleeping Buddha’ [Daring]. Tautan: https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1513316792/wgcujcgtuo3qbynxvfb4.jpg (Diakses: 16 Mei 2022)

Gambar ‘Buddha under The Bodhi Tree’ [Daring]. Tautan: https://stephanienobledotcom.files.wordpress.com/2018/12/tree-sit.jpg?w=600 (Diakses: 16 Mei 2022)

Kenya Swawikanti