Mengenal SIMAK IPB, Sistem Akademik untuk Mahasiswa IPB

Shabrina Alfari Jun 25, 2021 • 4 min read


SIMAK IPB

Mahasiswa IPB pasti sudah tidak asing lagi dengan SIMAK IPB. Sistem akademik khusus mahasiswa IPB ini pasti akan kamu gunakan sehari-hari. Yuk, kenalan dengan SIMAK IPB.

--

Tak terasa, proses pendidikanmu di bangku SMA sudah akan berakhir. Kamu pun akan masuk ke dunia perkuliahan yang jauh berbeda. Duduk di bangku kuliah tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Ada banyak tantangan dan hal baru yang akan kamu hadapi di bangku kuliah. Salah satunya adalah sistem akademik di perguruan tinggi.

Bagi kamu yang berhasil masuk ke Institut Pertanian Bogor atau IPB University, tentu kamu harus mencari tahu mengenai sistem perkuliahan di IPB. Untuk para mahasiswa IPB, kamu akan menggunakan SIMAK IPB atau Sistem Informasi Akademik khusus untuk mahasiswa yang kuliah di IPB. Seperti apa sih SIMAK IPB itu? Apa saja fitur yang bisa kamu gunakan? Lihat penjelasannya berikut ini.

Kenalan dengan SIMAK IPB

SIMAK IPB merupakan sebuah aplikasi atau website yang terintegrasi dengan semua sistem yang dikembangkan oleh IPB. SIMAK IPB berfungsi untuk mengelola administrasi akademik, mulai dari mata kuliah, penyusunan jadwal kuliah, penyusunan kurikulum, penyusunan pengajar, pengisian KRS, proses belajar mengajar, pengelolaan nilai, evaluasi proses belajar mengajar, mencetak transkrip laporan akademik, hingga pendaftaran wisuda untuk seluruh jenjang pendidikan di IPB.

Sejak kamu menjadi mahasiswa baru hingga lulus nanti, sebagai mahasiswa IPB kamu akan terus berurusan dengan SIMAK IPB ini.

Baca juga: Seleksi Mandiri UTMBK IPB University 2021: Jadwal, Materi, dan Persyaratannya

Tampilan SIMAK IPBTampilan SIMAK IPB (Sumber: simak.ipb.ac.id)

Fitur SIMAK IPB

1. Biodata Mahasiswa

Sebagai mahasiswa IPB, kamu bisa melihat data pribadi kamu yang tercatat pada sistem seperti nama, alamat, pendidikan terakhir, dan sebagainya. Halaman ini berisi informasi pribadi yang bersifat sensitif, so jangan sampai username dan password kamu bisa diakses orang dengan mudah ya.

2. Mengisi KRS Online

Pada awal setiap semester kamu harus mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Nah, dengan menggunakan SIMAK IPB ini kamu pun bisa lebih mudah mengisi KRS secara online. Tak hanya hemat kertas, sistem pengisian KRS melalui SIMAK IPB ini jauh lebih praktis dan mudah.

3. Jadwal Kuliah

Lupa jadwal kuliah? Nggak perlu khawatir, kamu bisa mengecek semua jadwal kuliah kamu di semester yang sedang berjalan dengan mudah di SIMAK.

4. Jadwal Ujian

Selain jadwal kuliah, kamu juga nggak boleh lupa dengan jadwal ujian. Salah melihat jadwal bisa membuat kamu tidak lulus mata kuliah tersebut, lho. Kamu bisa melihat semua jadwal dan lokasi ujian kamu di SIMAK.

5. Pengisian EPBM Online

Kini, sistem evaluasi proses belajar mengajar (EPBM) sudah terintegrasi dengan SIMAK IPB. Sebelumnya, kamu harus mengaksesnya secara terpisah di situs sendiri. Sekarang sudah lebih mudah dan cepat.

6. Informasi Biaya Kuliah

Berapa sih biaya kuliah yang harus dibayarkan setiap semesternya? Nah, kamu bisa dengan mudah mengakses informasi biaya kuliah di SIMAK IPB.

7. Pendaftaran Wisuda

Terakhir yang tidak kalah penting adalah pendaftaran wisuda. Kamu bisa melakukan pendaftaran wisuda melalui SIMAK IPB. Caranya dengan membuka fitur pendaftaran wisudawan. Wisudawan dari seluruh jenjang pendidikan di IPB, baik itu Sarjana, Vokasi, hingga Pascasarjanan bisa mendaftarkan wisuda melalui SIMAK.

Cara Mengakses SIMAK IPB

  1. Buka laman https://simak.ipb.ac.id/
  2. Klik Login pada bagian kanan atas
  3. Login menggunakan akun yang juga digunakan untuk mengakses LMS dan WiFi kampus
  4. Setelah login, kamu bisa melihat halaman dashboard utama yang menunjukkan status semester terakhir kamu, jumlah mata kuliah dan SKS yang diambil, serta grafik pergerakan Indek Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kamu.

Setelah menjadi mahasiswa IPB, kamu nggak akan bisa jauh-jauh dari SIMAK IPB nih. Pelajari sistemnya dan fitur-fitur yang bisa kamu gunakan ya. Bagi kamu yang masih berjuang untuk bisa diterima di IPB, jangan khawatir! Kamu masih bisa mempersiapkan diri dengan berbagai fitur unggulan yang ada di aplikasi Ruangguru.

New call-to-action

Referensi:

Sistem informasi akademik IPB [daring]. Tautan: https://simak.ipb.ac.id/ (Diakses: 22 Juni 2021)

Yuk Intip Fitur-Fitur SIMAK IPB. detik.com [daring]. Tautan: https://news.detik.com/berita/d-5084949/yuk-intip-fitur-fitur-simak-ipb (Diakses: 22 Juni 2021)

Sumber foto:

Tampilan SIMAK IPB [daring]. Tautan: https://simak.ipb.ac.id/Account/Login (Diakses: 24 Juni 2021)

Beri Komentar