Yuk, Cari Tahu tentang Jurusan Bisnis Digital yang Kekinian Banget!

Jurusan Bisnis Digital

Lagi bingung pilih jurusan? Kamu bisa lho memilih jurusan Bisnis Digital yang kekinian dan up to date dengan teknologi ini. Penasaran? Yuk, disimak!

--

Presiden Joko Widodo mendorong setiap perguruan tinggi untuk membuka jurusan yang tidak konservatif, tetapi mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. 

Nah, menjawab tantangan Presiden Republik Indonesia ke-7 tersebut, Universitas Padjadjaran membuka jurusan Bisnis Digital, di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), untuk pertama kalinya di Indonesia bagi jenjang sarjana pada 2018 lalu. Menyusul Unpad, ada juga beberapa kampus yang akhirnya membuka jurusan ini.

Hmm, emangnya apa sih tujuannya dibuka jurusan bisnis digital?

Jadi gengs, jurusan ini tuh dibuka untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia global dalam bidang bisnis digital dan juga pengetahuan tentang media promosi online. Sebab, transaksi e-commerce di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, lho!

I see..terus belajar apa aja di jurusan ini?

Nah, biar kamu nggak penasaran, langsung aja yuk kita bahas secara detail mengenai jurusan Bisnis Digital ini, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga pilihan kampus terbaiknya.

Baca juga: Masuk Jurusan Astronomi, Setelah Lulus Kerja di mana?

 

Mata Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Secara umum, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital. Para mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan start-up digital, marketplacebig data, sampai artificial intelligence.

FYI, dosen-dosen yang mengajar di jurusan ini pun tidak terbatas pada dosen di bidang ekonomi saja. Kamu juga akan mendapatkan ilmu dari bidang-bidang lain, seperti hukum, komunikasi, atau teknik informatika.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain seperti Statistika, Hukum Bisnis, Pengantar Bisnis, Pemasaran Internet, Perilaku Konsumen, E-Commerce Business, Database, dan masih banyak lagi. Seru banget ‘kan?

1_bvfNJpysOtpWCnr3hZbtSABekerja di start-up (Sumber: marker.medium.com)

 

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Nah, setelah lulus, kamu punya banyak banget peluang kerja nih! Kamu bisa bekerja di berbagai industri, mulai dari perbankan dan keuangan hingga membuat start-up sendiri di bidang yang kamu minati tetapi jangan lupa kamu ikuti tren digital marketing ya, supaya tidak ketinggalan info.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa mengisi jabatan sebagai analis sistem usaha, analis data, analis keuangan dan pasar, atau manajer intelijen usaha berbekal ilmu dari jurusan ini.

Baca juga: Seluk-beluk Jurusan Sastra Inggris dan Prospek Kerjanya

 

Pilihan Kampus Terbaik dengan Jurusan Bisnis Digital

1. Universitas Padjajaran

Unpad adalah kampus pertama yang membuka jurusan ini pada tahun 2018. Tujuannya adalah untuk menghasilkan talenta berkualitas di bidang marketplace, big data, kecerdasan buatan (Artificial Inteligence), dan startup.

2. Universitas Negeri Jakarta

Program studi Bisnis Digital resmi dibuka di UNJ pada tahun 2020. Jurusan ini dibuka seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih, sehingga diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang digitalisasi bisnis.

3. Binus University

Binus menawarkan program studi Business Creation yang dibuat khusus untuk menghasilkan pengusaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Kamu nggak hanya belajar teori, tetapi juga praktik sehingga kamu direncanakan sudah bisa memulai bisnis baru di tahun ketiga.

4. Universitas Prasetiya Mulya

Prasmul menyediakan program studi Teknologi Bisnis Digital yang berfokus untuk mengembangkan solusi bisnis berbasis teknologi digital. Kamu juga akan diajarkan mengenai pemahaman dan penguasaan keterampilan di bidang entrepreuneurship.

--

Gimana? Sudah mulai tertarik untuk mendalami banyak ilmu di jurusan Bisnis Digital? Jika iya, kamu bisa mendaftarkan diri kamu melalui jalur UTBK SBMPTN atau jalur seleksi mandiri. Yuk, persiapkan diri kamu dengan men-download dan mengakses berbagai materi pelajaran di ruangbelajar! Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan video pembelajaran beranimasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Ayo tunggu apalagi? Daftar sekarang!

New Call-to-action

Referensi:

Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik di Indonesia. Republika.co.id [daring]. Tautan: https://retizen.republika.co.id/posts/12142/4-kampus-dengan-jurusan-bisnis-digital-terbaik-di-indonesia (Diakses: 19 Oktober 2021)

S1 Teknologi Bisnis Digital. Prasetiyamulya.ac.id [daring]. Tautan: https://www.prasetiyamulya.ac.id/program-s1/s1-teknologi-bisnis-digital/ (Diakses: 19 Oktober 2021)

Jurusan Bisnis Digital. Rencanamu.id [daring]. Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/bisnis-digital (Diakses: 19 Oktober 2021)

Sumber foto:

Bekerja di startup [daring]. Tautan: https://marker.medium.com/why-startups-go-to-hell-at-50-employees-and-four-ways-to-fight-it-dcf8aa06e0fb(Diakses: 19 Oktober 2021)

Artikel ini diperbarui pada 19 Oktober 2021.

Profile

Andrea Lidwina