Siap Mengajar dengan Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif

Sabtian Adiansyah Agu 13, 2021 • 3 min read


strategi pembelajaran daring yang efektif

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 13 oleh tim ruangpengajar pada tanggal 25 Juni 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Aprillia Chrisani, Brain Academy Pedagogy Lead Ruangguru dan Inggita Sadya Susila, Consumer Notebook 4P & T1 Manager Lenovo Indonesia

--

Bingung menerapkan pembelajaran yang efektif selama mengajar dari rumah? Pembelajaran yang efektif sangat penting dilakukan oleh pengajar dalam pembelajaran daring, untuk membantu peserta didik terlibat aktif dan juga demi meningkatkan kualitas belajar.

Namun, masih banyak kendala yang kerap dihadapi oleh pengajar selama pembelajaran daring, seperti media pembelajaran monoton yang membuat murid rentan jenuh, proses belajar kurang interaktif, dan perilaku murid yang sulit dipantau.

Nah, agar pembelajaran dapat berjalan optimal dan memberikan hasil belajar yang maksimal, pengajar diharapkan mampu mengembangkan strategi belajar baru yang efektif. Untuk itu, Bapak/Ibu Guru juga perlu memiliki pengetahuan dan panduan untuk meningkatkan kesiapan dan efektivitas dalam pembelajaran daring.

Baca juga: Kecerdasan Emosional Sebagai Pengajar, Mengapa Penting?

Untuk membantu Bapak/Ibu Guru, berikut adalah beberapa masalah yang kerap ditemui saat pembelajaran daring beserta solusi yang bisa dilakukan.

1. Adaptasi dengan pembelajaran daring

Murid perlu lebih antusias dengan metode pembelajaran baru, ajukan lebih banyak pertanyaan dan memberikan feedback.

2. Manajemen waktu

Tetapkan jadwal yang membuat manajemen waktu lebih sistematis dan lebih nyaman untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan. Selain itu, bisa juga membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan dan menetapkan tenggat waktu serta pengingat harian.

3. Kurang motivasi

Persaingan dapat memicu motivasi murid, seperti peringkat, hadiah, dan sertifikasi. Ini akan membantu murid berusaha untuk berbuat lebih baik dan belajar lebih banyak dalam prosesnya.

4. Koneksi fisik

Pengajar dapat mengatur forum, grup, atau webinar bagi siswa untuk bertukar pertanyaan dan informasi. Simulator juga dapat digunakan untuk membantu murid tertarik dan bersemangat dalam belajar.

Untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa poin penjelasan di bawah ini yang disajikan dalam bentuk infografis.

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

strategi pembelajaran daring

---

Demikian pembahasan tentang mengajar dengan strategi pembelajaran daring yang efektif. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar di masa pandemi. Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan, Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi mitra pengajar di ruangpengajar. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar

ruangpengajar

Profile

Sabtian Adiansyah

Beri Komentar