Suka Olahraga? 7 Jurusan di Bidang Olahraga Ini Bisa Dipilih

Shabrina Alfari Agu 3, 2021 • 6 min read


PK_-_Jurusan_Olahraga-01

Suka olahraga? Nggak hanya jadi atlet, ada banyak jurusan olahraga yang bisa kamu pilih untuk bisa meniti karier di bidang ini, lho. Simak informasinya berikut ini.

--

Suka banget olahraga dan punya mimpi untuk berkarier menjadi atlet? Pekerjaan yang berkaitan dengan bidang olahraga nggak terbatas hanya menjadi atlet, wasit atau pelatih, lho.

Dunia olahraga bukan hanya soal permainan dan perlombaan, tetapi juga berkaitan dengan banyak hal seperti kesehatan, hiburan dan bahkan bisnis. Apalagi untuk membuat suatu event olahraga seperti Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung ini, diperlukan banyak komponen selain pemain. So, untuk kamu yang memang punya passion di bidang olahraga, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan olahraga berikut ini.

 

1. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

jurusan bidang olahragaPelatih (Sumber: careernaka.com)

Mau menjadi pelatih terkenal seperti Jose Mourinho? Masuk dulu ke jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Dengan masuk ke jurusan ini berarti tujuan kamu sudah jelas yaitu untuk menjadi guru atau pelatih profesional di tingkat nasional. Di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga kamu akan mempelajari konsep-konsep pendidikan, menyusun strategi kepelatihan, menyelenggarakan kompetisi atau perlombaan dan memahami aturan dalam perlombaan bidang olahraga.

Sama halnya dengan masuk ke program studi seni, untuk masuk ke jurusan ini kamu harus melewati tes keterampilan SBMPTN yang terdiri dari tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.

 

2. Psikologi Klinis

jurusan bidang olahragaPsikologi Klinis (Sumber: maryfreebed.com)

Bidang terapan ilmu psikologi ini akan mempelajari kesulitan serta rintangan emosi yang dialami manusia dan cara menyembuhkannya. Lalu, apa hubungannya psikologi klinis dengan bidang olahraga?

Eits jangan salah, di saat para atlet merasa down atau stres sebelum menghadapi pertandingan, ada psikolog klinis yang siap membangkitkan mental para atlet ini. Namun untuk bisa bekerja di sebuah klub, biasanya kamu harus mendapatkan gelar lebih tinggi dari S1 dan punya pengalaman praktik terlebih dahulu.

 

3. Jurnalistik

jurusan bidang olahragaJurnalis (Sumber: entitymag.com)

Mau ketemu dengan banyak atlet terkenal dan meliput pertandingan internasional? Kamu bisa lho kerja di perusahaan media yang bergerak di bidang olahraga sebagai jurnalis dan meliput berbagai acara olahraga. Setiap event atau pertandingan olahraga butuh peran media untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas dan menarik banyak pemirsa. Dengan masuk ke jurusan Jurnalistik, kamu akan belajar melakukan reportase, mewawancarai narasumber, mengolah berita, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak. Nah kalau kamu passion di bidang jurnalistik dan olahraga, maka kamu akan banyak dicari.

 

4. Fisioterapi

jurusan bidang olahragaFisioterapis (Sumber: persebaya.id)

Seorang fisioterapis punya peran penting dalam bidang olahraga. Aktivitas fisik keras yang harus dilakukan oleh atlet setiap harinya membuat mereka membutuhkan terapis fisik untuk memonitor kinerja otot mereka.

Fisioterapi adalah program studi yang mempelajari tentang fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi dan tulang. Fisioterapi lebih difokuskan untuk mengembalikan fungsi gerak sendi atau otot manusia jika ada gangguan. So, fisioterapis akan dibutuhkan untuk merehabilitasi fisik atlet yang mengalami cedera, baik fisik atau mental.

Baca juga: 9 Cara Mengenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan

 

5. Hubungan Masyarakat atau PR

jurusan bidang olahragaPR (Sumber: zimbio.com)

Humas atau PR juga dibutuhkan untuk menjaga citra dan popularitas suatu organisasi, termasuk klub olahraga. Apalagi sebuah event olahraga biasanya merupakan hiburan yang paling diminati dan ditunggu oleh banyak orang. Di sinilah tenaga humas atau PR dibutuhkan untuk menjaga hubungan baik antara atlet atau tim dengan penggemar, sponsor, serta media. Kuliah di prodi ini mengharuskan kamu untuk memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah dekat dengan orang. Selain itu, kamu juga harus menyukai public speaking.

 

6. Manajemen Bisnis

jurusan bidang olahragaManajemen bisnis (Sumber: onlinembatoday.com)

Sebuah klub olahraga, seperti sepakbola, juga bekerja layaknya perusahaan bisnis pada umumnya. Klub butuh mencari sponsor, beriklan, dan juga menjual merchandise untuk menambah keuangan. Untuk itu, diperlukan tenaga ahli dalam bidang manajemen bisnis yang mengelola semua hal terkait bidang komersil seperti sponsorship.

 

7. Ilmu Gizi

jurusan bidang olahragaKebutuhan gizi atlet (Sumber: petapixel.com)

Pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan oleh para atlet tentunya berbeda dengan kita. Atlet punya pola makan dan program diet tersendiri agar kondisi fisik dan mental mereka bisa terus fit untuk berkompetisi. Di Ilmu Gizi kamu akan belajar lebih mendalam mengenai hubungan antara makanan yang diasup dengan kesehatan.

Kamu yang belajar tentang zat gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh beserta takaran idealnya akan sangat dibutuhkan oleh atlet. Apalagi, beda cabang olahraga akan beda pula kriteria tubuh proporsional yang harus dimiliki oleh atletnya, lho.

Sudah memutuskan akan masuk ke jurusan yang mana? Atau masih mau mendalami dan berlatih berbagai macam bidang olahraga? Kamu bisa lho mencari guru privat sesuai dengan bidang olahraga yang kamu sukai di ruangles.

ruangles

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar