Apa Saja Susunan Rangka Manusia?  | IPA Terpadu Kelas 5

susunan rangka manusia

Bona dan Made sedang bercermin dan berdiskusi tentang rangka! Penasaran kan? Ikuti ceritanya, yuk!

--

Made sedang bercermin sambil memperhatikan tubuhnya, Lalu ia bertanya pada Bona. “Bon…Bon…, aku mau tanya, deh!” katanya.

Aduh, kenapa Made?”

Kok bisa ya, kita memiliki bentuk tubuh seperti yang ada di cermin?” tanya Made sambil menunjuk pantulan bayangannya di cermin.

“Ooh, bentuk tubuh kita bisa seperti yang ada di cermin karena terdiri dari tulang-tulang yang membentuk rangka, Made.” ujar Bona.

Hah? Rangka? Apaan tuh?” Made bingung.

“Sebentar, aku cari dulu bacaannya di handphone-ku, ya!” kata Bona sambil mengeluarkan ponsel dari saku celananya. “Ini dia bacaannya!”

“Aku juga mau lihat, dong!” kata Made.

“Boleh. Lihat, di bacaannya, rangka adalah alat gerak pasif yang terdiri dari kumpulan tulang-tulang yang saling berhubungan.” jelas Bona. “Nah, alat gerak pasif artinya alat gerak yang tidak dapat melakukan pergerakannya sendiri, seperti kumpulan-kumpulan tulang atau rangka.”

“Oh, gitu. Terus, apa lagi keterangan di bacaannya, Bon?”

“Nah, kamu tahu, enggak? Tiap rangka itu memiliki tugas yang berbeda-beda, makanya rangka bisa dibagi menjadi tiga jenis. Ada rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.” jelas Bona.

“Oh, ya? Jelasin dong apa aja bedanya!” kata Made semakin penasaran. 

“Aku jelasin dari yang pertama ya, yaitu rangka kepala. Nah, rangka kepala itu terbagi menjadi dua bagian, ada rangka kepala bagian depan dan ada juga rangka kepala bagian belakang.” ujar Bona. “Rangka kepala bagian depan berfungsi untuk membentuk dasar wajah manusia, sedangkan rangka kepala bagian belakang berfungsi untuk membentuk tempurung kepala yang menyerupai helm.” lanjutnya.

Bona memperlihatkan gambar di ponselnya kepada Made.

“Lihat, seperti ini gambar rangka kepala manusia!” kata Bona.

rangka kepala

“Terus, kalau rangka yang kedua apa, Bon?” tanya Made

Yang kedua itu rangka badan, yang memiliki  fungsi untuk melindungi organ vital kita, seperti jantung, paru-paru, dan juga sebagai penyokong tubuh.” jelas Bona sambil menunjukkan gambar berikutnya.

rangka badan

“Oh, gitu.” Made mengangguk. “Wah, berarti tinggal rangka yang ketiga, yaitu rangka anggota gerak, kan?” tanya Made.

“Betul! Sesuai dengan namanya, rangka anggota gerak berfungsi untuk memungkinkan adanya pergerakan pada tubuh, Made.” jelas Bona.“Nih, liat gambarnya, deh!”

rangka anggota gerak

Yeay, sekarang aku jadi paham kenapa tubuh kita memiliki bentuk seperti yang terlihat di cermin! Itu karena tubuh kita dibentuk oleh rangka manusia.” kata Made semangat. “Ada 3 jenis rangka yang membentuk tubuh kita, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak!” lanjutnya.

“Benar, Made!” kata Bona.

Tiba-tiba, Bona teringat sesuatu.

“Oh iya, aku punya permainan menyusun rangka manusia di komputerku. Kamu mau ikut main, enggak?” tanya Bona.

“Mau!” 

“Yuk, kita ke rumahku.” ajak Bona.

Bona dan Made pun berjalan kaki ke rumah Bona.

Nah, itu tadi penjelasan tentang rangka manusia! Kamu ingin tahu lebih banyak tentang rangka? Temukan penjelasan lengkapnya melalui video Dafa dan Lulu di aplikasi Ruangguru, ya!

New call-to-action

Materi oleh: Mardiana Rachmasari

Disunting oleh: Agung Aksara Putra

Profile

Iman Maharani

You can call me Iman! I'm interested in art, food, writing, characteristic of a human being, and child development. I hope you like my writing. Thank you <3