Tahap-Tahap Proses Pembentukan Minyak Bumi | Kimia Kelas 11

Kimia Kelas 11 : Tahapan Proses Pembentukan Minyak Bumi

Halo RG Squad, kalian pasti pernah ‘kan mengisi bahan bakar motor atau melihat orang lain mengisi bahan bakar untuk kendaraan bermotor? Tahu nggak berasal dari mana bahan bakar itu? Ternyata bahan bakar yang sering digunakan untuk kendaraan bermotor, terbuat dari minyak bumi. Salah satu teori proses pembentukan minyak bumi adalah teori “dupleks”. Lebih lengkapnya, simak artikel ini ya!

proses pembentukan minyak bumi

Pengeboran minyak lepas pantai (Sumber: satujam.com)

Menurut teori tersebut, minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Jasad renik tersebut kemudian terbawa air sungai bersama lumpur dan mengendap di dasar laut. Akibat pengaruh waktu yang mencapai ribuan bahkan jutaan tahun, temperatur tinggi, dan tekanan oleh lapisan di atasnya, jasad renik berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.

Lumpur yang bercampur dengan jasad renik tersebut kemudian berubah menjadi batuan sedimen yang berpori, sedangkan bintik minyak dan gas bergerak ke tempat yang tekanannya rendah dan terakumulasi pada daerah perangkap (trap) yang merupakan batuan kedap.

Pada daerah perangkap tersebut, gas alam, minyak, dan air terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. Rongga bagian atas merupakan gas alam, sedangkan cairan minyak mengambang di atas deposit air.

Proses pembentukan minyak bumi

Proses pembentukan minyak bumi memerlukan waktu yang sangatlah lama. Maka dari itu, minyak bumi dikelompokkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga harus digunakan secara tepat dan hemat. Indonesia memiliki berbagai wilayah yang menjadi sumber (deposit) minyak bumi, umumnya berada di daerah pantai atau daerah lepas pantai. Nah, kita punya nih data wilayah mana saja yang menjadi sumber minyak bumi di Indonesia.

wilayah sumber minyak bumi indonesia

Minyak dari daerah pengeboran umumnya diangkut dan diolah di tempat-tempat pengilangan minyak atau diekspor langsung sebagai minyak mentah. Kalian tahu nggak di mana saja tempat pengilangan yang berada di Indonesia?

tempat pengilangan minyak di Indonesia

Harus disyukuri bahwa Indonesia mempunyai cadangan (deposit) minyak bumi yang cukup besar dengan kualitas yang baik. Akan tetapi, apabila tidak dikelola dengan baik dan tidak dilakukan penghematan, cadangan minyak bumi yang besar tersebut akan cepat habis. Pengelolaan minyak bumi yang tidak tepat dan konsumsi bahan bakar minyak yang tidak terkendali mengakibatkan Indonesia yang dahulu merupakan pengekspor, saat ini menjadi pengimpor minyak bumi.

Berdasarkan perhitungan rasio cadangan minyak bumi dengan produksi serta konsumsi minyak bumi di Indonesia, minyak bumi Indonesia akan habis sekitar tahun 2027. Oleh karena itu, pola perilaku konsumsi bahan bakar minyak masyarakat Indonesia perlu diubah. Sebagai contoh, dengan memanfaatkan LNG (Liquefied Natural Gas) dan LPG (Liquefied Petroleum Gas) untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan bahan bakar rumah tangga.

Gimana RG Squad? Ternyata butuh waktu yang sangat lama ya untuk menghasilkan minyak bumi. Selain itu, persediaan minyak bumi kita juga semakin menipis, hmm ya karena kita seringkali tidak efektif dalam menggunakannya. Nah, karena sekarang sudah tahu proses pembentukan minyak bumi, mulai gunakan bahan bakar sesuai kebutuhan ya! Kamu juga bisa mulai beralih menggunakan energi terbarukan.

Oh iya kalau kalian ingin belajar dengan asyik dan efektif, hemat waktu pula, kalian bisa daftar di ruangbelajar ya.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Fahri Abdillah