Ada Teori Newton di Balik Permainan Lato-Lato, Sudah Tahu Belum?

teori Newton di balik permainan lato-lato

Ternyata, di balik permainan lato-lato yang sempat viral, ada teori fisika Isaac Newton yang mendasarinya, lho! Yuk, kita pelajari bersama!

 

Siapa yang kecilnya hobi main lato-lato? Atau waktu kecil dulu, kamu malah belum kenal nih sama permainan ini, dan baru kenal setelah viral beberapa waktu lalu? (brb cries in generation gap).

Nah, sebenarnya, permainan lato-lato sudah lama ada. Permainan ini pertama kali muncul di Amerika dengan nama clacker atau knockers. Kamu tahu nggak sih, permainan yang bikin orang-orang kesel karena suaranya yang cukup berisik ini, awalnya dibuat sebagai alat pembelajaran ilmu fisika, loh. Mainan berupa bola bandulan ini digunakan untuk menjelaskan teori Newton pada anak-anak. Kamu sudah belajar tentang teori Newton belum di sekolah?

permainan lato-lato

Langsung berasa kedengeran suaranya gak sih? (Sumber: tenor.com)

 

Lalu, bagaimana teori Isaac Newton ini mendasari permainan lato-lato? Simak selengkapnya berikut ini, yuk!

 

Penjelasan Teori Fisika Isaac Newton dalam Permainan Lato-Lato

Isaac Newton merupakan nama seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, teolog, serta penulis asal Inggris yang secara luas diakui sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa. Bahkan Newton dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Salah satu penemuan terbesarnya dalam ilmu fisika, yaitu Hukum Newton. Hukum Newton merupakan hukum dasar yang merumuskan pengaruh gaya terhadap perubahan gerak atau perpindahan kedudukan suatu benda.

Baca Juga: Biografi Isaac Newton: Ilmuwan Jenius di Balik Teori Gravitasi & Hukum Newton

Terdapat tiga macam Hukum Newton yang dikemukakan oleh Isaac Newton, yakni Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Untuk mempelajari selengkapnya kamu bisa membacanya pada artikel penjelasan Hukum Newton.

Nah, kalau di permainan lato-lato sendiri, konsep Hukum Newton yang digunakan adalah Hukum III Newton yang berbunyi:

“Jika benda A mengerjakan gaya pada benda B, maka benda B akan mengerjakan gaya pada benda A yang besarnya sama, namun dengan arah yang berlawanan.”

Sesuai bunyi Hukum tersebut, jika kita saling membenturkan bola pada lato-lato satu sama lain, maka bola-bola tersebut akan memantul dan saling memukul secara terus-menerus sebelum akhirnya berhenti.

penjelasan hukum newton dalam permainan lato-lato

Konsep fisika pada lato-lato sama dengan konsep fisika pada pendulum. (Sumber: quizizz.com)

 

Selain Hukum III Newton, permainan lato-lato juga menerapkan hukum fisika lainnya yaitu Hukum Kekekalan Momentum. Hukum Kekekalan Momentum berbunyi:

“Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem, maka momentum sebuah sistem akan selalu konstan.”

Baca Juga: Momentum dan Tumbukan: Pengertian, Jenis & Rumus

Pada Hukum Kekekalan Momentum, dikenal istilah tumbukan yang dialami oleh benda-benda yang saling bertabrakan. Benda yang bertabrakan, seperti halnya bola-bola pada lato-lato, akan mengalami tumbukan yang jenisnya berbeda-beda tergantung dari kondisinya. 

Jenis-jenis tumbukan ini dibedakan berdasarkan perubahan energi yang terjadi. Tumbukan sendiri terdiri atas tiga jenis, yaitu tumbukan lenting sempurna, tumbukan lenting sebagian, dan tumbukan tidak lenting sama sekali (tidak elastis). Nah, pada permainan lato-lato jenis tumbukan yang terjadi, yaitu tumbukan lenting sempurna.

tumbukan lenting sempurna

Ilustrasi tumbukan lenting sempurna. (Sumber: kompas.com)

 

Tumbukan lenting sempurna terjadi jika energi kinetik sebelum tumbukan sama dengan energi kinetik setelah tumbukan. Dengan kata lain, semua energi kinetik di kondisi awal menjadi energi kinetik di kondisi akhir. Pada tumbukan ini berlaku hukum kekekalan energi mekanik.

Demikian penjelasan mengenai hukum fisika yang ada di balik permainan lato-lato. Jika kamu ingin belajar mengenai berbagai teori fisika secara mendalam, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk mengikuti les privat fisika bersama Ruangguru Privat! Langsung aja klik banner di bawah ini untuk tahu informasi selengkapnya, ya!

CTA ruangguru privat

Referensi:

https://www.liputan6.com/regional/read/5178816/di-balik-permainan-lato-lato-yang-viral-ada-teori-fisika-isaac-newton

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/06/140200782/belajar-hukum-gerak-newton-dari-lato-lato?page=all

https://lp.sirogu.com/blog/hukum-newton

https://lp.sirogu.com/blog/momentum-dan-tumbukan

Kenya Swawikanti